28.9 C
Jakarta
Kamis, 11 Agustus, 2022

7 Payment Gateway Gratis Terbaik untuk Bisnis Online

JAKARTA, duniafintech.com – Payment Gateway untuk bisnis online saat ini semakin bervariasi dan semakin banyak penggunanya. Mengingat internet yang kini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan jangkauannya pun juga semakin luas. Hal tersebut ternyata telah membawa dampak yang sangat bagus bagi para pelaku bisnis terutama yang bergerak dalam bidang penjualan produk.

Umumnya, para pelaku bisnis tersebut hanya menjual produknya secara offline, akan tetapi kini sebagian besar sudah banyak yang beralih menggunakan sistem online. Sebab bisnis online memang dianggap memiliki jangkauan yang lebih luas. Bisnis online juga tidak harus membutuhkan modal yang besar sehingga siapapun bisa memulainya dengan bermodalkan internet maupun gadget.

Lantas, apa hubungan bisnis online dengan payment gateway? Payment atau pembayaran tentunya harus berubah seiring dengan mengikuti cara beli yang dilakukan secara online. Oleh karena itu, pembeli tidak lagi membayarkan uang dengan cara cash melainkan melalui aplikasi, baik itu dari bank maupun akun virtual. Mari cari tahu lebih lanjut cara pembayaran masa kini yang semakin mudah dan praktis ini.

Sistem Pembayaran Digital untuk Bisnis Online

Untuk memulai bisnis online, maka Anda bisa memilih jenis produk yang ingin dijual terlebih dahulu. Kemudian, buatlah website berbentuk toko online agar lebih memudahkan calon konsumen untuk menemukan produk tersebut. Bagi para pemula dalam menjalankan bisnis online, maka yang sering menjadi sebuah masalah adalah metode pembayaran. Terutama bagi Anda yang hanya memiliki 1 akun bank saja.

Hal tersebut tentu akan membuat pembeli menjadi enggan untuk membayar biaya tambahan untuk transfer pembayaran dari bank yang berbeda. Bahkan, selain pembayaran, proses pendataan pun juga cukup merepotkan. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, maka saat ini hadirlah Payment Gateway gratis yang dapat membantu para pelaku bisnis online agar dapat lebih memudahkan calon pembeli dalam melakukan transaksi untuk toko onlinenya.

Payment Gateway untuk bisnis online tentu dapat memberikan kemudahan serta jaminan kepercayaan untuk sistem pembayaran online. Para pembeli juga tidak perlu khawatir saat harus membayar pembelian barang secara online, sebab melalui sistem payment tersebut tidak akan ada lagi biaya tambahan meski terkendala bank yang berbeda.

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Sebagai upaya dalam mendukung program perkembangan e-commerce maupun bisnis online, maka saat ini semakin banyaknya payment gateway di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa daftar payment gateway di Indonesia yang terbaik dan murah untuk bisnis atau website Anda.

  1. DOKU

Aplikasi payment gateway untuk bisnis online satu ini adalah salah satu penyedia jasa jual-beli online yang pertama di Indonesia. Saat ini, DOKU sudah menjalin kerjasama dengan lebih dari 150 ribu merchant melalui berbagai metode pembayaran. DOKU memberikan pilihan untuk Anda dalam melakukan transaksi pembayaran melalui internet banking, DOKU e-wallet maupun mini market. DOKU juga sudah terkoneksi dengan berbagai bank dan dilengkapi berbagai fitur pencarian transaksi menggunakan berbagai jenis mata uang asing.

DOKU bisa langsung diunduh secara gratis melalui smartphone tanpa perlu membayarkan biaya bulanan. Sedangkan setiap transaksi yang dilakukan menggunakan aplikasi pembayaran ini tetap akan diberlakukan fee. DOKU sudah berpengalaman selama 12 tahun lebih dan terus berupaya menjaga keamanan sekaligus kenyamanan dalam bertransaksi.

  1. iPay88

iPay88 merupakan payment gateway yang memang sudah sangat populer di Asia, karena menyediakan 4 layanan serta 7 produk utama yang bisa disesuaikan dengan ukuran bisnis maupun kebutuhan. Jenis payment gateway ini juga menerima pembayaran secara online melalui kartu kredit maupun debit, transfer antar bank, online banking, e-wallet, QR Payment, kredit online serta penarikan uang melalui konter.

  1. iPaymu

iPaymu hadir dengan menyediakan beragam fitur pembayaran hingga setoran tunai bagi penggunanya, sehingga akan lebih memudahkan bagi para penjual maupun para pembeli dalam menggunakan aplikasi ini. iPaymu juga memiliki lebih dari 80 ribu merchant yang sudah bergabung bersama dengan 26 channel pembayaran yang dapat membantu transaksi bisnis Anda melalui iPaymu.

  1. Midtrans

Awalnya aplikasi ini bernama Veritrans Indonesia dan berganti nama menjadi Midtrans, jenis payment gateway ini berfokus pada pengembangan bisnis online melalui integrasi yang mudah dengan satu dashboard. Saat ini Midtrans Payment Gateway juga sudah dilengkapi dengan 20 metode pembayaran serta sistem anti fraud untuk menjamin keamanan transaksi antara penjual dan pembeli.

  1. WinPay

WinPay merupakan sebuah perusahaan yang sudah memiliki lisensi resmi dari BI (Bank Indonesia) pada tahun 2018 lalu. Perusahaan satu ini juga telah dipercaya oleh ribuan toko online maupun merchant. Winpay memang masih tergolong baru sebagai payment gateway untuk bisnis online, akan tetapi fitur yang disediakan oleh aplikasi ini terbilang sangat lengkap sehingga dapat menunjang kelancaran transaksi pembayaran.

  1. Truemoney

Truemoney sudah berdiri sejak tahun 2007 di Thailand, kemudian pada tahun 2015 barulah hadir di Indonesia. Jenis payment gateway ini mempunyai produk serta layanan pengiriman tanpa harus memakai nomor rekening bank. Selain itu, Truemoney juga melayani pembayaran tagihan maupun cicilan hingga pembelian voucher elektronik.

  1. Finpay

Finpay baru didirikan di Indonesia pada tahun 2006 dan merupakan produk dari PT. Telekomunikasi Indonesia. Saat ini, Finpay sudah menyediakan berbagai fitur yang lengkap untuk memudahkan transaksi penggunanya. Ketika memasuki tahun 2018, Finpay juga sudah menjalin kerja sama dengan lebih dari 90 bank, 100 ribu outlet, 122 biller serta 800 online merchant. Maka itu, finpay juga sangat cocok dijadikan payment gateway untuk bisnis online Anda.

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Buka Tabungan BCA Dollar Terbaru dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka Tabungan BCA Dollar berikut ini penting diketahui jika kamu memang tertarik dengan jenis tabungan yang satu ini. Sebagaimana diketahui, BCA...

OJK Keluarkan 671 Sanksi Kepada Pelaku Pasar Modal

JAKARTA, duniafintech.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan sebanyak 671 surat sanksi, serta selain itu, OJK juga menerbitkan 12...

OJK Akui Minimnya Pengetahuan Perempuan Soal Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat jarak tingkat literasi keuangan digital antara perempuan dan laki-laki. Perempuan merupakan sektor yang membutuhkan perhatian...

Mendag Harapkan Harga Mie Instan Tidak Naik

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Zaini, mengharapkan kenaikan harga gandum tidak membuat harga mie ataupun mie instan menjadi naik. Hal itu disebabkan...

Malacca Trust Insurance: Profil Lengkap hingga Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Malacca Trust Insurance merupakan adalah perusahaan asuransi umum yang lumayan terkenal di kalangan masyarakat. Perusahaan ini berdiri dengan nama PT Malacca Trust...
LANGUAGE