32.8 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

MNC Group Luncurkan Layanan Pembayaran Digital Lewat SPIN

duniafintech.com – Produk pembayaran digital di Indonesia selama ini didominasi oleh beberapa perusahaan besar. Sebut saja Go-Pay, OVO dan LinkAja. Melalui entitas anak perusahaannya, PT MNC Teknologi Nusantara (MTN), PT MNC Capital Indonesia Tbk milik Hary Tanoe akhirnya melakukan langkah maju untuk menyaingi ketiga perusahaan yang sudah lebih dulu terjun ke dunia digital payment.

Aplikasi teknologi finansial tersebut dibuat dengan mengintegrasikan produk keuangan yang dimiliki oleh digital MNC dengan Smart Payment Indonesia (SPIN).

Menurut Direktur Utama MTN, Yudi Hamka, mereka sudah memiliki izin operasional dari Bank Indonesia untuk menerbitkan uang elektronik (e-money), menyelenggarakan dompet digital (e-wallet) dan melakukan pengiriman yang secara elektronik (digital remittance).

Baca juga: 

Masyarakat Mulai Beralih ke Pembayaran Online

Pembayaran dengan cara cashless atau non tunai semakin berkembang beberapa tahun ke belakangan. Hal ini secara umum juga membuat banyak perusahaan berinovasi dengan menciptakan metode pembayaran digital untuk mempermudah transaksi. Saat ini, SPIN sedang dalam proses untuk melakukan interkoneksi antara penyelenggara lewat sertifikasi QR Indonesia Standar atau QRIS.

Sebagai langkah awal operasionalnya, SPIN akan terlebih dulu melayani pembayaran dalam ruang lingkup MNC Group seperti untuk berlangganan televisi berbayar MNC Vision, MNC Play dan OTT platform untuk MNC Now.

Tidak hanya itu, SPIN juga dapat digunakan untuk melakukan pembelanjaan di e-commerce termasuk untuk membeli tiket perjalanan di perusahaan travel milik MNC Group. Untuk kebutuhan umum, beberapa layanan yang bisa digunakan antara lain adalah pengisian pulsa kartu pra bayar, pembayaran tagihan listrik hingga air.

Lewat layanan e-wallet yang disediakan, SPIN memungkinkan para penggunanya melakukan pembayaran kartu kredit melalui aplikasi. Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan dana antar pengguna dengan menggunakan rekening bank lain hingga nomor ponsel saja.

Langkah MNC Group untuk menciptakan layanan pembayaran digital sendiri ini tentu akan semakin meramaikan industri fintech tanah air. Bagaimana perkembangan ke depan serta persaingan SPIN dengan layanan pembayaran digital yang sudah lebih dulu ada, kita masih perlu menunggu.

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat OCBC NISP 2022: ATM & Mobile Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat OCBC NISP sejatinya hampir mirip kok dengan cara isi saldo OVO lewat sejumlah bank lainnya. Saat ini,...

Cara Menghubungkan Akulaku ke Bukalapak, Banyak Manfaatnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghubungkan Akulaku ke Bukalapak berikut ini perlu diketahui karena akan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Nah, sebagai pelanggan Akulaku, barangkali kamu...

Fantastis! Hingga Juni 2022, Sudah 9,5 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Hingga Juni 2022, sudah 9,5 juta UMKM masuk ekosistem digital. Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan sebanyak 19,5 juta pelaku...

Jangan Salah Kira, Inilah Perbedaan Bitcoin dan Stablecoin

JAKARTA, duniafintech.com - Perbedaan Bitcoin dan Stablecoin sangat mencolok. Data dari Coinmarketcap menunjukkan ada sekitar 20 ribu kripto yang tercatat.  Dari sekian banyak kripto di...

Lindung Konsumen, AFPI Percepat Sertifikasi Tenaga Penagihan

JAKARTA, duniafintech.com – Untuk meningkatkan perlindungan konsumen, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) percepat program pelatihan dan sertifikasi bagi para tenaga penagihan sehingga di...
LANGUAGE