31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Pasar Uang dalam Dunia Investasi

JAKARTA, duniafintech.com – Pasar uang adalah salah satu sistem keuangan yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah sistem perekonomian modern. Di dalamnya terdapat banyak aktivitas perekonomian yang dilakukan. Simak selengkapnya mengenai pengertian, tujuan, dan jenis-jenisnya melalui artikel berikut ini.

Pengertian Pasar Uang

Pasar uang atau Money Market adalah sebuah wadah pertukaran uang  yang terorganisasi, di mana pesertanya bisa meminjam maupun meminjamkan sejumlah uang dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Keberadaan money market ini bisa sangat menguntungkan bagi perusahaan kecil maupun perusahaan besar, termasuk bank dan juga pemerintah.

Selain sangat menguntungkan bagi pemerintah, money market juga bisa menguntungkan untuk investor perorangan atau individu. Beberapa alasannya adalah karena instrumen investasi money market bisa dimulai dari jumlah yang kecil, dan juga likuiditas yang cenderung cair, serta platformnya yang dapat ditemukan di mana saja.

Tujuan Pasar Uang

Secara umum, tujuannya adalah untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan perekonomian. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tiga tujuan money market. 

1. Memfasilitasi Investasi

Adanya hal ini, maka dapat memberikan kesempatan pada bank komersial untuk menggunakan cadangan dana yang dimiliki untuk berinvestasi pada berbagai produk keuangan jangka pendek, contohnya adalah pertukaran valuta asing. Kelebihan money market ini adalah instrumen investasi jenis ini relatif likuid dan mudah dikonversi menjadi uang cash.

2. Memfasilitasi Perdagangan

Money market memegang peranan penting untuk dapat membiayai perdagangan di tingkat domestik dan internasional, baik dari segi pertukaran maupun perdagangan mata uang asing.

3. Memfasilitasi Pertumbuhan Industri

Tujuannya yang terakhir adalah money market juga sangat berkontribusi dalam pertumbuhan industri dengan cara mewadahi pinjaman jangka pendek guna mendapatkan modal usaha. Adapun caranya adalah melalui surat berharga dan berbagai cara lainnya.

Pelaku Pasar Uang

Adapun pelakunya adalah sebagai berikut:

1. Pemerintah

Pemerintah juga bisa menjadi salah satu pelakunya, tapi itu tergantung dari kebijakan masing-masing negara. Contoh money market dengan pelaku pemerintah misalnya adalah negara Amerika Serikat, yakni pemerintah akan menerbitkan surat berharga yang diperdagangkan di pasar uang. Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah agar mereka bisa memenuhi kebutuhan finansial pemerintahan dan warganya.

2. Investor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hal ini bukan hanya dapat dimiliki oleh perusahaan besar, bank, dan pemerintah saja. Melainkan, individu juga bisa berpartisipasi dalam money market. Dalam hal ini, maka investor individual bisa memilih instrumen investasi jangka pendek di money market dan memperoleh keuntungan sesuai dengan jenis instrumen investasinya.

3. Institusi Keuangan

Salah satu contoh institusi finansial yang berpartisipasi dalam money market adalah bank yang akan meminjamkan sejumlah dana kepada bank lain maupun ke perusahaan besar yang membutuhkan dana.

Jenis-Jenis Pasar Uang

Diketahui bahwa terdapat 5 jenis money market dan contohnya, berikut ini adalah kelima jenis tersebut.

1. Money Market Account (MMA)

MMA atau Money Market Account adalah salah satu jenis rekening tabungan, yang mana periode penempatan dananya bervariasi antara mulai dari satu hari hingga satu tahun.

2. Eurodollar

Eurodollar adalah deposito yang akan disimpan dalam bentuk mata uang dolar yang nantinya akan disimpan di bank selain bank Amerika Serikat.

3. Surat Berharga Komersial

Surat berharga komersial atau biasa juga disebut sebagai Commercial Paper dan digunakan untuk membeli maupun menjual pinjaman tanpa jaminan. Pinjaman ini ditujukan untuk sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan bantuan dana jangka pendek.

4. Reksa Dana Pasar Uang

Hal ini merupakan salah satu jenis reksa dana yang berfokus pada berbagai produk money market dengan waktu jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Kelebihan dalam berinvestasi pada reksa dana jenis ini adalah bisa dimulai dari modal relatif kecil dan lebih minim risiko dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya.

5. Bankers Acceptance (BA)

BA merupakan salah satu jenis pinjaman jangka pendek yang banyak digunakan trade pada perdagangan asing. Pada dasarnya, Banker’s Acceptance adalah semacam jaminan bagi importir untuk membayarkan sejumlah produk yang diperdagangkan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...
LANGUAGE