32.1 C
Jakarta
Jumat, 2 Desember, 2022

NONGSA DIGITAL PARK SIAP JADI WADAH STARTUP DI INDONESIA

duniafintech.com – Jika kita mengenal Silicon Valley sebagai tempat berkumpulnya startup di Amerika Serikat, maka Indonesia menyiapkan pula wadah para startup tanah air yang bernama Nongsa Digital Park (NDP), yang berada di Kota Batam.

Di sini bisa menjadi tempat yang sempurna para pegiat ekonomi digital mengembangkan bisnis dan mencari investor untuk teknologi yang dikembangkan,” kata Mohamad Nasir, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Dikutip dari laman Ristekdikti, Di dalam kawasan NDP terdapat studio besar sekelas Hollywood untuk pembuatan film dan animasi 3D. Menurut Nasir kawasan ini bisa menjadi laboratorium mahasiswa untuk melakukan praktik langsung di lapangan, terutama untuk mahasiswa yang meminati bidang animasi dan perfilman.

Dengan ada kawasan seperti ini tentu akan mendukung industri kreatif Indonesia. Nah, SDM yang membuat studio film dan animasi level dunia seperti ini bisa didapat dari Politeknik Negeri Batam. Buktinya lulusan Politeknik Negeri Batam banyak yang sudah bekerja di sini. Saling berkolaborasi,” tambahnya.

Kawasan NDP dikembangkan oleh anak perusahaan PT Taman Resor Internet, yaitu Citramas Group. Luas kawasan ini sekitar 50 Ha, lokasinya strategis karena berbatasan dengan negara lain, misalnya Singapura. Tahap pertama perencanaan pembangunan akan dibangun sepuluh kantor digital.

Kami memilih wilayah Nongsa karena dekat dengan bandara dan pelabuhan internasional sehingga para pekerja digital itu akan punya akses tak terbatas,” kata Marco Bardelli, Direktur NDP.

Dukungan pemerintah pun mengalir, misalnya dalam mengeluarkan kebijakan masuknya investasi asing sehingga bisa memungkinkan untuk menjadi penanam modal atau investor untuk para startup.

Pembangunan Nongsa Digital Park sejalan dengan program kami untuk mewujudkan ‘Indonesia: The Digital Energy of Asia’ sehingga patut untuk diberikan dukungan. Hadirnya startup di Nongsa Digital Park juga akan mempermudah untuk menggandeng pemilik modal. Mereka tidak perlu mencari-cari ke berbagai wilayah Indonesia namun cukup ke Batam,” Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dengan adanya NDP, para pelaku usaha rintisan digital, tak akan lagi kesulitan mengembangkan usahanya. Mereka dapat berfokus meningkatkan dan mengembangkan usaha sehingga perekonomian Indonesia lebih baik lagi dan tentunya program pemerintah yaitu 1000 startup digital bisa terwujud.

Kami punya program mewujudkan 1000 startup di Indonesia dengan tujuan menjaring anak muda yang memiliki ide brilian dan kreatif, kami berikan bantuan berupa pelatihan, workshop, sampai mengeksekusi program, serta menyiapkan inkubator untuk menggandeng pemilik modal.” Tambah Semmy.

Source :

  • viva.co.id
  • kompas.com
  • republika.co.id

Written by : Fenni Wardhiati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Kripto Hari Ini: Sepanjang 2022, Penipuan Kripto di Inggris Mencapai Rp4,1 T

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait penipuan cryptocurrency di Inggris sepanjang 2022 menurut data Action Fraud.  Berdasarkan data dari unit polisi Inggris itu,...

Berita Bitcoin Hari Ini: Lagi Loyo! Cek Harga Bitcoin Cs di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (2/12). Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau...

Berita Fintech Indonesia: Open Finance akan Jadi Masa Depan Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini mengulas soal open finance dan masa depan financial technology (fintech). Seperti diketahui, transformasi digital yang berjalan kian...

Cek Resi Standard Express Shopee dari Korea, Begini Caranya

JAKARTA, duniafintech.com – Cek resi Standard Express Shopee dari Korea sangat penting diketahui dan dipahami oleh para pengguna Shopee. Sebagai informasi, Standard Express merupakan layanan...

Cara Investasi Emas di Shopee Plus Kelebihan & Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas di Shopee bisa menjadi salah satu investasi jangka panjang yang mudah, praktis, dan aman. Saat ini di Shopee memang...
LANGUAGE