27.1 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Manfaat Blockchain Pada Pasar Komoditas Fisik Global

duniafintech.com – Awalnya dikembangkan sebagai metode akuntansi untuk mata uang virtual Bitcoin, Blockchain, yang menggunakan teknologi ledger terdistribusi (DLT) – muncul dalam berbagai aplikasi komersial saat ini. Lantas, apakah manfaat Blockchain terhadap pasar komoditas fisik global?

Saat ini, teknologi Blockchain terutama digunakan untuk memverifikasi transaksi, dalam mata uang digital meskipun dimungkinkan untuk mendigitalkan, memasukkan kode dan memasukkan hampir semua dokumen ke dalam Blockchain.

Bagaimana Blockchain Bermanfaat Terhadap Pasar Komoditas Fisik Global

Menggunakan teknologi ini menciptakan rekaman yang tak terhapuskan yang tidak dapat diubah; Selanjutnya, keaslian rekaman dapat diverifikasi oleh seluruh masyarakat dengan menggunakan Blockchain alih-alih satu otoritas terpusat. Blockchain mulai menunjukkan potensi untuk mentransformasikan sektor lain dari pasar komoditas fisik secara global.

Baca juga

Meskipun tidak meningkatkan harga komoditas, inovasi tersebut dapat menawarkan sarana pertukaran bahan baku yang aman, membuka saluran perdagangan antara pembeli dan penjual yang sampai saat ini dianggap sebagai risiko kredit, dan memberikan transparansi dan likuiditas yang lebih tinggi kepada sebuah pasar yang telah perlahan kehilangan dukungan dari lembaga keuangan konvensional.

Sebelum ada Blockchain, semua transaksi dicatat dalam buku besar akuntansi dan akhirnya sebagai entri dalam spreadsheet atau database yang tersimpan dalam sistem komputer. Ini bisa berisiko karena tidak selalu aman. Data bisa kedaluwarsa, dirusak atau dihapus. Buku besar terdistribusi digital mampu mengatasi masalah ini. Alih-alih menyimpan data pada server atau database, ada blok pada beberapa komputer dan jaringan di lokasi yang berbeda. Jika terjadi perubahan dalam rantai, maka akan segera secara simultan muncul dalam setiap salinannya.

Baca juga

Keuntungannya adalah duplikasi buku besar terdistribusi digital menyediakan mekanisme keamanan. Bukti kriptografi mengunci rantai pesanan transaksi selama-lamanya, sehingga menghilangkan perselisihan mengenai urutan kejadian. Blockchain diverifikasi dan divalidasi oleh tingkat visibilitas yang tinggi dari setiap transaksi, memastikan konsensus. Tanpa otoritas tunggal dan sentral, setiap orang dalam rantai adalah manajer dengan hak yang sama.

Apa Pengaruh Blockchain pada Pasar Komoditas Fisik Global?

Pasar komoditas fisik seringkali lamban dalam hal inovasi dan teknologi mutakhir. Komoditi fisik biasanya mampu menghindari banyak pengawasan ketat pasar keuangan karena banyaknya area geografis yang tidak diatur di mana produk tersebut diproduksi, disimpan dan dikirim.

Pedagang komoditi tahu bahwa pengapalan logam yang khas tidak hanya dari pedagang ke peleburan atau pemurni ke pembeli; melainkan bisa melibatkan kapal, kereta api, gudang, dan pabrik di sepanjang jalan. Dan bahkan ketika pengiriman itu masuk ke kapal tongkang atau kapal selama satu bulan atau di pabrik selama setahun, kepemilikannya dapat berubah beberapa kali. Hal yang sama berlaku untuk barel minyak atau biji kopi.

Blockchain bisa membantu pedagang komoditas melampaui hambatan pasar konvensional. Ini juga memastikan penyelesaian yang tepat waktu, mempercepat alokasi modal dan memberikan bukti agunan.

Penggunaannya oleh pasar emas membuka jalan bagi peningkatan transparansi komoditas fisik. Itu seharusnya merupakan awal dari adopsi teknologi ledger yang lebih luas yang akan mengubah sektor komoditas, termasuk logam mulia dan industri lainnya, energi 1,5%, biji-bijian, dan komoditas lainnya.

Baca juga

-Dita Safitri-

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi Indonesia Terdaftar BEI, Ini Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentunya dapat menjadi pilihan untuk investasi. Di samping memiliki produknya, kamu pun...

Cara Bayar Kredivo Lewat Alfamart, Ini Panduan Mudahnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Kredivo lewat Alfamart sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kredivo sendiri menjadi salah satu layanan kredit online...

Daftar Fintech Berizin OJK Jadi 102, Ini Rinciannya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar fintech berizin kembali dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 April 2022 lalu. Dalam catatan OJK, total jumlah penyelenggara fintech...

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya gampang sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya populer sebagai...

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Harga Bitcoin Saat Ini Masih Wajar

JAKARTA, duniafintech.com - Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal....
LANGUAGE