25.2 C
Jakarta
Jumat, 14 Agustus, 2020

MENGENAL JENIS DOMPET BITCOIN

duniafintech.com – Jika Anda telah memutuskan untuk membeli Bitcoin, Anda mungkin akan bertanya bagaimana cara menyimpan mata uang digital tersebut. Jawabannya kurang lebih seperti yang Anda bayangkan dari pengalaman dengan mata uang fiat. Tapi detailnya memerlukan sedikit penjelasan.

Kunci pribadi yang digunakan untuk mengakses alamat Bitcoin disimpan dalam “dompet Bitcoin”. Pada dasarnya, dompet Bitcoin memberi Anda akses ke alamat Bitcoin publik Anda dan memungkinkan Anda untuk menyetujui sebuah transaksi. Namun terdapat beberapa jenis dompet yang berbeda sesuai preferensi pengguna. Faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih dompet Bitcoin terbaik antara lain meliputi keamanan, anonimitas dan pengawasan.

Berikut pilihan dompet Bitcoin yang bisa Anda bandingkan:

Dompet desktop memungkinkan pengguna membuat sebuah alamat untuk mengirim dan menerima Bitcoin serta menyediakan tempat untuk menyimpan kunci privat untuk melakukan transaksi tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendownload software ke komputer individu.

Dompet mobile, diakses melalui aplikasi mobile, yang memungkinkan pengguna bertransaksi dalam berbagai kondisi. Pada saat klien “full Bitcoin” mendownload seluruh Blockchain Bitcoin, dompet mobile justru dirancang untuk memanfaatkan hanya sebagian kecil dari Blockchain dan mengandalkan simpul lain di dalam jaringan tersebut untuk mengakses informasi yang diperlukan.

Dompet kustodian, yang menyimpan kunci Bitcoin di internet melalui situs pihak ketiga, serta memungkinkan pengguna mengakses Bitcoin mereka dari mana saja. Dengan menggunakan jenis dompet ini, artinya Anda mempercayakan informasi dompet Bitcoin tersebut kepada pihak lain.

Layanan dompet kertas Bitcoin memberikan sebuah alamat Bitcoin dan dua kode QR bagi penggunanya, dan salah satu kode terhubung ke alamat tersebut, sementara kode yang lain  menyediakan kunci pribadi yang digunakan untuk mentransfer Bitcoin yang tersimpan di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk mengeliminasi penyimpanan digital atas kunci tersebut sehingga terhindar dari potensi serangan cyber.

Ada juga dompet yang menyimpan kunci pribadi pada perangkat fisik, seperti USB drive, hard disk eksternal dan dompet perangkat keras. Jenis dompet ini dianggap paling aman karena tidak terekspos internet atau terkena dampak virus komputer.

 Pada akhirnya, pilihan dompet Bitcoin akan mengikuti preferensi dan kebutuhan para pengguna individual. Apapun yang mereka putuskan, akan menjadi aspek penting dari pengalaman mereka dengan mata uang digital.

 

Sumber: Bitcoinmagazine.com

Picture: www.pexels.com

Written by: Rosmy Sophia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

IBM Rencana Kenalkan Manfaat DeFi Kepada Bank

DuniaFintech.com - Salah satu korporasi teknologi dan piranti lunak terbesar di dunia, International Business Machines (IBM) berencana untuk mengenalkan sistem desentralisasi keuangan,...

Ini Dia Industri yang Berpotensi Tumbuh Lewat Digitalisasi

DuniaFintech.com - Hantaman pandemi COVID-19 membuat setiap pelaku industri harus melakukan perubahan dalam mengelolanya. Terbatasnya aktivitas di masa pandemi, mau tidak mau...

Fintech Ilegal 2020, Berikut Daftar Perusahaannya

DuniaFintech.com - Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan kembali fintech ilegal dari segmen peer to peer (P2P) lending sebanyak 105...

Peluang Usaha dengan Bisnis Untung 200 Ribu per Hari, Ini Pilihannya

DuniaFintech.com - bisnis untung 200 ribu per hari kini bisa didapatkan dengan mudah. Kebanyakan orang saat akan memulai bisnis langsung memiliki keinginan...

Aplikasi Pencegah Penyebaran Covid-19 Ini Bantu Tingkatkan Produktivitas Anda Hadapi New Normal

DuniaFintech.com - Setelah beberapa waktu lalu sukses dengan fitur yang membantu perusahaan untuk memonitor karyawannya tetap efektif selama bekerja di rumah...
LANGUAGE