31.9 C
Jakarta
Sabtu, 26 September, 2020

MENGENAL JENIS DOMPET BITCOIN

duniafintech.com – Jika Anda telah memutuskan untuk membeli Bitcoin, Anda mungkin akan bertanya bagaimana cara menyimpan mata uang digital tersebut. Jawabannya kurang lebih seperti yang Anda bayangkan dari pengalaman dengan mata uang fiat. Tapi detailnya memerlukan sedikit penjelasan.

Kunci pribadi yang digunakan untuk mengakses alamat Bitcoin disimpan dalam “dompet Bitcoin”. Pada dasarnya, dompet Bitcoin memberi Anda akses ke alamat Bitcoin publik Anda dan memungkinkan Anda untuk menyetujui sebuah transaksi. Namun terdapat beberapa jenis dompet yang berbeda sesuai preferensi pengguna. Faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih dompet Bitcoin terbaik antara lain meliputi keamanan, anonimitas dan pengawasan.

Berikut pilihan dompet Bitcoin yang bisa Anda bandingkan:

Dompet desktop memungkinkan pengguna membuat sebuah alamat untuk mengirim dan menerima Bitcoin serta menyediakan tempat untuk menyimpan kunci privat untuk melakukan transaksi tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendownload software ke komputer individu.

Dompet mobile, diakses melalui aplikasi mobile, yang memungkinkan pengguna bertransaksi dalam berbagai kondisi. Pada saat klien “full Bitcoin” mendownload seluruh Blockchain Bitcoin, dompet mobile justru dirancang untuk memanfaatkan hanya sebagian kecil dari Blockchain dan mengandalkan simpul lain di dalam jaringan tersebut untuk mengakses informasi yang diperlukan.

Dompet kustodian, yang menyimpan kunci Bitcoin di internet melalui situs pihak ketiga, serta memungkinkan pengguna mengakses Bitcoin mereka dari mana saja. Dengan menggunakan jenis dompet ini, artinya Anda mempercayakan informasi dompet Bitcoin tersebut kepada pihak lain.

Layanan dompet kertas Bitcoin memberikan sebuah alamat Bitcoin dan dua kode QR bagi penggunanya, dan salah satu kode terhubung ke alamat tersebut, sementara kode yang lain  menyediakan kunci pribadi yang digunakan untuk mentransfer Bitcoin yang tersimpan di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk mengeliminasi penyimpanan digital atas kunci tersebut sehingga terhindar dari potensi serangan cyber.

Ada juga dompet yang menyimpan kunci pribadi pada perangkat fisik, seperti USB drive, hard disk eksternal dan dompet perangkat keras. Jenis dompet ini dianggap paling aman karena tidak terekspos internet atau terkena dampak virus komputer.

 Pada akhirnya, pilihan dompet Bitcoin akan mengikuti preferensi dan kebutuhan para pengguna individual. Apapun yang mereka putuskan, akan menjadi aspek penting dari pengalaman mereka dengan mata uang digital.

 

Sumber: Bitcoinmagazine.com

Picture: www.pexels.com

Written by: Rosmy Sophia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dua Startup Asuransi Digital Ini Peroleh Modal! Tren Insurtech Positif?

DuniaFintech.com - Qoala dan PasarPolis menjadi dua startup layanan asuransi berbasis digital yang mendapatkan suntikan dana di tahun 2020. Qoala mendapatkan pendanaan...

Sulit Menyisihkan Uang? Inilah Cara Menabung Paling Efektif yang Sesuai dengan Kemampuan

Duniafintech.com - Tak hanya berfungsi menghindari utang karena adanya kebutuhan darurat, menabung juga bermanfaat untuk menambah pundi-pundi keuangan di masa depan. Meskipun...

Dukung Kreator Indonesia, Sony Luncurkan Kamera Seri Alpha 7S III dengan Tampilan Klasik

Duniafintech.com - Sony luncurkan kamera seri Alpha 7S III yang menjadi penerus Alpha 7S II. Sony Alpha 7S III akan segera tersedia...

E-Commerce Jadikan Permintaan Asuransi Digital Melonjak

DuniaFintech.com - Penyelenggara niaga berbasis elektronik, e-commerce menghadirkan tren positif terhadap startup asuransi berbasis digital (insurtech). Adalah 2 startup insurtech, Qoala dan...

Pandemi Bikin Wacana Grab dan Gojek Merger Kembali Menyeruak

Duniafintech.com - Kabar Grab dan Gojek merger atau melakukan penggabungan kembali santer terdengar saat pandemi melanda. Dua perusahaan raksasa ride-hailing terbesar di...
LANGUAGE