33.1 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Apa Saja Manfaat Asuransi Bisnis? Yuk, Simak Ulasannya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Manfaat asuransi bisnis mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang. Hal itu karena masyarakat pada umumnya memang lebih mengenal manfaat asuransi hanya untuk kesehatan dan jiwa.

Padahal, asuransi bisnis ini bertujuan untuk memproteksi atau mengurangi risiko kerugian finansial yang akan ditanggung saat sesuatu risiko terjadi pada bisnis.

Mau tahu lebih jauh soal jenis asuransi yang satu ini? Simak yuk ulasannya hanya di sini.

Manfaat Asuransi Bisnis: Pengertian atau Definisinya

Seperti asuransi pada umumnya, asuransi bisnis adalah jenis asuransi yang melindungi bisnis dari kerugian finansial yang mungkin terjadi di masa depan. Memang, selalu ada risiko, baik besar maupun kecil, selama menjalankan bisnis.

Akan tetapi, Anda tidak perlu pusing sebab dengan adanya asuransi, risiko bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, bisnis Anda akan tetap bisa berjalan tanpa ada rasa takut untuk mengalami kerugian suatu waktu.

Manfaat Asuransi Bisnis

  1. Membuat pondasi bisnis yang kuat

Dengan memiliki asuransi ini, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan risiko bisnis yang akan terjadi. Hal itu karena risiko akan ditanggung oleh pihak asuransi yang secara tidak langsung membuat pondasi bisnis Anda lebih kuat.\

Baca jugaSimulasi Asuransi Mobil: Jenis hingga Cara Menghitungnya

Salah satu faktor bisnis berjalan lancar, yakni memiliki pondasi yang kuat atau kokoh. Oleh sebab itu, pondasi ini mesti tetap dijaga sebaik mungkin. Boleh dibilang juga, upaya mempertahankan bisnis bakal berbuah manis dengan persiapan pencegahan dan penanganan risiko.

  1. Perlindungan risiko

Tidak sedikit pengusaha yang menggunakan asuransi bisnis untuk properti. Oleh sebab itu, asuransi digunakan untuk melindungi aset dari perusahaan tersebut. Contohnya, risiko pencurian aset, kebakaran, bencana, dan sebagainya.

Dengan adanya perlindungan asuransi pada bisnis, keamanan kegiatan bisnis Anda juga akan lebih terjamin.

  1. Jaminan pengiriman barang

Saat ini, banyak bisnis yang berhubungan dengan pengiriman barang, salah satunya bisnis di bidang perdagangan. Nah, asuransi penting sekali bagi bisnis semacam ini. Pasalnya, bisnis di dunia perdagangan menjadi salah satu bisnis dengan tingkat risiko yang tinggi, bahkan paling sering mengakibatkan kerugian saat proses pengiriman.

Bukan hanya rusak, risiko barang hilang ketika proses pengiriman juga sangat sering terjadi. Oleh sebab itu, dengan memiliki asuransi bisnis, risiko akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi, termasuk menanggung barang yang rusak atau hilang.

  1. Menjadi pengusaha yang lebih berani

Ketika proses membangun bisnis, banyak sekali risiko yang bisa terjadi. Biasanya, bisnis yang besar akan punya tingkat risiko yang besar pula. Karena itu, diperlukan asuransi untuk melindungi atau mengurangi tingkat kerugian yang akan Anda tanggung.

Baca jugaRekomendasi 12 Asuransi Mobil Daihatsu Terbaik di Indonesia

Dengan demikian, secara tidak langsung hal itu akan membuat Anda menjadi pengusaha yang lebih berani karena ada yang menanggung, dalam hal ini perusahaan asuransi.

  1. Pengganti kerugian

Tentunya, setiap usaha tentu mempunyai tingkat risiko, baik besar, sedang, maupun kecil. Jika faktanya Anda mengalami kerugian maka mau tidak mau Anda harus siap menanggung kerugiannya.

Baca jugaAsuransi Mobil BMW: Rekomendasi Produk dan Daftar Bengkel Resminya

Kalau kerugiannya kecil maka Anda barangkali tidak akan terlalu dipusingkan, tetapi bagaimana kalau sebaliknya, bahkan bisa membuat Anda mengalami bangkrut?

Namun, hal itu tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan asuransi. Pasalnya, perusahaan asuransi nantinya yang akan menanggung kerugian yang dialami oleh bisnis Anda.

Jenis Asuransi Bisnis

Sudah tahu kan sekarang apa saja manfaat asuransi bisnis? Kini, saatnya Anda memahami apa saja jenis-jenisnya, yakni sebagai berikut.

  1. Asuransi tanggung gugat

Asuransi tanggung gugat atau public liability ini bisa membantu melindungi usaha Anda dari tuntutan pihak ketiga jika terjadi risiko kerugian atau kecelakaan terhadap orang lain akibat produk yang Anda jual.

Contohnya, seorang konsumen membeli produk makanan dari bisnis Anda, lalu ia mengalami keracunan setelah mengkonsumsinya, dan ia juga menuntut bisnis Anda.

Dalam kasus ini, asuransi tanggung gugat akan memberikan perlindungan dalam bentuk ganti rugi biaya hukum yang timbul atas tuntutan pihak ketiga tadi.

  1. Asuransi properti

Asuransi yang berikut ini berfungsi melindungi gedung atau tempat usaha, baik yang dimiliki sendiri maupun sewa. Bukan hanya gedungnya, asuransi ini pun mencakup pertanggungan terhadap isinya, misalnya peralatan, perabotan, dan inventaris.

Umumnya, risiko yang bisa dijamin oleh asuransi properti meliputi badai, pencurian, dan kebakaran. Penting diingat, sebagian besar perusahaan asuransi tidak menanggung risiko bencana alam, seperti banjir dan gempa bumi.

  1. Asuransi kompensasi pekerja

Asuransi kompensasi pekerja atau workmen compensation adalah asuransi yang berfungsi untuk memberikan perlindungan pada karyawan. Jenis asuransi ini lebih dikenal sebagai asuransi karyawan.

Dalam asuransi ini, perusahaan asuransi akan menanggung biaya-biaya kompensasi pekerja, seperti perawatan medis, cacat, melahirkan, atau juga meninggal dunia.

  1. Asuransi gangguan bisnis

Adapun risiko yang bisa terjadi pada bisnis yang Anda jalankan tentunya dapat menimbulkan gangguan, yang bisa bersifat serius hingga menyebabkan kehilangan pendapatan lantaran karyawan tidak mampu bekerja di kantor ataupun produksi yang terhambat.

Nah, asuransi gangguan bisnis memberikan pertanggungan atas gangguan bisnis yang bisa menyebabkan hilangnya pendapatan dalam kurun waktu tertentu.

Mengapa Asuransi Bisnis Penting?

Terdapat sejumlah risiko yang kemungkinan bisa terjadi dan saat itu Anda akan membutuhkan asuransi untuk menanggungnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pencurian

Sebagaimana diketahui, sektor keamanan bisnis secanggih apa pun tidak bisa menjamin Anda akan terbebas dari aksi kriminalitas, misalnya pencurian. Saat itu terjadi, Anda tidak perlu pusing untuk mencari pengganti dana untuk menutup kerugian sebab asuransi siap untuk memberikan perlindungan penuh terhadap usaha Anda.

  1. Kebakaran

Adapun musibah seperti kebakaran memang bisa dicegah, tetapi faktor manusia maupun alam memang tidak bisa dikendalikan, selayaknya arah bisnis Anda. Nah, di situlah peran asuransi bisnis yang siap memberikan perlindungan terhadap aset bisnis saat musibah itu terjadi. Kerugian yang ada nantinya akan dibayar oleh perusahaan asuransi bisnis tempat Anda bergabung.

  1. Bencana alam

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang rawan terkena berbagai bencana alam. Kapan dan berapa lama bencana alam ini datang,  juga tidak pernah diketahui secara pasti. Sementara itu, bencana alam tentu juga bisa mengancam bisnis Anda.

Oleh sebab itu, selalu ada alasan bagi Anda untuk menggunakan asuransi bisnis atau asuransi usaha untuk melindungi semua aset yang ada.

  1. Kecelakaan

Asuransi kecelakaan bukan hanya berlaku untuk para individu saja sebab setiap pelaku bisnis pun membutuhkan hal ini. Meski bukan karena kecerobohan Anda, tetapi setiap kecelakaan, baik yang disebabkan oleh manusia maupun alam, selalu berpotensi mengancam bisnis Anda.

Oleh sebab itu, Anda akan sangat membutuhkan asuransi kecelakaan untuk bisnis Anda, khususnya buat Anda yang memiliki bisnis di bidang perdagangan.

Risiko-risiko yang Dijamin oleh Asuransi Bisnis

Beberapa risiko yang ditanggung dalam asuransi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Kerugian karena bencana alam
  • Kerugian karena kecelakaan
  • Kerugian karena kebakaran
  • Kerugian karena pencurian dan perampasan
  • Kerugian karena bencana alam
  • Kerugian karena pemogokan

Cara Mendaftar Asuransi Bisnis

Jika Anda sudah paham apa itu manfaat asuransi bisnis maka sekarang Anda perlu tahu cara mendaftar di jenis asuransi ini.

Sebagai langkah awal, Anda perlu menentukan perusahaan asuransi mana yang ingin dibeli polis asuransi bisnisnya, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Datang ke kantor perusahaan atau ke agen maupun broker asuransi terkait.
  • Bawa dokumen persyaratan pendaftaran, seperti fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor), formulir pengajuan asuransi, rekening bank, dan dokumen lain yang dibutuhkan secara spesifik oleh perusahaan asuransi.
  • Kalau Anda memenuhi persyaratan maka pihak perusahaan asuransi akan memberikan polis. Beberapa perusahaan memberikan waktu untuk mempelajari polis, pelajari dengan saksama risiko apa saja yang dijamin dan tidak dijamin, dan juga perhitungan preminya.
  • Apabila Anda sudah setuju untuk membelinya maka Anda harus membayar premi pertama terlebih dahulu.

Contoh Asuransi Bisnis

  1. Askrindo Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi ini sangat pas buat Anda yang memiliki bisnis seperti hotel, rumah sakit, atau pusat perbelanjaan. Di samping itu, asuransi ini pun melindungi profesi seperti dokter, pengacara, arsitek, dan direktur.

Adapun jenis perlindungannya termasuk Public Liability, Employers Liability, Comprehensive General Liability, D&O Liability, Professional Indemnity, dan Asuransi Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

Salah satu manfaat asuransi bisnis yang satu ini adalah kerugian material akibat cedera badan. Di lain sisi, Anda juga bisa menambahkan manfaat tambahan, seperti penggantian biaya perkara, penggantian biaya pendampingan pengadilan, tuntutan atas kehilangan keuntungan, dan tuntutan atas kerugian keuangan.

  1. Tugu Pratama Product Liability Insurance

Asuransi yang satu ini juga termasuk asuransi tanggung gugat, dengan produk yang ditujukan bagi perusahaan dalam industri manufaktur, distribusi, dan ritel. Asuransi ini akan memberikan pertanggungan risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga atas cedera badan dan kerusakan harta benda akibat produk yang diproduksi oleh tertanggung.

  1. ACA Asuransi Semua Risiko Properti/Industri

Produk asuransi properti dari ACA juga bisa melindungi gedung kantor hingga pabrik milik Anda. Asuransi yang satu ini akan memberikan ganti rugi terhadap risiko kerusakan aset yang diasuransikan akibat kebakaran, ledakan, bencana alam, angin topan, banjir, hingga kerusakan akibat pembuatan jalan.

Di samping itu, asuransi ini pun memberikan pertanggungan tanggung jawab hukum terhadap tuntutan pihak ketiga.

  1. Avrist Property All Risk

Asuransi Avrist PAR ini akan menanggung berbagai jenis bangunan, termasuk juga rumah, kantor, pabrik, dan tempat usaha. Dengan produk asuransi ini, Anda bisa mendapatkan ganti rugi atas risiko kerusuhan, angin topan, badai, banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor, tsunami, dan pergerakan tanah.

  1. Asuransi Allianz UsahaKu

Asuransi yang berikutnya ini akan memberikan perlindungan terhadap kerusakan pada tempat usaha mulai dari toko, kantor kurang dari enam (6) lantai, penginapan, salon, rumah sakit atau klinik, dan berbagai tempat usaha lainnya.

Adapun pertanggungan diberikan untuk kerusakan akibat kebakaran, petir, halilintar, kebakaran di bawah tanah, kejatuhan pesawat terbang, dan asap. Asuransi ini pun memberikan ganti rugi untuk kerusakan dari kerusuhan, pemogokan, kerusakan akibat perbuatan jahat, huru-hara, terorisme dan sabotase, gempa bumi, longsor, dan seterusnya.

  1. Asuransi Karyawan Lippo Insurance Medicare

Sebagai informasi, polis asuransi Medicare dari asuransi Lippo merupakan salah satu asuransi kesehatan karyawan. Ini adalah salah satu jenis asuransi kompensasi pekerja yang dibutuhkan untuk bisnis. Manfaat asuransi bisnis yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Biaya rawat inap, ICU, ICCU, pembedahan, obat-obatan, laboratorium, fisioterapi, ambulans, pembedahan.
  • Pertanggungan biaya rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap.
  • Biaya rawat jalan konsultasi dokter umum dan obat sesuai resep dokter.
  • Pertanggungan biaya perawatan gigi.
  • Biaya melahirkan normal maupun caesar.
  • Biaya kacamata.
  1. Asuransi Karyawan FWD

Ini merupakan asuransi karyawan jenis lainnya yang bisa dipilih, yakni dengan polis Bebas Sehat. Asuransi ini memberikan pertanggungan untuk:

  • Biaya rawat inap.
  • Perawatan mata.
  • Perawatan dan pencegahan prosthesis (alat pengganti anggota gerak tubuh).

Demikianlah uraian mengenai manfaat asuransi bisnis yang penting Anda ketahui. Agar usaha lancar jaya, jenis asuransi ini tentu sangat direkomendasikan buat Anda. Selamat mencoba!

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU