32.3 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Manta Crypto [Manta Network]: Fitur hingga Tokenomics $MANTA

Manta Crypto atau Manta Network adalah sebuah blockchain modular yang dirancang untuk aplikasi berbasis zero-knowledge (ZK). Manta Network terdiri dari dua jaringan utama, yaitu Manta Pacific dan Manta Atlantic.

Manta Pacific adalah lapisan-2 yang dibangun di atas Ethereum. Dengan menggunakan teknologi ZK, Manta Pacific bertujuan untuk menyajikan aplikasi blockchain yang lebih cepat dan lebih privat.

Sementara itu, Manta Atlantic adalah lapisan-1 yang dibangun di atas Polkadot. Manta Atlantic diklaim sebagai lapisan-1 tercepat di Polkadot yang menggunakan teknologi ZK.

Baca juga: Buku Akademi Crypto: Panduan Lengkap untuk Pemula

Manta Crypto

Siapa Pendiri Manta Crypto [Manta Network]?

Manta Network atau Manta Crypto didirikan pada tahun 2020 oleh Victor Ji, Shumo Chu, dan Kenny Li, ketiganya berasal dari institusi terkemuka seperti Harvard, MIT, dan Algorand. Manta Network atau Manta Crypto berhasil mendapatkan investasi dari dana-dana investasi web3 terkemuka seperti Binance Labs dan Polychain Capital.

Partisipasinya dalam akselerator web3 terkemuka, seperti Alliance DAO dan Berkeley Blockchain Xcelerator, menunjukkan komitmen Manta Network atau Manta Crypto terhadap pertumbuhan dan inovasi dalam ekosistem kripto. Manta Network nampaknya siap untuk membawa generasi mendatang pengguna web3 dan memulai babak baru aplikasi zkApp dalam dunia web3.

Fitur yang Menarik Manta Network untuk Developer Web3

Manta Network atau Manta Crypto adalah blockchain modular yang menawarkan berbagai fitur menarik untuk developer web3. Berikut adalah ringkasan fitur-fitur Manta Crypto tersebut:

1. Low Fees, High Scalability

Manta Pacific menggunakan teknologi Celestia dan OP stack yang dimodifikasi untuk menyajikan infrastruktur teknis tingkat lanjut yang menawarkan skalabilitas tinggi dan biaya gas rendah. Dengan tambahan Universal Circuits Manta Pacific, platform ini menyediakan ekosistem yang tak tertandingi bagi pengembangan dan penyebaran aplikasi Zero-Knowledge (ZK) serta dApps. Fitur ini menarik bagi pengembang web3 karena memungkinkan mereka untuk membangun aplikasi yang lebih efisien dan hemat biaya.

2. Developer-Friendly

Pendekatan multi-modular Manta Network atau Manta Crypto memberikan fleksibilitas kepada para pengembang untuk menggunakan alat identitas pribadi Manta di seluruh rantai dan dalam ekosistem web2, termasuk aplikasi mobile. Dengan menggunakan SDK (Software Development Kits) dan kunci bukti (proof keys) dari Manta, solusi yang ramah pengembang ditawarkan untuk mengintegrasikan identitas secara on-chain dengan hanya beberapa baris kode. Fitur ini menarik bagi pengembang web3 karena memudahkan mereka untuk mengintegrasikan identitas pribadi secara on-chain ke dalam aplikasi mereka.

3. New ZK Use Cases

Manta Pacific menyediakan Universal Circuits, sebuah perpustakaan ZK yang memudahkan pengembang dalam memanggil kontrak pintar Solidity dan dApps yang diaktifkan ZK. Desain inti dari Universal Circuits Manta Pacific melibatkan zkContracts, seperti zkShuffle yang digunakan dalam permainan berbasis blockchain. Fitur ini menarik bagi pengembang web3 karena memungkinkan mereka untuk menggunakan teknologi ZK untuk mengembangkan aplikasi baru yang inovatif.

4. Non-Invasive Compliance

Manta Network atau Manta Crypto menyajikan zkSBTs (ZK Standardized Business Tokens) yang memungkinkan pengguna melakukan verifikasi tanpa perlu keterlibatan kerjasama, tetapi tetap menjaga privasi dan keamanan. Contoh zkSBTs, seperti zkBAB dan zkGalxe Passport, menyediakan verifikasi KYC (Know Your Customer) berbasis rantai tanpa perlu melakukan pemindaian paspor atau mengunggah informasi pribadi yang bersifat sensitif. Fitur ini menarik bagi pengembang web3 karena memungkinkan mereka untuk mengembangkan aplikasi yang lebih aman dan privasi bagi pengguna.

5. A Growing Ecosystem

Ekosistem Manta Network atau Manta Crypto, yang mencakup berbagai aplikasi dari DeFi hingga gaming dan media sosial, dirancang untuk memberikan pengalaman dan nilai terbaik kepada pengguna. Program Hibah Ekosistem Manta dibentuk untuk mendorong dan mendukung eksplorasi penggunaan kasus baru yang bernilai, serta memberikan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh pengguna.

Fitur ini menarik bagi pengembang web3 karena memberikan peluang untuk berkolaborasi dengan komunitas Manta Network atau Manta Crypto dan mengembangkan aplikasi yang bermanfaat bagi pengguna.

Baca juga: Apa Itu Cryptojacking: Cara Kerja hingga Panduan untuk Mencegahnya

Manta Crypto

Berdasarkan ringkasan di atas, Manta Network menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat membantu pengembang web3 membangun aplikasi yang lebih efisien, hemat biaya, aman, dan privasi. Manta Network juga memiliki ekosistem yang berkembang pesat yang dapat memberikan peluang bagi pengembang web3 untuk berkolaborasi dan mengembangkan aplikasi yang bermanfaat bagi pengguna.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang dapat dibangun dengan Manta Network:

  • Aplikasi DeFi yang lebih efisien dan hemat biaya
  • Aplikasi gaming yang lebih aman dan privasi
  • Aplikasi media sosial yang lebih interaktif dan menarik

Manta Network memiliki potensi untuk menjadi salah satu blockchain terkemuka bagi pengembang web3.

Tokenomics $MANTA

$MANTA merupakan token asli (native token) di MANTA Network, yang memiliki berbagai peran penting sebagai berikut:

  1. Governance

Pemegang token $MANTA memiliki hak untuk memberikan suara dalam keputusan tata kelola jaringan di Manta Pacific dan Manta Atlantic.

  1. Staking 

Melakukan staking dengan $MANTA berkontribusi pada keamanan keseluruhan Manta Atlantic.

  1. Delegasi Collator

Pemegang $MANTA dapat memilih untuk mendelegasikan kepemilikannya kepada collators atau mempertaruhkan $MANTA untuk menjalankan collator mereka, yang bertujuan untuk mengamankan jaringan.

  1. Network Fee

Di Manta Atlantic, $MANTA digunakan untuk membayar biaya transaksi.

  1. Likuiditas & Jaminan

Token $MANTA dapat digunakan sebagai likuiditas dan jaminan asli di dalam ekosistem Manta. Total pasokan $MANTA saat ini adalah 1.000.000.000, sesuai dengan whitepaper. Token tambahan akan diterbitkan berdasarkan alokasi token “Perkiraan Validator/Hadiah Emisi”.

Manta Crypto

Penutup

Demikianlah ulasan terkait Manta Crypto yang penting untuk diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Membahas Potensi Crypto Shiba Inu di Tahun 2024: Apa yang Perlu Anda Ketahui

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE