29 C
Jakarta
Senin, 26 Februari, 2024

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis.

Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan bank serta penjual dalam sebuah transaksi online. Metode pembayarannya dapat berupa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet, dan gerai minimarket.

Di samping itu, layanan finansial yang satu ini pun memungkinkan para pebisnis untuk menyediakan metode pembayaran yang beragam di toko online mereka.

Baca juga: Payment Gateway Terbaik: Tips Memilih dan Rekomendasinya

Cara Kerja Payment Gateway

Adapun cara kerja dari layanan pembayaran yang satu ini sebenarnya sangat sederhana, yakni:

  1. Konsumen bertransaksi di toko online kamu, mulai dari memilih produk, menentukan metode pembayaran, hingga melakukan proses checkout.
  2. Toko online akan mengirimkan data pembelian dari konsumen itu ke penyedia gerbang pembayaran. Setelah konsumen melakukan pembayaran, transaksi ini akan dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan yang terkait. 
  3. Bank atau institusi keuangan tersebut akan memproses transaksi. Bisa saja sebuah transaksi ditolak jika ada kesalahan pembayaran atau ada data yang keliru.
  4. Penyedia gerbang pembayaran akan mengirimkan pesan kepada toko online mengenai berhasil atau tidaknya transaksi.
  5. Institusi keuangan menerima pembayaran dari transaksi konsumen dan meneruskan pembayaran itu kepada toko online.

Menariknya, sekalipun telah melewati sejumlah langkah, proses di atas sebetulnya hanya berlangsung dalam hitungan detik.

Daftar Payment Gateway Gratis Terbaik

DOKU

Aplikasi yang satu ini menjadi penyedia jasa jual-beli online yang pertama di Indonesia. DOKU saat ini telah bekerja sama dengan lebih dari 150 ribu merchant melalui berbagai metode pembayaran.

Mereka memberikan pilihan bagi kamu dalam melakukan transaksi pembayaran melalui internet banking, DOKU e-wallet maupun mini market. DOKU juga sudah terkoneksi dengan berbagai bank dan dilengkapi berbagai fitur pencarian transaksi menggunakan berbagai jenis mata uang asing.

DOKU bisa langsung diunduh secara gratis melalui smartphone tanpa perlu membayarkan biaya bulanan. Sedangkan setiap transaksi yang dilakukan menggunakan aplikasi pembayaran ini tetap akan diberlakukan fee.

payment gateway

iPay88

Ini adalah gerbang pembayaran yang memang sudah sangat populer di Asia sebab menyediakan 4 layanan serta 7 produk utama yang bisa disesuaikan dengan ukuran bisnis maupun kebutuhan.

Jenis gerbang pembayaran ini juga menerima pembayaran secara online melalui kartu kredit maupun debit, transfer antar bank, online banking, e-wallet, QR Payment, kredit online serta penarikan uang melalui konter.

Baca juga: Payment Gateway Indonesia: Cara Kerja hingga Rekomendasinya

iPaymu — Payment Gateway 

iPaymu hadir dengan menyediakan beragam fitur pembayaran hingga setoran tunai bagi penggunanya, sehingga akan lebih memudahkan bagi para penjual maupun para pembeli dalam menggunakan aplikasi ini.

Di samping itu, iPaymu juga punya lebih dari 80 ribu merchant yang sudah bergabung bersama dengan 26 channel pembayaran yang dapat membantu transaksi bisnis kamu melalui iPaymu.

Midtrans

Pada mulanya, aplikasi ini bernama Veritrans Indonesia dan berganti nama menjadi Midtrans, jenis gerbang pembayaran ini berfokus pada pengembangan bisnis online melalui integrasi yang mudah dengan satu dashboard.

Midtrans saat ini juga sudah dilengkapi dengan 20 metode pembayaran serta sistem anti fraud untuk menjamin keamanan transaksi antara penjual dan pembeli.

WinPay — Payment Gateway

WinPay adalah sebuah perusahaan yang sudah memiliki lisensi resmi dari BI (Bank Indonesia) pada tahun 2018 lalu. Perusahaan satu ini juga telah dipercaya oleh ribuan toko online maupun merchant.

Winpay memang masih tergolong baru sebagai gerbang pembayaran untuk bisnis online, akan tetapi fitur yang disediakan oleh aplikasi ini terbilang sangat lengkap sehingga dapat menunjang kelancaran transaksi pembayaran.

Truemoney

Adapun Truemoney sudah berdiri sejak tahun 2007 di Thailand, kemudian pada tahun 2015 barulah hadir di Indonesia. Jenis gerbang pembayaran ini mempunyai produk serta layanan pengiriman tanpa harus memakai nomor rekening bank.

Di samping itu, Truemoney pun melayani pembayaran tagihan maupun cicilan hingga pembelian voucher elektronik.

Finpay — Payment Gateway

Finpay baru didirikan di Indonesia pada tahun 2006 dan merupakan produk dari PT. Telekomunikasi Indonesia. Saat ini, Finpay sudah menyediakan berbagai fitur yang lengkap untuk memudahkan transaksi penggunanya.

Memasuki tahun 2018, Finpay juga sudah menjalin kerja sama dengan lebih dari 90 bank, 100 ribu outlet, 122 biller serta 800 online merchant. Oleh sebab itu, Finpay juga sangat cocok dijadikan gerbang pembayaran untuk bisnis online kamu.

Sekian ulasan tentang payment gateway yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Payment Gateway Gratis, Inilah Daftar Rekomendasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE