30 C
Jakarta
Rabu, 30 September, 2020

Gemerlap Pembukaan Asian Games Jakarta-Palembang

duniafintech.com – Tahun ini, untuk kedua kalinya Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah gelaran olahraga paling bergengsi se-Asia, Asian Games 2018. Suasana Asian Games kedua di tanah air ini tentu saja jauh berbeda dengan saat pertama kali di tahun 1962 dulu.

Acara pembukaan malam tadi pun berlangsung meriah. Indonesia mendadak menjadi perhatian dunia. Acara yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno ini adalah salah satu moment yang membanggakan sekaligus hadiah bagi ulang tahun Republik Indonesia yang ke-73 yang jatuh sehari sebelumnya.

Baca juga: Startup Fintech Merambah ke Sistem Kasir

Aksi Presiden Joko Widodo yang Menarik Perhatian Dunia

Teknologi jelas menjadi pembeda yang cukup besar antara Asian Games tahun 1962 dengan Asian Games tahun ini. Dalam pembukaan semalam, diperlihatkan cuplikan sang presiden yang berangkat dari Istana Negara dengan mengendarai sepeda motor. Bak tokoh utama dalam film laga, sosok Jokowi yang tadinya hanya ditampilkan di layar benar-benar muncul dari backstage.

Dari balik panggung, Bapak Presiden dengan aksinya mengawali pembukaan Asian Games 2018. Kehebohan ini bisa kita saksikan bersama melalui timeline Twitter. Hashtag serta pujian pun diberikan kepada Jokowi. Ia disebut sebagai sosok presiden yang memiliki karakter unik yang berbeda dengan presiden lain. Sajian Tari Ratoh Jaro pun menjadi tontonan menarik yang juga menuai decak kagum netizen.

Baca juga: IFC X Syngenta Luncurkan Program Pedagang Eceran

Memperkenalkan Indonesia Lebih Jauh Kepada Dunia

Selain aksi Bapak Presiden semalam, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pun turut mendapat sorotan. Melalui cuitannya, beberapa negara sahabat seperti Korea Selatan mengungkapkan rasa takjubnya pada lagu yang malam itu dibawakan dengan sangat khidmat oleh solois pria kebanggaan kita, Tulus.

“Lagu Kebangsaan Indonesia sangat keren. Aku merinding mendengarnya,” ungkap seorang netizen asal negeri ginseng itu. “Melihat pasukan pembawa bendera, aku sampai meneteskan air mata. Apa mungkin di kehidupan sebelumnya aku ini orang Indonesia?” tambah netizen lainnya. Saking populernya acara pembukaan Asian Games 2018 ini, nama Indonesia serta Presiden Indonesia berada di peringkat atas situs pencarian setempat, Naver.

Banyak penduduk negara sahabat mengaku terkejut dengan keberagaman yang berhasil ditampilkan Indonesia. Banyak yang tidak menyangka kalau selain dikenal dengan negara berpenduduk mayoritas Muslim, Indonesia ternyata punya budaya yang kaya yang ditampilkan dengan sangat apik di acara Opening Ceremony: Asian Games 2018.

Omongan dari mulut ke mulut di media sosial serta pemberitaan yang super cepat di era teknologi ini sukses membawa harum nama Indonesia di kancah internasional. Sekarang tugas selanjutnya adalah menjaga nama baik itu, dan menaikkannya ke posisi yang lebih tinggi. Semangat Indonesia!

Written by: Dita Safitri

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Paris Saint-German Tanda Tangani Kontrak dengan Perusahaan Blockchain Sorare

DuniaFintech.com – Tim sepakbola terkemuka asal Prancis, Paris Saint-Germany (PSG) menjadi klub Eropa terbaru yang menandatangani kesepakatan lisensi dengan perusahaan Blockchain Sorare. Perusahaan...

Hati-Hati Dengan Praktik Fintech Ilegal, Tawarkan Pinjaman Lewat SMS

DuniaFintech.com – Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menyatakan aktivitas penawaran dari fintech ilegal makin marak di tengah masyarakat. Mereka biasanya menyasar...

BukuWarung Raih Pendanaan Hingga Puluhan Juta Dolar

DuniaFintech.com - Penyelenggara teknologi keuangan (fintech) untuk pembukuan dan kas, BukuWarung disebut meraih pendanaan hingga puluhan juta Dollar Amerika Serikat. Hal ini...

Hikmah Pandemi, Indonesia Punya Moment untuk Penguatan Kedaulatan Digital

Duniafintech.com - Memasuki era digital merupakan sebuah keniscayaan disaat seperti ini. Hampir semua aktivitas manusia sudah bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital....

Walaupun Kredit Macet Industri Fintech Lending Naik, AFPI Pastikan Masin Aman

DuniaFintech.com – Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI) menyatakan bahwa industri fintech lending naik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan rasio wanprestasi pengembalian...
LANGUAGE