30.2 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Penasaran Berapa Kekayaan Pembuat Google? Ternyata Segini Totalnya

JAKARTA, duniafintech.com – Banyak orang penasaran, berapa kekayaan pembuat Google? Pasalnya, Google menjadi salah satu perusahaan teknologi tersukses di dunia. Hampir semua orang mengakses Google setiap harinya. 

Tak hanya akses search engine-nya yang digunakan semua orang, Google juga memiliki sederet produk canggih yang menjadikannya sebagai salah satu raksasa teknologi dunia. 

Lantas, kira-kira berapa kekayaan pembuat Google? Dikutip dari IDXChannel, berikut kekayaan pendiri raksasa teknologi ini sebagai berikut. 

Berapa Kekayaan pembuat google? 

Google dibuat oleh oleh Larry Page dan Sergey Brin yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes 2022. Keduanya membuat Google ketika masih berstatus sebagai mahasiswa studi lanjutan Ilmu Pengetahuan Komputer di Universitas Stanford. 

Mereka berdua memiliki sebesar 16% saham perusahaan. Hingga pada 4 September 1998, Sergey Brin dan Larry Page menjadikan Google sebagai perusahaan swasta. 

Baca juga: Game NFT Penghasil Uang: Cara Kerja Hingga Jenis-jenisnya 

Perusahaan ini kemudian mengalami pertumbuhan pesat dan menghasilkan banyak produk, akuisisi, hingga kemitraan dari Google. Salah satu produk Google yakni mesin pencari (Search Engine) juga menjadi mesin pencari terkemuka di dunia. 

Tak hanya itu, perusahaan ini juga menyediakan perangkat lunak produktivitas online (web), termasuk surat elektronik (email), office suites, dan media sosial. 

Bahkan, saat ini Google pun merambah ke peralatan telekomunikasi. Berdasarkan data tahun 2021, nilai kapitalisasi pasar Alphabet yang merupakan perusahaan induk Google telah mencapai  USD2 triliun atau setara dengan Rp28.493 triliun. 

Baca juga: Sepuluh Tahun ke Depan, Satu Miliar Penduduk Bumi Diprediksi Bakal Gunakan Mata Uang Kripto

Dengan pencapaian Google yang demikian fantastis, sudah tidak diragukan lagi bahwa kekayaan dua pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page juga tidak sedikit. 

Kekayaan Sergey Brin

Sergey Brin mendirikan Google bersama-sama dengan Page di tahun 1998. Berdasarkan laporan Forbes, Brin diperkirakan memiliki kekayaan yang ditaksir mencapai USD107 miliar atau setara dengan Rp1,57 kuadriliun. Ia bahkan menempati posisi ketujuh dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. 

Brin menjabat sebagai CEO dari perusahaan induk Google yakni Alphabet Inc hingga mengundurkan diri pada tahun 2019. Meski tak lagi menjabat sebagai pemimpin raksasa teknologi ini, Brin tetap menjadi dewan direksi dari perusahaan tersebut. 

Kekayaan Larry Page

Seperti halnya Sergey Brin, Larry Page juga memiliki kekayaan yang tidak sedikit. Ia bahkan berada satu posisi di atas Brin dan menempati posisi keenam dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes 2022. Menurut laporan Forbes, Larry Page memiliki kekayaan bersih mencapai USD111 miliar atau setara dengan Rp1,63 kuadriliun. 

Baca juga: Instagram Segera Rilis Fitur NFT, Ikuti Jejak Twitter

Page juga telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO di Alphabet pada 2019 lalu. Meski demikian, Page masih menjadi pemegang saham pengendali dari Google. Ia bersama Brin bahkan dijuluki sebagai Manusia 100 Miliar Dolar (100 Billion Dollar Club). 

Itulah ulasan mengenai perkiraan berapa kekayaan pembuat Google yang ternyata tembus hingga lebih dari 1 kuadriliun. 

Duo pendiri Google tersebut juga diketahui memiliki beberapa aset yang dibeli bersama seperti pesawat Boeing 767-200.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU