29.1 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Manfaat Mandiri Cash Management dan Layanannya, Cari Tahu Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Manfaat Mandiri Cash Management (MCM) tentunya penting diketahui. Pada dasarnya, ini adalah sebuah program yang diberikan Bank Mandiri untuk mengelola keuangan perusahaan.

Produk yang satu ini hadir mengingat bahwa pengawasan tata kelola keuangan adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra, khususnya bagi perusahaan-perusahaan ternama yang sudah cukup besar.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang apa saja manfaat MCM, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas tentang MCM — Manfaat Mandiri Cash Management 

Bank Mandiri menawarkan solusi yang mudah dan juga efisien bagi Anda yang memiliki perusahaan. Solusi ini merupakan sebuah layanan Mandiri Cash Management atau MCM.

Menariknya, layanan ini merupakan layanan yang terbilang khusus. Hanya nasabah dengan rekening bisnis yang bisa menggunakan layanan ini.

Baca juga: Token Mandiri Terkunci: Alasan Hingga Cara Mengatasinya

ISFF 2023 INDODAX

Dengan penggunaan layanan MCM, maka Anda bisa melakukan pengawasan tata kelola keuangan perusahaan dengan lebih mudah karena transaksi bisa Anda lakukan secara online, kapan saja, dan dimana saja.

Meskipun menawarkan kemudahan dan fleksibilitas akses, sebagaimana layanan keuangan lainnya, keamanan juga merupakan hal yang penting.

MCM telah memiliki dukungan dari otorisasi bertingkat dan dilengkapi dengan enkripsi sistem. Dengan begitu, data dan transaksi Anda bisa aman dan terjamin dengan baik.

Nantinya, layanan ini akan memonitor setiap aktivitas rekening, transaksi, dan juga reporting yang tepat. Misalnya dengan melakukan pengelolaan A/R (account receivable) dan A/P (account payable).

Dengan begitu, maka Anda bisa mengoptimalkan pengelolaan keuangan perusahaan Anda

Layanan MCM

Ada banyak layanan yang bisa perusahaan Anda dapatkan saat menggunakan MCM. Di antaranya adalah:

1. Informasi Rekening

Layanan ini membantu Anda mendapatkan kemudahan dalam melakukan monitoring secara komprehensif.

Termasuk di dalamnya informasi saldo rekening dan mutasi rekening secara real time yang bisa Anda unduh dalam berbagai format file seperti PDF, Excel, atau Word. 

Selain itu, layanan ini juga memungkinkan Anda untuk bisa melakukan transaksi baik giro atau tabungan dengan menggunakan Rupiah atau pun mata uang lainnya.

Anda juga bisa mencetak rekening koran atau statement elektronik standar lainnya atas perusahaan yang didaftarkan.

2. Pengaturan Transfer

Layanan ini memberikan Anda akses untuk bisa melakukan aktivitas transfer ke luar.

Termasuk di dalamnya pemindahbukuan antar rekening Bank Mandiri, transfer ke bank domestik lain dengan menggunakan Rupiah, hingga transfer ke berbagai bank dengan valuta asing.

Anda juga bisa menyesuaikan proses transaksi sesuai kebutuhan. Mulai dari immediate, standing instruction (post dated), hingga recurring transaction.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan template atau predefined beneficiary list untuk melakukan transfer tanpa harus meng-input ulang setiap data.

Anda juga bisa menyesuaikan transaksi tersebut apakah berupa single transaction atau mass transaction.

3. Pengaturan Tagihan

Dalam layanan ini, Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan piutang perusahaan dengan mudah, yaitu dengan memberikan akses pengaturan pembayaran tagihan dan juga dengan layanan auto debit untuk penagihan piutang secara massal.

  1. Monitoring Transaksi

Layanan berikutnya adalah layanan monitoring transaksi. Layanan ini merupakan layanan yang sangat penting. Karena dengan adanya layanan ini Anda bisa lebih mudah untuk melakukan pengontrolan dan pengawasan transaksi secara penuh.

Manfaat Mandiri Cash Management

MCM adalah layanan yang disediakan oleh Bank Mandiri untuk membantu perusahaan dan bisnis mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien. Berikut beberapa manfaat utama dari MCM:

  1. Pengelolaan Likuiditas yang Lebih Baik

MCM membantu perusahaan mengoptimalkan penggunaan dana mereka. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola likuiditas dengan lebih baik, meminimalkan saldo tidak produktif, dan mengoptimalkan penghasilan dari investasi kas.

  1. Pengendalian Biaya

Dengan MCM, perusahaan dapat memantau dan mengendalikan biaya-biaya yang terkait dengan pengelolaan kas dan pembayaran. Hal ini dapat menghemat waktu dan uang yang sebelumnya digunakan untuk proses manual yang rumit.

  1. Pengelolaan Risiko yang Lebih Baik

Layanan ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola risiko-risiko yang terkait dengan pengelolaan kas dan pembayaran. Ini termasuk risiko-risiko seperti penipuan, kesalahan transaksi, dan fluktuasi mata uang.

  1. Automatisasi Transaksi Keuangan

MCM memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi sebagian besar transaksi keuangan mereka. Hal ini dapat mengurangi potensi kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi proses bisnis.

Baca juga: Cara Investasi di Livin Mandiri: Simak Keuntungan dan Resiko!

Manfaat Mandiri Cash Management

  1. Akses ke Informasi Keuangan Real-time

Perusahaan dapat mengakses informasi keuangan mereka secara real-time, yang membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat dan lebih tepat.

  1. Peningkatan Efisiensi Operasional

Dengan mengotomatisasi sebagian besar proses keuangan, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka dan mengalokasikan sumber daya manusia untuk tugas-tugas lain yang lebih strategis.

  1. Kepatuhan Regulasi yang Lebih Baik

MCM membantu perusahaan untuk mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam pengelolaan keuangan mereka, termasuk pelaporan pajak dan kepatuhan lainnya.

  1. Peningkatan Hubungan dengan Pelanggan dan Pemasok

Dengan mengelola pembayaran dengan lebih baik, perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan pemasok mereka, dengan menghindari keterlambatan pembayaran dan mendukung proses bisnis yang lancar.

  1. Akses ke Layanan Tambahan

MCM sering kali menyediakan akses ke berbagai layanan tambahan, seperti layanan treasury, layanan pengelolaan risiko, dan lainnya, yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola aspek-aspek keuangan yang lebih kompleks.

  1. Analisis dan Pelaporan yang Lebih Baik

Layanan ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis lebih mendalam tentang aktivitas keuangan mereka dan menghasilkan laporan yang lebih akurat dan bermanfaat untuk manajemen.

Baca juga: Cara Beli Emas Antam via ATM Mandiri Mudah dan Cepat

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE