26.1 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

Minyak Goreng Murah Rp11.500 Berlaku Mulai Hari Ini, Bisa Gratis di Indomaret!

JAKARTA, duniafintech.com – Harga minyak goreng murah yang turun menjadi seharga Rp11.500 secara resmi mulai berlaku pada hari ini, Selasa, 1 Februari 2022. Bahkan, di retail seperti Indomaret, masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng bersubsidi ini secara gratis—dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai informasi, harga minyak goreng turun lantaran Kementerian  Perdagangan (Kemendag) telah menerapkan  kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic  Price Obligation (DPO).

Sejalan dengan kebijakan itu, kebijakan satu harga harga minyak goreng Rp14.000/liter pun diketahui resmi berakhir. Adapun Kemendag menerapkan kebijakan DMO dan DPO minyak goreng ini mulai 27 Januari  2022.

Melalui kebijakan DMO dan DPO ini, Menteri Perdagangan M. Lutfi menyatakan bahwa Harga  Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng berlaku baru. HET minyak goreng menyebabkan harga turun dan berlaku mulai 1 Februari 2022 ini, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Harga minyak goreng curah sebesar Rp11.500/liter,
  2. Harga minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp13.500/liter,
  3. Harga minyak goreng kemasan premium sebesar Rp14.000/liter.

Menurut Lutfi, seperti dikutip dari Kontan.co.id, kebijakan DMO dan DPO dapat menurunkan harga minyak goreng sebab mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan  kebijakan minyak goreng satu  harga yang telah berlangsung selama sepekan terakhir.

“Mekanisme kebijakan DMO atau  kewajiban  pasokan  ke  dalam  negeri  berlaku  wajib  untuk seluruh  produsen  minyak  goreng  yang  akan  melakukan  ekspor.  Nantinya,  seluruh  eksportir yang  akan  mengekspor  wajib  memasok  minyak  goreng  ke  dalam  negeri  sebesar  20  persen dari volume ekspor mereka masing-masing,” katanya.

Disampaikannya, kebutuhan minyak goreng nasional pada tahun ini sebesar 5,7 juta kilo liter. Adapun untuk kebutuhan rumah tangga diperkirakan sebesar 3,9 juta kilo liter, terdiri dari 1,2 juta kilo liter kemasan premium, 231 ribu kilo liter kemasan sederhana, dan 2,4 juta kilo liter curah. Di sisi lain, untuk kebutuhan industri sebesar 1,8 juta kilo liter.

“Seiring dengan penerapan  kebijakan DMO, kami menerapkan kebijakan DPO yang ditetapkan sebesar Rp9.300/kg untuk CPO dan Rp10.300/liter untuk olein,” paparnya.

Melalui kebijakan DPO ini, harga minyak goreng pun dapat ditekan turun. Kendati harga minyak goreng bakal kembali turun, imbuhnya, dirinya pun mengingatkan agar masyarakat tidak perlu panic buying.

“Kami  kembali  mengimbau masyarakat untuk tetap bijak dalam membeli dan tidak melakukan panic buying karena pemerintah  menjamin stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau. Selain itu, pemerintah juga akan mengambil langkah-langkah hukum yang sangat tegas bagi para pelaku usaha yang melanggar ketentuan,”  tutupnya.

Minyak goreng gratis

Kendati harganya sudah murah, kini masih ada promo minyak goreng gratis yang dapat diperoleh para konsumen. Misalnya saja dari retail atau minimarket Indomaret yang menawarkan promo minyak goreng atau gula gratis. Melalui promo ini, pelanggan Indomaret berkesempatan untuk membawa pulang 1 liter minyak goreng atau 1 kg gula pasir secara gratis.

Akan tetapi, promo minyak goreng gratis di Indomaret yang berlaku hingga 28 Februari 2022 ini berlaku dengan syarat tertentu. Mengutip akun resmi Instagram Indomaret, @indomaret, inilah syarat promo minyak goreng gratis di Indomaret:

  1. Promo minyak goreng gratis bisa didapatkan konsumen yang belanja dan bertransaksi di Indomaret menggunakan kartu debit BTN.
  2. Promo minyak goreng gratis di Indomaret berlaku dengan ketentuan minimum transaksi sebesar Rp150.000.
  3. Kartu debit BTN yang berlaku untuk program promo minyak goreng gratis di Indomaret adalah kartu debit Reguler, Gold, Platinum, Syariah, dan GPN.
  4. Promo minyak goreng gratis di Indomaret hanya berlaku untuk sekali transaksi per hari.
  5. Promo minyak goreng gratis di Indomaret tidak berlaku untuk kelipatan, penggabungan struk, dan split transaksi.
  6. Promo minyak goreng gratis di Indomaret tidak berlaku untuk transaksi produk digital, rokok, dan susu bayi di bawah 1 tahun.

Jika syarat-syarat di atas terpenuhi, pelanggan Indomaret bakal memperoleh promo minyak goreng gratis di retail tersebut dengan merek Bimoli/Tropical/Sania. Kalau tidak ingin minyak goreng, pelanggan juga dapat memilih promo gula pasir 1 kg dengan merek Indomaret/Gulaku/Rose Brand.

 

 

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU