31.5 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

Wajib Tahu, Ini Jenis dan Pilihan Bitcoin Wallet Terbaik

Jenis bitcoin wallet atau dompet bitcoin terbaik merupakan hal yang penting untuk diketahui dan dipertimbangkan. Seperti namanya, dompet bitcoin ini berguna untuk menyimpan bitcoin setelah pengguna membeli mata uang digital tersebut.

Bitcoin wallet atau dompet bitcoin sendiri merupakan tempat pengguna menyimpan saldo bitcoin mereka secara aman dan efisien. Berbagai macam bitcoin wallet bisa digunakan dan diinstal di PC/Laptop, smartphone, tablet, atau di cloud.

Secara ringkas, dompet bitcoin adalah tempat untuk menyimpan mata uang kripto yang dimiliki. Bitcoin wallet ini akan menyimpan seluruh informasi bitcoin digital dan memvalidasi transaksi dengan mata uang kripto itu.

Pengguna dapat memilih bitcoin wallet terbaik sesuai keinginan mereka. Pasalnya, di samping aman untuk transaksi kripto, sejumlah dompet pun sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti.

Dengan menggunakan dompet tersebut, pemilik akan memiliki semacam kunci pribadi yang sesuai dengan alamat Bitcoin mereka. Di sisi lain, meski aplikasinya hampir sama dengan penyimpanan mata uang fiat atau mata uang resmi yang dikeluarkan oleh bank sentral, tetapi untuk detailnya sendiri terdapat perbedaan.

Bitcoin wallet pada dasarnya akan memberi akses kepada pengguna menuju ke alamat bitcoin publiknya dan memungkinkan pengguna untuk menyetujui sebuah transaksi.

Untuk diketahui, ada beberapa jenis dompet bitcoin yang berbeda, sesuai dengan preferensi penggunanya. Adapun faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih dompet Bitcoin terbaik, di antaranya keamanan, anonimitas, dan pengawasan.

Sementara itu, untuk membuat bitcoin wallet pribadi, pengguna dapat mengunjungi situs-situs khusus yang memang menyediakan bitcoin wallet, misalnya Blockchain.info, Hive, atau BitGo.

Jenis Wallet Bitcoin yang perlu dipertimbangkan:

  1. Dompet desktop

Bitcoin wallet yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah alamat untuk mengirim dan menerima bitcoin mereka. Bukan itu saja, di dompet bitcoin ini juga disediakan tempat untuk menyimpan kunci privat dalam rangka melakukan transaksi tersebut.

Caranya bisa dilakukan dengan mendownload software ke komputer individu.

  1. Dompet mobile

Dompet bitcoin ini diakses melalui aplikasi mobile dan memungkinkan penggunanya bertransaksi dalam berbagai kondisi.

Menariknya, saat klien full Bitcoin mendownload seluruh Blockchain Bitcoin, dompet mobile justru dirancang untuk memanfaatkan hanya sebagian kecil dari Blockchain dan mengandalkan simpul lain di dalam jaringan ini untuk mengakses informasi yang dibutuhkan.

  1. Dompet custodian

Dompet bitcoin ini akan menyimpan kunci Bitcoin di internet melalui situs pihak ketiga. Di samping itu, pengguna dimungkinkan untuk mengakses Bitcoin mereka dari mana saja.

Menggunakan jenis dompet bitcoin berarti pengguna mempercayakan informasi dompet Bitcoin-nya kepada pihak lain.

  1. Dompet kertas bitcoin

Pengguna bitcoin wallet ini akan mendapat sebuah alamat Bitcoin dan dua kode QR. Adapun salah satu kode itu akan terhubung ke alamat tersebut, sedangkan kode lainnya menyediakan kunci pribadi yang digunakan untuk mentransfer Bitcoin yang tersimpan di dalamnya.

Tujuannya adalah guna mengeliminasi penyimpanan digital atas kunci itu sehingga terhindar dari potensi serangan cyber.

Di samping itu, juga ada dompet yang menyimpan kunci pribadi pada perangkat fisik, mulai dari USB drive hingga hard disk eksternal.

  1. Dompet perangkat keras

Jenis wallet bitcoin ini dianggap menjadi paling aman sebab tidak terekspos internet atau terkena dampak virus komputer.

Namun, pada akhirnya, pilihan dompet Bitcoin tetap akan mengikuti preferensi dan kebutuhan para pengguna individual. Pasalnya, apa pun yang pengguna putuskan akan menjadi aspek penting dari pengalaman mereka dengan mata uang digital.

Pilihan Dompet Bitcoin Terbaik di Indonesia

Syarat investasi mata uang kripto, antara lain adalah memilih dompet Bitcoin terpercaya. Karena itu, penting untuk memastikan keamanan investasi yang dilakukan. Adapun bitcoin wallet yang bisa menjadi pilihan adalah Indodax.

Untuk diketahui, nama Indodax sendiri sudah tidak asing lagi di kalangan investor uang kripto, khususnya Bitcoin.

Indodax juga diketahui menjadi salah satu pionir dompet Bitcoin di Indonesia dengan keamanan yang mumpuni. Bukan hanya Bitcoin, aset cryptocurrency lainnya juga dapat dibeli oleh investor di Indodax.

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE