32.1 C
Jakarta
Jumat, 2 Desember, 2022

PEMERINTAH MEKSIKO AKAN LUNCURKAN REGULASI BITCOIN DAN CRYPTOCURRENCY 15 DESEMBER INI

duniafintech.com – Menyusul puluhan negara lain yang sudah menerbitkan regulasi dan aturan seputar penggunaan mata uang virtual, salah satu negara di Amerika Utara, Meksiko akhirnya menyusul langkah bijak ini.

Pada hari Selasa lalu, Senat Meksiko mengeluarkan sebuah undang-undang yang dirancang untuk mengatur sektor fintech yang ada di negara itu, termasuk ketentuan peraturan mengenai Bitcoin dan mata uang virtual lainnya di Meksiko.

Majelis tinggi parlemen Meksiko telah menyetujui sebuah RUU yang akan menyediakan kerangka peraturan yang mengatur organisasi dan operasi perusahaan fintech. RUU tersebut akan berusaha mengatur perusahaan yang menawarkan cara pembiayaan atau investasi alternatif, perusahaan yang menerbitkan atau mengelola dana atau aset elektronik, selain memberikan panduan untuk pengoperasian pertukaran mata uang virtual.

Jika lolos dan disahkan menjadi undang-undang, RUU tersebut akan membawa pertukaran mata uang virtual di bawah pengawasan peraturan bank sentral Meksiko.

Peraturan tersebut akan berusaha memberlakukan persyaratan identifikasi yang ketat baik bagi klien maupun investor untuk mencegah kegiatan pencucian uang atau pendanaan teroris, dan akan melarang Lembaga Teknologi Keuangan (Financial Technology Institutions/FTI) untuk menjamin pengembalian investasi, atau keberhasilan investasi.

Meksiko sendiri mendefinisikan ‘institusi crowdfunding, ‘lembaga pembayaran elektronik’, dan ‘institusi manajemen aset virtual’ sebagai FTI.

Undang-undang baru tersebut akan mengamanatkan bahwa FTI yang ingin beroperasi di Meksiko harus memasukkan perusahaan Meksiko atau perseroan terbatas. FTI juga diwajibkan untuk menunjukkan transaksi yang ingin dilakukannya kepada National Banking and Securities Commission (CNBV), bahwa perusahaan memiliki struktur perusahaan dan badan tata kelola yang sesuai, dan bahwa perusahaan memiliki semua sumber daya dan infrastruktur yang diperlukan. FTI yang saat ini beroperasi di Meksiko akan diminta untuk menerima otorisasi dari CNBV agar dapat terus beroperasi.

Dilansir oleh Reuters, Felipe Vallejo perwakilan dari salah satu platform perdagangan kripto Meksiko, Bitso, menyambut baik dikeluarkannya RUU Senat tersebut. Ia menggambarkan langkah ini sebagai sebuah potensi untuk membuat Meksiko bersaing secara internasional dalam industri cryptocurrency yang sedang berkembang. “Bagi kami, ini adalah kemenangan bagi sektor ini, karena ini dilakukan secara internasional,” kata Mr. Vallejo.

Bagi para pelaku di industri fintech, langkah pemerintah Meksiko yang merangkul dengan baik tentu saja patut diacungi jempol. Bagaimana menurut Anda? Apakah Indonesia bisa segera menyusul Meksiko?

Source: Bitcoin.com

Written by: Dita Safitri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Kripto Hari Ini: Sepanjang 2022, Penipuan Kripto di Inggris Mencapai Rp4,1 T

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait penipuan cryptocurrency di Inggris sepanjang 2022 menurut data Action Fraud.  Berdasarkan data dari unit polisi Inggris itu,...

Berita Bitcoin Hari Ini: Lagi Loyo! Cek Harga Bitcoin Cs di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (2/12). Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau...

Berita Fintech Indonesia: Open Finance akan Jadi Masa Depan Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini mengulas soal open finance dan masa depan financial technology (fintech). Seperti diketahui, transformasi digital yang berjalan kian...

Cek Resi Standard Express Shopee dari Korea, Begini Caranya

JAKARTA, duniafintech.com – Cek resi Standard Express Shopee dari Korea sangat penting diketahui dan dipahami oleh para pengguna Shopee. Sebagai informasi, Standard Express merupakan layanan...

Cara Investasi Emas di Shopee Plus Kelebihan & Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas di Shopee bisa menjadi salah satu investasi jangka panjang yang mudah, praktis, dan aman. Saat ini di Shopee memang...
LANGUAGE