25.9 C
Jakarta
Kamis, 18 April, 2024

10 Manfaat Ekonomi Kreatif yang Wajib Diketahui

Manfaat ekonomi kreatif terhadap perekonomian dapat terwujud melalui adanya kreativitas dan inovasi. Sebagaimana yang telah diketahui, pertumbuhan sektor ekonomi kreatif dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tren yang sangat menggembirakan. 

Industri kreatif yang beragam, seperti kuliner, fashion, kerajinan tangan, dan sebagainya, terus menunjukkan dampak positifnya, termasuk dalam penciptaan lapangan kerja baru.

Mari kita eksplorasi lebih lanjut untuk memahami secara menyeluruh manfaat ekonomi kreatif ini, baik bagi negara maupun masyarakat, seperti dinukil dari OCBC.id.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Sebelum membahas manfaat ekonomi kreatif, penting untuk memahami pengertian ekonomi kreatif. Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif, ekonomi kreatif didefinisikan sebagai ekspresi nilai tambah yang berasal dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia dan dikelola berdasarkan warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi.

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut Ekonomi Kreatif Sumbang Rp 1.300 Triliun Devisa Negara

Manfaat Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif mewakili suatu model bisnis yang mengandalkan ide dan kreativitas tanpa batas. Terutama dalam era digital saat ini, produk dari ekonomi kreatif dapat dengan mudah dipromosikan dan didistribusikan melalui internet, mencapai khalayak yang lebih luas.

Tujuan dari ekonomi kreatif adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan lapangan kerja baru melalui pemanfaatan kreativitas. Secara substansial, ekonomi kreatif merupakan bentuk perkembangan ekonomi yang mengintegrasikan inovasi dan kreativitas tanpa batas.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Pentingnya membangun ekonomi kreatif di Indonesia menjadi semakin menonjol, terutama sebagai sektor unggulan yang mampu menjadi pendorong utama perekonomian, khususnya dalam era digital ini. Ragam inovasi tanpa batas terus bermunculan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya sampai di situ, terdapat beberapa manfaat ekonomi kreatif yang perlu diungkapkan. Berikut adalah penjelasan dari manfaat ekonomi kreatif yang perlu dipahami.

1. Pertumbuhan Ekonomi

Manfaat ekonomi kreatif yang utama adalah memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Semakin banyak industri kreatif yang berkembang dan bersaing di panggung perekonomian global, semakin besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan produk domestik bruto secara menyeluruh.

Melalui terus menerapkan inovasi, produk dari sektor ekonomi kreatif tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, melainkan juga mampu menarik minat pasar internasional dan meningkatkan penerimaan devisa bagi negara.

2. Membuka Lapangan Pekerjaan

Manfaat ekonomi kreatif berikutnya adalah membuka lapangan pekerjaan. Ekonomi kreatif terbukti mampu menciptakan peluang pekerjaan baru di berbagai sektor, termasuk desain, pemrograman, kerajinan, seni, hingga profesi dalam pemasaran dan teknologi.

Pembukaan lapangan pekerjaan yang luas ini memiliki potensi untuk mengurangi tingkat pengangguran. Akhirnya, perkembangan ekonomi kreatif yang semakin pesat dapat memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat secara keseluruhan di negara tersebut.

3. Peningkatan UMKM

Selain memberikan peluang pekerjaan baru, manfaat ekonomi kreatif lainnya adalah kemampuannya meningkatkan peran masyarakat dalam memajukan ekonomi melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan memanfaatkan modal kreativitas tanpa batas, pelaku usaha mikro dapat terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Inisiatif ini tidak hanya mendorong pertumbuhan UMKM tetapi juga mendukung kelangsungan roda perekonomian secara keseluruhan, memberikan kontribusi pada perkembangan ekonomi nasional. Dampak positifnya pun terasa melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat.

4. Pertumbuhan Inovasi

Ekonomi kreatif merangsang persaingan sehat di antara pelaku industri kreatif. Setiap individu dan UMKM diharapkan terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan konsumen yang senantiasa berubah.

Umumnya, hanya produk atau layanan yang paling inovatif dan memberikan nilai terbaik yang akan memenangkan hati masyarakat. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan daya saing pelaku ekonomi kreatif, baik di tingkat domestik maupun internasional.

5. Peningkatan Kualitas Produk

Ekonomi kreatif mendorong industri untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Pelaku industri diharapkan terus berinovasi dan memberikan nilai tambah guna memenuhi ekspektasi konsumen yang terus berubah.

Inisiatif ini tidak hanya memberikan ruang bagi talenta muda kreatif untuk berkontribusi dengan ide-ide segar dan inovatif, tetapi juga mengakselerasi peningkatan daya saing produk lokal.

Baca juga: Jenis Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri-ciri, hingga Manfaat

Manfaat Ekonomi Kreatif

6. Peningkatan Kualitas Hidup

Manfaat selanjutnya dari ekonomi kreatif adalah peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pendapatan yang dihasilkan dari sektor ini tidak hanya menyokong stabilitas finansial, tetapi juga memberikan dampak positif pada aspek-aspek kualitas hidup secara menyeluruh, termasuk peningkatan akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan yang lebih baik.

7. Menciptakan Persaingan Sehat

Pertumbuhan ekonomi kreatif memunculkan persaingan yang ketat, dinamis, dan sehat di antara pelaku industri kreatif. Mereka dihadapkan pada tuntutan untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah agar produk mereka tetap relevan dan diminati oleh konsumen. Dinamika ini menciptakan lingkungan kreatif yang terus berkembang, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas produk lokal.

8. Diversifikasi Pasar

Pertumbuhan ekonomi kreatif menciptakan beragam produk dan layanan inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Kreativitas tanpa batas dari pelaku industri menghasilkan solusi-solusi baru untuk menangani berbagai permasalahan.

Hal ini membuka lebih banyak opsi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang berubah-ubah, mulai dari produk fisik hingga aplikasi digital. Tentunya, keberagaman ini memberikan keuntungan lebih bagi konsumen dengan adanya berbagai alternatif yang tersedia.

9. Dampak Positif pada Lingkungan

Ekonomi kreatif umumnya mengadopsi konsep green technology dan memprioritaskan aspek ramah lingkungan dalam inovasi produk dan layanannya. Budaya yang mengedepankan keberlanjutan ini secara bertahap merambah dan mempengaruhi tata kelola bisnis secara menyeluruh. Sehingga, terbentuklah ekosistem ekonomi kreatif yang memberikan dampak positif pada lingkungan.

10. Membangun Citra Negara

Manfaat terakhir dari ekonomi kreatif adalah kemampuannya dalam membangun citra positif suatu negara. Peran penting ekonomi kreatif terlihat dalam membentuk persepsi positif suatu negara di tingkat internasional.

Melalui terus-menerus berinovasi dan ekspor nilai-nilai budaya serta kearifan lokal, sebuah negara dapat mengekspos kemampuan sumber daya manusianya. Terutama ketika produk-produk ekonomi kreatif yang dihasilkan mampu bersaing di pasar global.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Penutup

Demikianlah ulasan terkait manfaat ekonomi kreatif yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Kreatif dan Karakteristiknya yang Penting untuk Diketahui

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE