25.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Mengenal Investasi Reksa Dana di Era Digital

duniafintech.com – Menurut fakta, hanya 0,4% dari total populasi orang Indonesia saat ini yang sudah berinvestasi. Sementara negara tetangga seperti India sudah mencapai angka 6% dan Cina 8%. Lantas apakah Anda sudah mengenal investasi reksa dana di era digital?

Mengenal Investasi Reksa Dana di Era Digital

Berinvestasi sebagai cara untuk mengelola kekayaan adalah salah satu alat yang sangat penting untuk memastikan uang tidak hilang karena inflasi. Dalam 10 tahun terakhir, Indeks Saham Indonesia memiliki return yang luar biasa yakni sebesar 419%.

Tetapi bagaimana orang berinvestasi jika mereka tidak tahu caranya? Terkini, ada tiga (3) perusahaan investasi dengan ambisi besar untuk membantu orang berinvestasi melalui manajer investasi profesional – atau disebut manajer reksa dana. Berikut ini adalah ulasan tentang 3 perusahaan investasi tersebut:

Ajaib, Bareksa dan Tanamduit

  • Ajaib: Ajaib adalah aplikasi smart investing yang membantu investor pemula belajar dan memantau investasi secara otomatis.
  • Bareksa: Bareksa adalah supermarket reksa dana yang menjual ratusan produk reksa dana dari berbagai perusahaan manajer investasi.
  • Tanamduit: Tanamduit adalah portal investasi dimana pengguna dapat membeli dan menjual berbagai jenis reksa dana setiap hari.

Faktor

Faktor Ajaib Bareksa Tanamduit
Pembukaan Akun Online 3-5 menit; tanpa dokumen fisik 3-5 menit; tanpa dokumen fisik 3-5 menit; tanpa dokumen fisik
Pilihan Investasi 3 reksa dana terbaik dipilih oleh para ahli dari 1.800+ reksa dana Tersedia lebih dari 300+ pilihan reksa dana Tersedia lebih dari 150+ pilihan reksa dana
Setoran Awal Minimum Rp 400 ribu Rp 10 ribu – 10 juta* Rp 10 ribu – 10 juta*
Biaya Biaya 0% 0%-5% biaya berlangganan, pengalihan dan penukaran 0%-5% biaya berlangganan, pengalihan dan penukaran
Pendanaan SoftBank, Y Combinator Dirahasiakan Mandiri Capital
Keahlian Investasi yang Dibutuhkan Tanpa pengalaman Pengalaman (menengah) Pengalaman (menengah)

*Tergantung pada reksa dana

Faktor Unggulan Ajaib, Bareksa dan Tanamduit

  • Saran Ahli

Salah satu faktor penting bagi seseorang ketika memutuskan dimana harus berinvestasi adalah: seberapa besar kepercayaan diri dalam memilih investasi? Misalnya, Anda memiliki kepercayaan diri yang rendah dalam berinvestasi ke dalam P2P Lending, karena tidak atau kurang mengerti risiko apa yang akan dihadapi. Itu sebabnya, beberapa orang lebih suka pendekatan yang dipandu dan mendidik serta mampu membantu memilihkan investasi apa yang ideal.

  • Ajaib: Ajaib menawarkan investasi dengan saran dari para ahli secara gratis di semua langkah proses investasi. Pertama, Anda harus mengisi kuesioner pendek dan Ajaib akan memberi tahu tingkat toleransi risiko apa yang Anda miliki. Kemudian, smart online investment ini menggunakan algoritma pengoptimalannya untuk merekomendasikan portofolio Anda sehingga dapat memaksimalkan return dan meminimalisir risiko, dengan didukung penelitian akademik pemenang Nobel Prize dalam strategi investasi. Penggunanya juga memiliki akses sesuai permintaan untuk mengobrol dengan perencana keuangan bersertifikat CFP atau QWP, sehingga bisa membantu dalam merencanakan keuangan. Ajaib dibangun oleh tim lulusan MBA dari Stanford University dan Profesor Keuangan dari Institut Teknologi Bandung.
  • Bareksa: Bareksa menawarkan fitur Bareksa Prioritas untuk klien bernilai tinggi dengan aset diatas Rp14,3 miliar. Bareksa Prioritas bermitra dengan Jagartha Advisors untuk menawarkan saran investasi ahli untuk klien bernilai tinggi, membantu mereka memutuskan produk investasi mana yang akan dipilih. Ahli investasi akan membawa ke langkah berikutnya dan mengajukan permohonan untuk Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana (WAPERD), agar dapat membeli kursus daring tambahan di Bareksa.
  • Tanamduit: Investor yang lebih berpengalaman bisa saja terbiasa dengan produk mereka. Bagi investor pemula penting untuk mengetahui memilih produk investasi mereka dan memahami jargon industri yang digunakan.
  • Pilihan Investasi

Faktor penting lain bagi seseorang adalah mengetahui bahwa ia berinvestasi dalam produk investasi terbaik, yang dapat menghasilkan return tinggi dengan risiko lebih rendah. Anda tentu suka melihat opsi tetapi tidak terlalu banyak sehingga tidak merasa kewalahan. Berikut ulasan tiga perusahaan investasi:

  • Ajaib: Ajaib memilih 3 reksa dana terbaik untuk pengguna dari 1.800+ reksa dana di Indonesia, berdasarkan kriteria komprehensif termasuk historis kinerja, rekam jejak pengelola dana, dan rasio Sharpe. Tim peneliti PhD dan MBA memilih reksa dana setiap kuartal. Hal ini menjadikan berinvestasi di Ajaib membuat penggunanya lebih percaya diri, sebab dengan reksa dana yang sudah dipilih para ahli, penggunanya tidak perlu meneliti masing-masing dari 1.800+ reksa dana tersebut.
  • Bareksa: Bareksa menawarkan banyak reksa dana online dengan 300+ pilihan reksa dana. Pengguna dapat menavigasi melalui setiap opsi dana berdasarkan kategori: saham, campuran, penyertaan terbatas, ETF, DLPK dan DIRE. Pengguna juga dapat membandingkan diantara 300+ dana berdasarkan statistik Jensen Alpha, Treynor Ratio dan Beta. Bareksa juga menawarkan produk SBN Ritel dan SBSN Ritel. Investor yang sudah ahli akan menikmati serta dapat menganalisis semua fitur dan data ini.
  • Tanamduit: Tanamduit menawarkan sekitar 150+ reksa dana. Pengguna dapat menavigasi melalui setiap opsi reksa dana berdasarkan kelas aset. Pengguna juga dapat membandingkan lebih dari 150+ reksa dana berdasarkan NAB dan AUM dan statistik kinerja. Seperti Bareksa, Tanamduit juga menawarkan produk SBN Ritel dan SBSN Ritel. Investor ahli akan sangat menikmati serta dapat menganalisis semua fitur dan data ini.
  • Keahlian Investasi yang Dibutuhkan

Salah satu alasan seseorang tidak mau mencoba investasi adalah karena tidak terlalu paham bagaimana caranya, dan belum memiliki pengalaman berinvestasi sebelumnya. Untuk itu, penting untuk mempelajari panduan dalam proses berinvestasi.

  • Ajaib: Mudah dipakai untuk orang yang tidak memiliki pengalaman investasi sebelumnya (pemula). Cukup menjawab 6 pertanyaan mudah dan Ajaib menggunakan algoritmanya untuk merekomendasikan portofolio yang cocok. Penggunanya juga tidak perlu ribet menganalisa setiap reksa dana satu per satu. Kalau masih tidak yakin, Anda juga bisa chatting tak terbatas dengan seorang perencana keuangan bersertifikat CFP atau QWP.
  • Bareksa: Pengguna yang sudah mempunyai banyak pengalaman berinvestasi akan senang menganalisa lebih dari 300 pilihan reksa dana di Bareksa. Pengguna dapat cek Jensen Alpha, Treynor Ratio dan Beta dari setiap reksa dana untuk memilih yang terbaik. Ada lagi produk SBN Ritel dan SBSN Ritel yang dapat dibeli. 
  • Tanamduit: Pengguna yang sudah mempunyai banyak pengalaman berinvestasi akan senang menganalisa produk mereka di Tanamduit. Ada juga produk SBN Ritel dan SBSN Ritel yang dapat dibeli.

Reksa dana return-nya sangat berfluktuasi. Pastikan Anda membeli sesuai profil risiko yang tepat!

-Medianine-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE