27.1 C
Jakarta
Rabu, 28 September, 2022

DOMPET DHUAFA, LEMBAGA NIRLABA YANG TELAH MERAMBAH KE BERBAGAI NEGARA

duniafintech.com – Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf).  Berdiri sejak lebih dari dua dekade silam, jejaring Dompet Dhuafa telah menjangkau lingkup internasional.

Berdirinya Dompet Dhuafa sudah dirintis sejak April 1993. Kala itu, surat kabar Republika menyelenggarakan promosi untuk surat kabar yang baru terbit tiga bulan itu di stadion Kridosono, Yogyakarta. Di sela rangkaian pembukaan, terbersit keinginan untuk membangun wadah yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Singkat cerita, pada 4 September 1994, Yayasan Dompet Dhuafa Republika (sering disingkat DD) didirikan. Lalu, pada 10 Oktober 2001, Dompet Dhuafa Republika dikukuhkan untuk pertama kalinya oleh pemerintah sebagai Lembaga Zakat Nasional (Lembaga Amil Zakat) oleh Departemen Agama RI.

Profesionalitas Dompet Dhuafa kian terasah seiring meluasnya program kepedulian dari yang semula hanya bersifat lokal menjadi nasional, bahkan internasional. Kantor cabang Dompet Dhuafa di luar negeri di antaranya berada di Hongkong dan Jepang.

Tidak hanya berkhidmat pada bantuan dana bagi kalangan tak berpunya dalam bentuk tunai, Dompet Dhuafa juga mengembangkan bentuk program yang lebih luas seperti bantuan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan bantuan bencana.

Di bidang kesehatan, Dompet Dhuafa mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik (penerima zakat) dengan sistem yang mudah dan terintegrasi dengan sangat baik.

Pada tahun 2001, misalnya, Dompet Dhuafa mendirikan Balai Pengobatan yang  memberikan akses layanan kesehatan yang layak dan optimal secara tidak berbayar bagi kaum dhuafa. Layanan Balai Pengobatan ini dinamakan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC-DD) yang memberikan pelayanan kesehatan tingkat dasar. Dalam perkembangannya, LKC-DD harus melayani pasien-pasien dhuafa yang membutuhkan pelayanan spesialistik, rawat inap, dan juga tindakan operatif. Maka, Dompet Dhuafa melalui Yayasan Rumah Sehat Terpadu mendirikan pelayanan kesehatan tingkat rujukan yang akan memberikan pelayanan kesehatan tingkat rujukan sekelas rumah sakit. Layanan ini dinamakan RS Rumah Sehat Terpadu –  Dompet Dhuafa yang telah diresmikan pada tanggal 4 Juli 2012.

Baca juga: duniafintech.com/midtrans-payment-gateway-e-commerce/

Di bidang pendidikan, Dompet Dhuafa membantu mewujudkannya dengan memberikan program pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak Indonesia yang tidak mampu. Selain itu, Dompet Dhuafa merangkul masyarakat di seluruh daerah dengan berbagai program pemberdayaan agar terciptanya entrepreneur dan lapangan kerja baru.

Tak lupa, Dompet Dhuafa, bersama dengan para relawan, membantu masyarakat yang tertimpa musibah dan tidak tahu arah. Salah satunya tatkala akhir November lalu Gunung Agung erupsi. Dompet Dhuafa menyalurkan donasi kepada para pengungsi. Setidaknya, ada 22 desa dengan perkiraan jumlah penduduk di radius berbahaya sekitar 90 ribu hingga 100 ribu jiwa yang harus mengungsi karena tinggal di kawasan rawan bencana.

Baca juga: duniafintech.com/startup-fintech-singx-rilis-remittance-online-murah-dan-cepat/

Secara lebih khusus, Dompet Dhuafa membentuk Disaster Management Center (DMC). Ini merupakan jejaring dari Dompet Dhuafa yang menjadi garda terdepan dalam pengelolaan kebencanaan, baik dalam maupun luar negeri. Telah beraktifitas sejak tahun 1994, DMC Dompet Dhuafa secara resmi berdiri pada 25 Maret 2010 dengan tugas pokok pengelolaan kebencanaan pada masa sebelum terjadi bencana (pra bencana) melalui kampanye pengurangan resiko bencana, saat terjadi bencana (tanggap darurat) dengan respon bencana dan setelah terjadi bencana (pasca bencana) dengan pemulihan.

Di samping relawan, Dompet Dhuafa juga membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk berdonasi. Dengan track record yang cukup panjang, Dompet Dhuafa mengedepankan transparansi dan akuntabilitas penyaluran donasi yang terkumpul disertai audit yang ketat.

Baca juga: duniafintech.com/bareksa-marketplace-cara-reksa-dana-online-terpercaya-di-indonesia/

Source: dompetdhuafa.org

 Written by: Sebastian Atmodjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indodax Trading Fest Oktober 2022 Berhadiah Ratusan Juta, Komitmen Indodax Demi Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com – Indodax, platform kripto terbesar di Indonesia dengan 5,5 juta member terdaftar kembali menggelar Indodax trading fest Oktober 2022 secara rutin.  Pelaksanaan lomba atau...

Sri Mulyani Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa, tertinggi se-Asia Tenggara. Hal itu tercermin sejak...

Erick Keluhkan Generasi Saat Ini Tidak Mau Jadi Petani

JAKARTA, duniafintehch.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai generasi muda saat ini enggan menjadi Petani lantaran tidak memiliki jaminan masa...

Pertamina Bantah Tudingan Produk Pertalite Bikin Boros

JAKARTA, duniafintech.com - Pertamina buka suara terkait beberapa hari ini viral mengenai keluh kesah konsumen pengendara yang menggunakan Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite. Para...

Cara Cicil iPhone di iBox, Bisa Pakai Shopee Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cicil iPhone di iBox dengan kartu kredit hingga Shopee berikut ini penting banget lho untuk diketahui. Pasalnya, hingga detik ini, iPhone...
LANGUAGE