33 C
Jakarta
Kamis, 21 Oktober, 2021

MMA Beberkan Temuan Strategi Periklanan Digital Indonesia

duniafintech.com – Asosiasi strategi periklanan digital dunia, Mobile Marketing Association (MMA) mempublikasikan laporan perihal ekosistem advertising berbasis mobile di tahun 2019.

Bertajuk mobile ecosystem report 2019, laporan tersebut berisikan potensi periklanan digital Indonesia yang akan tumbuh secara signifikan. Dalam sesi tersebut, dijelaskan bahwa Indonesia akan menjadi negara ke-3 dengan pengguna smartphone terbesar di dunia pada tahun 2025.

Hal tersebut tercermin dalam laporan Global Web Index yang memperlihatkan jumlah akses internet yang tinggi di Indonesia. Tercatat, usia 16 hingga 64 tahun menghabiskan waktu sekitar 4 jam untuk mengakses internet melalui smartphone.

Perilaku warga negara Indonesia yang mempunyai waktu luang untuk sosial media, serta meningkatnya penggunaan smartphone membuat penetrasi mobile advertising dinilai menjanjikan. Hal tersebut menjadi landasan utama MMA dalam melancarkan strategi periklanan berbasis digital di Tanah Air.

Baca juga:

Optimalisasi Strategi Periklanan Digital ala MMA

Selain meningkatnya penggunaan ponsel pintar di Indonesia, faktor lain yang mendukung optimalisasi mobile advertising ialah tumbuhnya ekosistem terpadu dari beberapa platform, seperti e-commerce, pembayaran digital dan platform yang tersedia pada perangkat smartphone.

Konsumsi warga Indonesia secara mobile juga terhitung cukup merata dibandingkan negara lain. Di dalam negeri, penetras internet di wilayah perkotaan hingga pedesaan memiliki rasio yang cukup merata.

Jika meninjau dari transaksi pengguna smartphone di Indonesia, Euromonitor mengklaim kategori bahan pangan menjadi komoditas penyumbang terbanyak dalam transaksi, yakni mencapai 34%. Sementara itu, layanan produk makanan jadi menyusul dengan jumlah 18% serta jasa perjalanan dengan 14%.

Selanjutnya, konsumsi mobile gaming yang tinggi membuat potensi setiap pelaku industri kreatif mampu melakukan penetrasi di segmen tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan data yang dilansir InMobi dengan menyebutkan sebanyak 74% pemain game mobile berusia 20 tahun.

-Fauzan-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Bitcoin Pecah Rekor Sepanjang Masa, Analis Berharap Lewati US$100.000

Reli terbaru Bitcoin ke harga tertinggi sepanjang masa di atas US$66.000 sudah memunculkan gelombang prediksi bullish baru, dengan harga cryptocurrency sudah lebih dari dua...

Komite Senat Australia Buat 12 Rekomendasi untuk Regulasi Crypto

Komite Terpilih Senat Australia sudah menyerahkan laporan terakhirnya tentang tinjauan selama setahun terhadap pendekatan negara ini terhadap peraturan kripto dan blockchain. Seperti dikutip dari...

Bitcoin Lewati Rp932 Juta Setelah Peluncuran ETF di NYSE

Harga Bitcoin (BTC) terus naik. Harga Bitcoin sempat dijual Rp932 juta di marketplace Indodax, Kamis (21 Oktober 2021) dini hari. Hal ini terjadi semenjak...

Keuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

Produk asuransi kesehatan dengan manfaat asuransi rawat inap sangat berperan untuk membebaskan dari kekhawatiran dan kegelisahan terkait kondisi keuangan yang terganggu akibat tidak adanya...

Kasus Pinjaman Online: Contoh dan Cara Melaporkan

Belakangan ini marak terjadi kasus pinjaman online, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online terpercaya, pinjaman online ilegal, kasus pinjaman online tidak dibayar, hingga...
LANGUAGE