23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Kenali Manfaat yang Didapat dari Asuransi Perjalanan Haji

Salah satu jenis asuransi yang wajib dimiliki oleh umat muslim adalah asuransi perjalanan haji. Ada beberapa manfaat asuransi perjalanan haji yang bisa didapatkan. Tentunya, asuransi tersebut akan sangat berguna untuk kamu yang ingin menjalankan ibadah suci ke Tanah Suci. 

Apalagi jika mengingat negara Indonesia mempunyai mayoritas penduduk muslim. Saat melakukan perjalanan Haji dan Umroh, terkadang banyak risiko tidak terduga yang terjadi. Oleh karena itu, adanya asuransi tersebut diharapkan bisa membuat perjalanan terasa lebih aman dan tenang.

Manfaat Asuransi Perjalanan Haji

Bagi beberapa orang, mungkin asuransi ini tidak terlalu dibutuhkan. Padahal, asuransi tersebut bisa memberikan sejumlah manfaat yang mungkin suatu saat bisa membantu. Lalu, apa saja manfaat dari asuransi perjalanan haji?

1. Saat Mengalami Kecelakaan

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan saat menggunakan asuransi perjalanan haji adalah saat mengalami kecelakaan. Dengan kata lain, asuransi ini akan memberikan perlindungan dalam bentuk uang sebagai wujud pertanggungan. Jadi, jika kamu dan keluarga mengalami kecelakaan selama perjalanan, asuransi ini akan menanggungnya.

Uang santunan tersebut biasanya akan diberikan kepada ahli waris jika peserta meninggal karena kecelakaan. Tidak hanya itu saja, uang santunan juga akan diberikan jika peserta mengalami cacat karena kecelakaan atau dirawat di rumah sakit.

Menurut situs Kemenag.go.id, jika jemaah meninggal dunia di Tanah Suci, maka uang pertanggungan yang didapat Rp18,5 juta. Sementara untuk jemaah yang meninggal karena kecelakaan, maka akan mendapat Rp37 juta. Akan tetapi, jika jemaah meninggal selama perjalanan di bandara atau pesawat terbang, maka akan mendapat uang Rp125 juta.

2. Meninggal Dunia

Manfaat asuransi perjalanan haji yang bisa didapatkan adalah saat peserta meninggal dunia. Sering kali ada jemaah yang meninggal saat melaksanakan ibadah Haji dan Umrah. Belum lagi adanya masalah kondisi kesehatan yang menurun selama ibadah sehingga menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, adanya asuransi perjalanan haji akan memberikan santunan ketika peserta meninggal dunia sebelum atau saat melakukan ibadah suci. Hal ini berlaku selama masa perjanjian asuransi masih berlaku. Pihak ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan yang nantinya akan digunakan untuk kedukaan.

3. Perawatan Medis

Manfaat asuransi jemaah haji yang bisa didapatkan, yakni perawatan medis. Manfaat ini akan dirasakan oleh jemaah yang mengalami kecelakaan atau sakit selama melakukan ibadah. Perawatan ini akan mencakup biaya pengobatan, biaya rawat inap, dan biaya yang timbul akibat kecelakaan atau sakit.

Namun, peserta harus lebih dulu menggunakan uangnya. Dengan kata lain, sistem klaimmya berupa reimbursement. Setelah itu, kamu bisa melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk melalukan klaim sesuai pertanggungan perusahaan asuransi. Klaim dilakukan setelah peserta kembali dari ibadah.

4. Evakuasi Medis dan Repatriasi

Manfaat asuransi perjalanan haji yang bisa didapatkan peserta adalah evakuasi medis dan repatriasi. Manfaat ini ditujukan pada peserta yang akan kembali ke kota asal tapi mengalami sakit atau kecelakaan yang menyebabkan kematian. Nantinya, seluruh biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

5. Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Adanya asuransi perjalanan haji memberikan manfaat dalam hal perjalanan. Sering kali ada kasus pembatalan keberangkatan jemaah sehingga membuat peserta harus menunggu lebih lama. Nah, jika kamu menggunakan asuransi perjalanan untuk haji, biaya akibat keterlambatan atau pembatalan perjalanan bisa diganti.

6. Kehilangan Barang atau Bagasi

Adanya asuransi perjalanan Umroh bisa memberikan perlindungan terhadap barang atau bagasi yang hilang. Jadi, saat kamu melakukan perjalanan, tapi mengalami kehilangan atas dokumen penting atau bagasi, tidak perlu khawatir lagi. Karena pihak asuransi akan mengurusnya.

7. Uang Tunai

Tidak banyak yang tahu jika asuransi perjalanan haji memberikan manfaat terkait uang tunai. Biasanya, asuransi perjalanan haji akan digunakan sekaligus menabung dana untuk kebutuhan perjalanan Haji dan Umroh.

Dana tunai tersebut bisa dicairkan pada tahun tertentu sesuai dengan perjanjian. Selain itu, dananya pun beragam sesuai dengan jumlah premi gabungan yang sudah disepakati sebelumnya. Dana ini nantinya juga bisa digunakan sebagai uang saku atau dana perjalanan Haji secara keseluruhan.

Kesimpulan

Saat ini banyak sekali asuransi perjalanan haji yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa di antaranya adalah Allianz Tasbih, Amanah Haji Umroh Sun Life Financial, dan Asuransi Takaful Dana Haji dan Umroh.

Beberapa manfaat asuransi perjalanan haji di atas bisa kamu rasakan dari sekarang. Meski belum pernah melakukan ibadah di Tanah Suci, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan asuransi ini lebih dulu. Yuk, pilih asuransi terbaik menurutmu agar perjalanan terasa lebih aman dan tenang. 

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU