26.3 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Memilih Aplikasi Laporan Keuangan yang Tepat Sesuai Kebutuhan, Simak di Sini

Duniafintech.com – Aplikasi laporan keuangan dapat menghemat waktu berjam-jam dibandingkan jika Anda membuat laporan keuangan bisnis secara manual dan jauh lebih efisien daripada menggunakan spreadsheet. Aplikasi ini menghemat waktu Anda karena Anda tidak harus terus-menerus memasukkan kembali data dan angka yang berlebihan seperti nilai pesanan, data penjualan dan pembelian, nilai stok barang dan sejenisnya.

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi laporan keuangan yang tersedia dan bisa diakses dengan mudah melalui smartphone. Banyaknya pilihan aplikasi mungkin membuat Anda bingung menentukan jenis aplikasi yang paling tepat untukmu. Untuk itu, cobalah ikuti tips berikut ini agar bisa memilih aplikasi yang Anda butuhkan dengan mudah.

Keamanan informasi

 Aplikasi laporan keuangan biasanya memanfaatkan informasi pribadi dan finansial pengguna untuk bisa melakukan pendataan secara otomatis. Sebaiknya, pilihlah aplikasi terpercaya yang bisa menjamin keamanan data pengguna. Beberapa aplikasi bisa menjamin bahwa informasi yang diambil tidak bersifat pribadi dan hanya terbatas pada informasi seputar transaksi keuangan melalui smartphone. Biasanya, jaminan ini bisa Anda pelajari dari menu syarat dan ketentuan pada aplikasi ketika akan mendaftar sebagai pengguna untuk pertama kali.

Baca Juga:

Pembuatan kategori yang fleksibel

Untuk bisa membangun perencanaan keuangan yang terstruktur, Anda perlu mengetahui apa saja kategori yang paling dominan digunakan ketika melakukan transaksi. Setiap orang memiliki daftar pemasukan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Aplikasi yang tidak fleksibel dalam hal pengaturan kategori akan menyulitkan Anda untuk memonitor arus keuangan bulanan.

Kenali reputasi aplikasi

Banyak orang mengira bahwa semakin banyak orang yang menggunakan suatu aplikasi, maka semakin terpercaya aplikasi tersebut. Padahal, hal ini tidak selalu benar. Aplikasi dengan jumlah pengguna yang banyak juga bisa memiliki kekurangan. Lakukan riset terlebih dahulu terhadap suatu aplikasi sebelum mulai menggunakannya. Biasanya, aplikasi catatan keuangan yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan tertentu lebih terjamin dibandingkan dengan aplikasi yang tidak diketahui seluk beluk pembuatnya.

Adanya laporan keuangan

Cara yang paling tepat untuk mengetahui arus keuanganmu adalah melalui laporan keuangan yang dirangkum dari transaksi yang dilakukan setiap bulannya. Aplikasi yang baik adalah aplikasi yang bisa menyediakan fitur laporan keuangan, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot mengecek saldo dalam semua rekeningmu satu per satu.

 Pertimbangkan biaya penggunaan

 Beberapa aplikasi catatan keuangan mengharuskan penggunanya untuk mendaftar sebagai pengguna berbayar untuk bisa menikmati semua fitur yang tersedia. Aplikasi seperti itu biasanya membatasi penggunaan fitur bagi pengguna yang mendaftar secara gratis. Kalau Anda memang memerlukan fitur berbayar, mungkin tidak ada salahnya menggunakan aplikasi yang berbayar. Tapi, pertimbangkan juga biaya berlangganan yang harus Anda keluarkan. Pastikan biaya tersebut seimbang dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih aplikasi laporan keuangan dengan tepat. Sebaiknya, pertimbangkan segala kelebihan dan kekurangan dari setiap aplikasi untuk memudahkan Anda dalam memantau arus keuanganmu.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Kripto Hari Ini: Dijamin Cuan, Ini Cara Aman Trading Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Kripto hari ini perlu untuk anda perhatikan. Trading Bitcoin dapat menjadi passive income bagi Anda. Tentunya, cara aman trading bitcoin perlu...

Mengintip Kinerja CBG Coin, Kripto yang Sempat Melesat 9 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - CBG Coin menjadi salah satu aset kripto yang populer pada perdagangan pekan pertama Agustus ini. CBG Coin merupakan token kripto milik...

Asyik dan Seru! Inilah Aplikasi Untuk Main Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi untuk main Metaverse penting untuk diketahui. Untuk bisa masuk dalam teknologi alam semesta virtual, tentunya harus menggunakan sebuah aplikasi.  Sejak metaverse...

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...
LANGUAGE