27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Manfaat Asuransi Jiwa yang Perlu Kita Cermati

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi jiwa memang merupakan salah satu hal yang penting karena memiliki beragam manfaat. Secara sederhana, asuransi diartikan sebagai produk perlindungan diri terhadap berbagai risiko keuangan yang dapat timbul sewaktu-waktu.

Jenis asuransi saat ini sangat beragam, salah satunya adalah asuransi jiwa. Dalam kaitan ini, kami mengulas tentang pentingnya asuransi jiwa dan manfaat yang ditawarkannya. Simak penjelasan berikut untuk detailnya.

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa berjangka adalah produk asuransi yang digunakan untuk menutup kerugian finansial atau kehilangan pendapatan atau kematian anggota keluarga (tertanggung) yang menjadi tulang punggung keluarga.

Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa jika tulang punggung keluarga adalah asuransi jiwa dan suatu saat yang bersangkutan meninggal dunia atau kehilangan penghasilan, maka resiko finansial yang ditanggung keluarganya akan terkompensasi.

Oleh karena itu, asuransi jiwa ini merupakan bentuk perlindungan bagi keluarga agar dapat hidup layak dan terhindar dari masalah keuangan ketika tulang punggung keluarga tidak lagi berfungsi. Asuransi jiwa ini juga semacam keterikatan dengan keluarga atau orang terdekat. Manfaat asuransi jiwa

Seperti halnya produk proteksi lainnya, asuransi jiwa juga memiliki serangkaian manfaat yang bisa didapatkan oleh pemegang polis atau tertanggung. Apa gunanya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca jugaKeuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaIde Bisnis Perawatan Hewan yang Bisa Datangkan Cuan, Intip Yuk!

Manfaat Asuransi Jiwa

  1. Bikin Pikiran jadi Tenang

Dalam beberapa situasi, kematian seseorang tidak hanya menyisakan kesedihan, tetapi juga dapat menyebabkan keluarga kehilangan pendapatan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika almarhum merupakan tulang punggung dan keluarga tidak mendapat dukungan finansial dari pihak lain. Oleh karena itu, salah satu bentuk pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengambil asuransi jiwa. Jadi jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, sudah ada pihak yang menanggung keluarga kita, dalam hal ini nyawa perusahaan asuransi jiwa.

  1. Menanggung Ahli Waris Seumur Hidup

Manfaat lain dari asuransi jiwa adalah dapat meningkatkan keamanan harta benda Anda. Keuntungan ini menjadi suatu kepastian dalam penyiapan ahli waris di masa depan, misalnya dalam pembinaan ekonomi keluarga pada umumnya.

  1. Membantu Mengelola Keuangan dengan Lebih Baik

Asuransi jiwa juga merupakan bagian penting dari manajemen keuangan. Alasannya adalah jika Anda memiliki asuransi, Anda harus membayar asuransi setiap bulan. Di sinilah Anda bisa membiasakan menyisihkan sebagian uang yang Anda dapatkan untuk membayar ekstra. Dengan demikian, asuransi secara tidak langsung dapat membantu mengatur penggunaan uang dan membiasakan diri mengelola uang.

  1. Dapat Santunan Cacat

Asuransi jiwa tidak memberikan manfaat hanya pada saat pemegang polis meninggal dunia. Asuransi jiwa juga dapat memberikan perlindungan jika tertanggung mengalami cacat sebagian atau total yang menyebabkan hilangnya pendapatan. Jika kondisi ini terpenuhi, pemilik dapat mengajukan klaim penggantian polis asuransi jiwa yang dimilikinya. Nantinya, perusahaan asuransi bisa membayarkan manfaat sesuai kontrak.

  1. Investasi

Saat ini, banyak perusahaan asuransi menawarkan asuransi risiko investasi. Selain manfaat terkait jiwa, ada beragam jenis manfaat yang bisa didapat termasuk investasi. Hal ini karena sebagian dana yang disimpan oleh pemegang polis dialokasikan ke instrumen investasi. Demikian penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan asuransi jiwa, beserta beberapa manfaat yang ditawarkannya. Anda perlu memiliki pemahaman ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi jiwa.

Demikian informasi seputar manfaat asuransi jiwa. Semoga bermanfaat ya.

Baca jugaAsuransi Jiwa untuk Lansia ini Alasan Penting Wajib Memilikinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE