26.3 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Sediakan Rp8,36 Triliun, Northstar Grup Bidik Investasi ke Perusahaan-perusahaan Mapan

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan private equity terdepan Northstar Group mengumumkan penutupan penggalangan dana Northstar Equity Partners V Limited (Northstar V) dengan komitmen modal sebesar US$590 juta atau Rp8,36 triliun.

Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group Patrick Walujo mengatakan, Northstar V akan melanjutkan strategi Northstar Group dalam berinvestasi pada mature growth companies atau perusahaan-perusahaan yang telah mapan.

Dia menjelaskan, investasi tersebut akan disalurkan kepada perusahaan-perusahaan tahap awal, yang terfokus di Indonesia dan pada skala yang lebih kecil di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

“Investasi inti Northstar V akan berfokus pada pendorong utama pertumbuhan di Asia Tenggara termasuk sektor konsumsi, layanan keuangan, ekonomi digital, dan pemulihan dari pandemi Covid-19,” katanya dalam keterangannya, Jumat (24/12).

Patrick mengungkapkan, portofolio Northstar V yang telah dilakukan adalah investasi di Greenfields Dairy, Advance Intelligence Group, dan Ula.

Northstar Group saat ini juga tengah menganalisa sejumlah peluang investasi menarik untuk Northstar V yang akan ditutup pada paruh pertama tahun 2022.

“Selama dua tahun terakhir, kita semua telah melihat volatilitas, ketidakpastian, dan kompleksitas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, Asia Tenggara dan, khususnya, Indonesia terus menghadirkan peluang investasi jangka menengah hingga panjang yang menarik,” ucapnya.

Lebih jauh dia menuturkan, pulihnya pasar dari pandemi Covid-19, kondisi demografi yang menguntungkan, peningkatan kekayaan dan konsumsi masyarakat, tingkat pendidikan yang lebih tinggi, serta digitalisasi yang terus berlanjut akan mendorong yang lebih baik di kawasan.

Hal senada juga disampaikan oleh Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group Glenn Sugita. Menurutnya, kesuksesan penggalangan dana dari flagship fund kelima ini merupakan bukti bahwa kekuatan tim dan kualitas perusahaan portofolionya.

Lebih-lebih penggalangan dana tersebut dilakukan di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

“Kami berharap dapat membangun kemitraan dengan lebih banyak pengusaha di Asia Tenggara untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka melalui kontribusi modal dan keahlian kami,” tuturnya.

Adapun, Northstar V menerima dukungan kuat dari berbagai investor global, termasuk dana kekayaan negara, perusahaan asuransi, investor institusi, kantor keluarga, dan individu dengan high net worth.

Dengan penutupan Northstar V, Northstar Group saat ini mengelola portfolio dengan total lebih dari US$2,5 miliar. Selain itu, pimpinan Northstar Grup Patrick Walujo juga diketahui merupakan salah satu pemilik saham perusahaan raksasa digital GoTo.

Penulis: Nanda Aria

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU