27.6 C
Jakarta
Selasa, 23 April, 2024

Mengulik Contoh Rencana Bisnis Cafe dan Panduan untuk Menyusunnya

JAKARTA, duniafintech.com – Contoh rencana bisnis cafe tentunya penting diketahui oleh  para pebisnis muda yang sekarang ini gandrung akan usaha tersebut. Seperti diketahui, saat ini peluang bisnis cafe pun sangat menjanjikan sebab memang semakin banyak anak muda yang gemar “nongkrong” di cafe.

Namun, tentu saja perlu perencanaan yang matang untuk membuka sebuah cafe supaya bisnis ini bisa berjalan dengan baik, lancar, dan terus berkembang ke depannya. Caranya? Ulasannya sebagai berikut ini.

contoh bisnis cofe
bisnis kopi shop.

Isi dari Contoh Rencana Bisnis Cafe

  1. Identitas Perusahaan

Di sebuah rencana bisnis, identitas perusahaan adalah hal pertama yang mesti ditulis. Jika usahanya cafe maka isi dari identitas perusahaan bisnis ini adalah nama cafe, penjelasan bisnis kuliner di bidang kopi, tahun didirikan, alamat cafe, dan sedikit penjelasan soal keunggulan dari cafe itu.

Nah, isi contoh rencana bisnis cafe bagian identitas perusahaan adalah sebagai berikut:

“Joyce Cafe adalah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang menggunakan sistem kedai kopi aspek restoran. Perusahaan ini berdiri tahun 2019 dan berlokasi di Jl. Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat. Lokasi Joyce Cafe ini sangat strategi sebab berhadapan dengan lampu merah dan mudah dijangkau oleh berbagai kriteria pengunjung.”

Baca juga: Café Bistro 1858 Menerima Pembayaran dengan Bitcoin

  1. Visi dan Misi Perusahaan

Supaya bisnis cafe yang dijalankan itu punya tujuan yang jelas maka visi dan misi sangat penting di sini. Contohnya sebagai berikut.

Visi:

  • Joyce Cafe menjadi tempat terbuka dan ramah lingkungan yang memberikan kenyamanan bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia.

Misi:

  • Menyediakan tempat dengan memberikan layanan terbaik untuk semua pelanggan.
  • Meningkatkan mutu perusahaan dan kepercayaan pelanggan dengan menyediakan cabang di beberapa wilayah berbeda pada 3 tahun pertama.
  1. Deskripsi Usaha

Di bagian ini, berikan deskripsi soal usaha yang dijalankan, misalnya mengenai garis besar kopi atau makanan lainnya yang dijual serta target-target yang hendak dicapai.

Contoh deskripsi usaha untuk bisnis cafe, yaitu:

“Joyce Cafe merupakan kedai kopi yang menjual berbagai jenis kopi serta makanan dan minuman lainnya. Target pasar utama cafe ini adalah anak-anak remaja dan dewasa, tetapi kalangan lainnya pun tetap akan nyaman dan cocok saat berkunjung ke cafe ini.”

  1. Tujuan dan Detail Produksi

Adapun tujuan berbeda dari visi dan misi. Sebagai contoh, tujuan didirikannya bisnis cafe adalah untuk memberikan pelayanan yang ramah agar pengunjung merasa puas, membuka lapangan pekerjaan, hingga sarana pengelolaan modal untuk mencari keuntungan. Biasanya juga, tujuan bisnis cafe akan lebih dari satu.

Di lain sisi, detail produksi adalah detail terkait alat dan bahan untuk pembuatan menu yang dijual di cafe itu beserta dengan harganya. Tujuan dan detail produksi tersebut juga masuk ke dalam contoh proposal bisnis plan cafe yang dibuat untuk diajukan kepada investor.

Cara Membuat Rencana Bisnis Cafe

  1. Lakukan riset data sebelum menyusun rencana bisnis cafe
  2. Tentukan tujuan membuat bisnis cafe
  3. Susun profil perusahaan
  4. Lakukan analisis SWOT dan PEST untuk bisnis cafe
  5. Tentukan lokasi bisnis cafe
  6. Lakukan analisis pangsa pasar dan strategi pemasaran
  7. Lakukan analisis sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan
  8. Cantumkan analisis modal dan keuangan
  9. Masukkan rencana pengembangan bisnis cafe
  10. Pahami risiko yang bisa menghambat bisnis cafe

Tips Membuka Bisnis Cafe

  1. Pilih lokasi cafe yang strategis
  2. Usahakan membeli bahan baku dari grosir
  3. Desain cafe semenarik mungkin
  4. Pertimbangkan pegawai part-time
  5. Rancang dan jalankan strategi marketing
  6. Pastikan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
  7. Gunakan kemasan yang menarik

Demikianlah ulasan soal contoh rencana bisnis cafe yang perlu Anda pahami. Sejatinya, rencana bisnis yang satu ini memang memerlukan banyak hal dan persiapan lainnya.

Baca juga: Influencer Bernard Huang Bangun Bisnis Kafe di Batam, Begini Cara Dia Manfaatkan Peluang

Penting diingat juga, contoh business plan cafe di atas memang masih sebagian dari banyaknya hal yang mesti dipersiapkan.

Jika ingin memperoleh gambaran yang lebih utuh alias komprehensif, Anda bisa melihatnya pada business plan coffee shop Indonesia, termasuk untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai rencana bisnis cafe.

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE