26.2 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis Penting Diketahui Nih

JAKARTA, duniafintech.com – Dalam pengembangan bisnis, survei merupakan sarana pengumpulan informasi penting yang manfaat peranannya juga sangat penting. Dengan bantuan survei, perusahaan mendapatkan informasi yang benar dari data yang dikumpulkan.

Sederhananya, survei adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari individu atau kelompok tertentu. Cara ini juga bisa diartikan sebagai survei yang mengumpulkan data dari beberapa responden dan disimpan secara offline atau online untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Data survei membantu pengusaha mengumpulkan informasi yang objektif untuk pengembangan bisnis di masa depan. Melalui penelitian, pemasar lebih memahami pasar, pelanggan, dan lingkungan bisnis yang mereka hadapi. Nantinya, informasi yang dikumpulkan dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis.

Baca juga: Contoh Search Engine Marketing untuk Tingkatkan Bisnismu!

Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis
Ilustrasi: Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis

Baca juga: Peluang Bisnis Lahan Parkir, Jenis Bisnis dan Faktor Pendukung

Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis

Berikut lima manfaat utama yang dapat Anda peroleh melalui riset dalam pengembangan bisnis:

  1. Mampu Memahami Keinginan Pelanggan dengan Lebih Jelas

Salah satu manfaat utama melakukan survei dalam pengembangan bisnis adalah Anda akan mengetahui dengan jelas apa yang diinginkan pelanggan. Baik preferensi mereka, ekspektasi terhadap produk atau jasa perusahaan, maupun kontribusinya. Informasi ini tentu sangat berharga karena memungkinkan perusahaan menciptakan produk atau jasa yang memuaskan kebutuhan pelanggan. Produk dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen mempunyai potensi penjualan yang lebih besar.

Survei kebutuhan pelanggan biasanya dilakukan pada saat suatu perusahaan sedang mengembangkan usahanya. Misalnya saja Anda berencana meluncurkan produk baru, namun belum mengetahui produk dan layanan apa yang disukai konsumen.

  1. Mendapatkan Data Kepuasan Pelanggan

Survei memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai kepuasan konsumen. Dengan cara ini, perusahaan dapat mengukur  kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Berdasarkan data yang berisi pengalaman pelanggan nyata, perusahaan dapat menerapkan strategi peningkatan kualitas yang berarti. Untuk itu, survei sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang telah memasarkan produk dan jasanya untuk mengetahui penilaian konsumen.

Bahkan, perusahaan besar pun masih melakukan survei kepuasan pelanggan untuk meningkatkan nilai bisnisnya.

  1. Cara Terbaik untuk Mengumpulkan Umpan Balik

Umpan balik dari responden berguna sebagai bahan pengambilan keputusan. Haruskah perusahaan mempertahankan kinerjanya atau malah mengapresiasinya? Survei juga dapat bersifat opsional dan penting bagi bisnis dalam hal pengembangan bisnis. Dengan demikian, metode ini dinilai cocok untuk mengetahui langsung keinginan responden atau pasar.

  1. Identifikasi Pesaing

Dalam bisnis, mengidentifikasi pesaing merupakan bagian penting dalam pengembangan bisnis di masa depan. Perusahaan perlu mengetahui dengan siapa mereka bersaing dan seberapa besar peluang mereka untuk mengalahkan persaingan di pasar.

Anda dapat mengidentifikasi pesaing utama dengan mengukur kesadaran merek dan meneliti preferensi konsumen terhadap pesaing. Nantinya, informasi tersebut dapat digunakan untuk membantu perusahaan membuat strategi pemasaran yang tepat.  Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan tingkat penjualan secara lebih efektif, tetapi juga memperkuat kehadiran perusahaan di pasar.

  1. Memahami Tren dan Kondisi Pasar

Dengan bantuan survei, perusahaan juga bisa lebih mudah memahami tren dan kondisi pasar saat ini. Dengan bantuan penelitian yang relevan, ini menghasilkan sekumpulan data akurat tentang lini komersial yang sedang dipromosikan. Khususnya informasi terkait perubahan perilaku konsumen, tren pembelian, atau perkembangan teknologi yang mungkin mempengaruhi operasional bisnis.

Dengan mengambil manfaat dari cara survei dalam pengembangan bisnis ini, perusahaan dapat mengidentifikasi berbagai peluang baru yang terbuka. Oleh karena itu, dapat lebih mudah dalam merumuskan strategi trading untuk menghadapi segala perubahan yang terjadi di pasar. Wajar saja hal ini membuat perusahaan lebih  tanggap terhadap tren yang muncul dan selalu up-to-date.

Survei adalah langkah proaktif yang membantu bisnis tumbuh dan berkembang lebih baik. Namun Anda harus ingat bahwa data yang Anda terima dari survei dalam pengembangan bisnis ini harus berasal dari responden yang tepat dan relevan untuk mendapatkan manfaat serta hasil yang akurat.

Baca jugaCara Mengelola Keuangan Usaha Penting Demi Kemajuan Bisnis

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE