30.5 C
Jakarta
Selasa, 25 Januari, 2022

Sering Disepelekan, Ternyata Inilah Segudang Manfaat dari Uang Receh

JAKARTA, duniafintech.com – Manfaat uang receh ternyata sangat banyak meski jenis uang yang satu ini sering sekali disepelekan. Pasalnya, saat menerima kembalian berupa uang receh, kita sering mengabaikannya begitu saja.

Entah itu menaruhnya di saku baju atau menaruhnya di sembarang tempat, bahkan justru membuangnya. Padahal, tahukah Anda bahwa apabila mengumpulkan uang receh dapat berguna di kemudian hari?

Sebagian orang mungkin tidak suka dengan uang receh sehingga mereka mengabaikan uang receh. Padahal, ada peribahasa, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Itu juga pun dapat saat Anda menyimpan uang recehan.

Di sisi lain, banyak orang menyepelekan kegunaan uang recehan ini lantaran nominalnya yang dinilai kecil. Karena itu, tidak heran kemudian kalau banyak orang seringkali meletakkan uang itu di sembarang tempat tanpa berniat mengumpulkannya.

Bisa Beli Barang Mewah

Padahal, ada banyak  orang yang dapat membeli barang mewah dan mahal lantaran mengumpulkan uang berbentuk koin ataupun kertas ini. Misalnya, seorang pria asal Taiwan yang memberikan kado perhiasan sebesar 31.400 dolar Taiwan atau sekitar Rp14,3 juta kepada istri  tercinta dengan menabung uang koin selama dua tahun.

Di Indonesia, ada kisah warga Depok, Jawa Barat, yang membeli motor Honda CBR seharga Rp33 juta dengan membawa kardus yang berisikan 14 plastik di mana di dalamnya ada uang koin pecahan Rp1.000 ke dealer motor.

Karena itu, uang koin itu pun kalau dikumpulkan ternyata bisa memberikan manfaat yang luar biasa buat hidup Anda. Namun, bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk membeli barang mewah, ternyata ada manfaat lainnya yang bisa diperoleh dapat dari uang receh ini.

Manfaat Uang Receh yang Perlu Diketahui

  1. Kasih ke “Pak Ogah”

Bayangkan betapa ribetnya jika di mobil Anda tidak ada uang koin. Anda tentu saja tidak mungkin kasih uang Rp 5.000 setiap ada “Pak Ogah” di jalan. Sementara di Indonesia, keberadaan “Pak Ogah itu” masih sangat banyak. Contohnya, orang yang membantu Anda putar balik di jalanan. Dalam hal ini, memberikan uang Rp500 hingga Rp1.000 sepertinya sudah cukup.

  1. Sebagai media pembelajaran menabung untuk anak

Anda barangkali sering mengabaikan uang receh, saat menerima kembalian. Usai berbelanja dan menerima kembalian berbentuk uang receh, kebanyakan dari kita akan menyimpannya di saku atau menaruhnya di sembarang tempat

Padahal, menyimpan atau mengumpulkan uang receh kertas atau logam dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda, terutama bagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Kalau Anda ingin mengajari anak mengenai cara menabung dengan baik, tidak ada salahnya dimulai dengan mengajari anak menabung uang koin terlebih dulu.

Setiap menerima kembalian berupa uang receh atau uang koin, Anda dapat memberikan uang receh atau uang koin itu kepada anak dan menyuruh mereka menabung di celengan yang telah disediakan. Dengan demikian, anak akan punya semangat untuk menabung apabila Anda secara konsisten mengajarkan pada mereka.

  1. Meredam panas laptop

Uang koin atau recehan ini ternyata juga bisa meredam panas laptop. Menurut seseorang asal Jepang yang menemukan cara unik ini, tembaga yang ada pada uang koin ternyata lebih bagus sebagai konduktor panas ketimbang alumunium di laptop. Cara mengaplikasikannya juga gampang, yakni Anda hanya perlu menumpuk beberapa uang koin di atas laptop dan panas laptop pun bisa kembali dingin dalam waktu 30 menit hingga satu jam.

  1. Beramal

Manfaat uang receh berikutnya adalah bisa digunakan untuk membantu sesama atau beramal kepada orang yang membutuhkan. Hal itu karena sekecil apapun bantuan Anda, akan sangat berarti buat mereka kendati hanya memberikan koin. Ketimbang diletakkan sembarangan, akan lebih baik jika uang koin diberikan kepada orang lain yang membutuhkan.

  1. Mempermudah dalam menabung

Kalau selama ini Anda punya kebiasaan suka mengabaikan uang recehan atau uang koin, ada baiknya mulai sekarang Anda menyimpannya saja sebab ternyata menyimpan uang receh dan uang koin ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat yang selanjutnya ini adalah akan membantu Anda mempermudah dalam menabung. Banyak orang tidak berhasil saat berusaha menabung dengan berbagai faktor, di antaranya tidak sanggup menabung karena gaji yang tidak cukup.

Jika Anda merasa tidak mampu menabung lantaran gaji atau pemasukan yang diperoleh tidaklah cukup, Anda bisa mulai mencoba menabung menggunakan uang receh. Dengan mencoba menabung menggunakan uang receh, Anda bisa membuat menabung menjadi tidak berat. Anda pun bisa menyimpan tabungan yang banyak dengan uang receh asal Anda konsisten melakukannya.

  1. Sebagai media pengobatan

Ini adalah manfaat yang sepertinya akan dirasakan oleh orang Indonesia saja. Pasalnya, masuk angin adalah salah satu penyakit langganan setiap orang di tanah air. Di samping minum obat, ternyata masih banyak orang yang melakukan kerikan di tubuh bagian belakang atau sekitar punggung untuk menyembuhkannya. Nah, untuk kerikan ini, media yang digunakan umumnya menggunakan uang receh dengan nominal Rp500 atau Rp1.000.

  1. Investasi

Anda perlu tahu bahwa manfaat uang kertas atau koin recehan juga dapat dijadikan sebagai investasi. Akan tetapi, memang harus sabar menunggu selama bertahun-tahun. Anggap saja, uang ini bakal menjadi salah satu warisan buat cucu dan cicit di kemudian hari.

Dengan demikian, uang koin yang kini beredar dan disia-siakan, justru ke depannya bakal menjadi benda yang diburu oleh para kolektor, dengan nilai yang tentunnya akan berkali-kali lipat.

  1. Untuk membayar parkir

Tidak ada yang gratis hari ini, termasuk parkir. Karena itu, ketimbang Anda membuang uang receh atau uang koin kembalian usai berbelanja, sebaiknya Anda menyimpan uang receh atau uang koin tersebut dan memanfaatkannya untuk membayar uang parkir.

Pasalnya, jangan sampai saat harus membayar parkir dan tidak punya uang dengan nominal kecil, pada akhirnya Anda kabur dan tidak membayar uang parkirnya. Lebih baik Anda menyiapkan banyak uang receh atau uang koin sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk membayar parkir.

  1. Sangat berguna dalam keadaan darurat

Rutin mengumpulkan uang recehan bisa sangat membantu Anda, yang bisa digunakan saat keadaan darurat. Terlebih kalau Anda sekarang adalah seorang anak kos, yang tentu saj kadangkala punya kebutuhan mendadak.

Karena itu, ketimbang Anda mengabaikan manfaat uang receh, akan lebih baik kalau sejak sekarang Anda menyimpan uang receh di kaleng atau di celengan. Siapa tahu, nanti kalau sudah terkumpul banyak dan tiba-tiba Anda membutuhkan uang, Anda dapat menggunakan uang recehan ini.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bitcoin dan Ethereum Sudah Diborong, Waktunya Beli? 

JAKARTA, duniafintech.com – Kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) mengalami kenaikan drastis pada volume perdagangan hari ini.  Menurut data coinmarketcap.com pukul...

Erick Thohir Dorong Telkomsel Garap Bisnis Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir, mendorong anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, yakni Telkomsel, untuk menggarap...

Harga Saham Bukalapak Terus Anjlok, Nasib Investor Kian Suram

JAKARTA, duniafintech.com – Harga saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) kian tak berdaya dari ke hari. Pasalnya, nilainya sekarang ini terus saja merosot. Hal itu...

Turis Singapura ke Indonesia Wajib Punya Asuransi Minimal Rp321 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Bagi para turis atau Warga Negara Asing (WNA) Singapura yang datang ke Indonesia melalui skema travel bubble Batam—Bintan—Singapura diwajibkan untuk menunjukkan...

Ribuan Karyawan KB Bukopin Resign Massal, Apa Pelajaran Pentingnya bagi Pekerja?

JAKARTA, duniafintech.com – Sebanyak 1.400 karyawan PT KB Bukopin (Tbk) kompak mengundurkan diri alias resign massal pada akhir 2021 atau Desember lalu. Jumlah ini...
LANGUAGE