29.6 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Mantap! Perusahaan Fidelity Tawarkan Bitcoin Sebagai Rencana Tabungan Pensiun

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan perencana keuangan, Fidelity Investments mengatakan pada akan menawarkan investor opsi untuk menempatkan Bitcoin di 401 (k) mereka, menjadikannya penyedia pertama yang menawarkan kripto untuk tabungan pensiun.

401 (k) sendiri adalah jenis rencana pensiun yang disponsori para pemberi kerja yang paling populer di Amerika. 

Salah satu perusahaan penyedia penawaran perencanaan pensiun itu adalah Fidelity. 

Penawaran kripto bitcoin akan tersedia untuk 23 ribu perusahaan yang menggunakan Fidelity untuk mengelola akun tabungan pensiun mereka pada pertengahan 2022. 

Baca juga: Harga Bitcoin 27 April 2022 Berada di Zona Merah, Tertekan 5 Persen

Dengan aset senilai USD 11,3 triliun atau sekitar Rp 162,8 kuadriliun yang dikelola, Fidelity adalah penyedia rencana pensiun terbesar di negara ini dan keputusannya dapat membuat kripto lebih populer dan mainstream.

“Ada minat yang meningkat dari sponsor rencana yang memungkinkan mereka memberikan akses kepada karyawan mereka ke aset digital dalam rencana kontribusi pasti, dan pada gilirannya dari individu dengan keinginan untuk memasukkan cryptocurrency ke dalam strategi investasi jangka panjang mereka,” kata kepala penawaran dan platform pensiun Fidelity, Dave Gray, dikutip dari CNBC, Rabu (27/4/2022). 

Perusahaan MicroStrategy akan menjadi perusahaan pertama yang menawarkan Bitcoin dalam rencana pensiun mereka. The Wall Street Journal melaporkan berita tersebut pada Senin pagi.

Baca juga: Perluas Sanksi Ekonomi, Amerika Serikat Incar Penambang Bitcoin Rusia

Namun, regulator telah mendesak kehati-hatian agar tidak melibatkan cryptocurrency dalam 401 (k). Baru bulan lalu, Departemen Tenaga Kerja memperingatkan sebelum mereka mempertimbangkan untuk menambahkan opsi cryptocurrency ke menu investasi rencana 401(k) untuk peserta rencana.

Departemen Tenaga Kerja mengutip kekhawatiran tentang spekulasi dan volatilitas serta penilaian yang tinggi. 

Sementara itu, ia memperingatkan masalah kustodian dan pencatatan utama, mengatakan hanya kehilangan atau lupa kata sandi dapat mengakibatkan hilangnya aset selamanya.

Seperti diberitakan Liputan6.com, Fidelity mengatakan akun aset digital adalah akun rencana khusus yang menampung Bitcoin dan investasi pasar uang jangka pendek untuk menyediakan likuiditas yang dibutuhkan akun untuk memfasilitasi transaksi harian atas nama investor.

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE