26.1 C
Jakarta
Minggu, 19 Mei, 2024

Penurunan Harga Bitcoin Dibawah 58K USD Menjelang Keputusan The Fed

Penurunan Harga Bitcoin di bawah $58.000 untuk pertama kalinya dalam dua bulan, menyeret pasar kripto yang lebih luas turun 9% menjelang keputusan kebijakan moneter penting dari Federal Reserve AS.

Penurunan ini terjadi setelah Bitcoin mencapai $60.000 pada akhir April, level tertinggi dalam beberapa bulan. Namun, kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga The Fed dan potensi resesi global telah membebani sentimen investor, menyebabkan aksi jual di seluruh pasar aset berisiko.

“Bitcoin telah berjuang untuk mempertahankan momentumnya baru-baru ini,” kata analisa pasar di Oanda, Edward Moya. “Penurunan di bawah $58.000 adalah perkembangan bearish utama dan dapat membuka jalan untuk penurunan lebih lanjut.”

Ethereum, cryptocurrency terbesar kedua di dunia, juga turun lebih dari 9%, jatuh di bawah $2.000. Altcoin lainnya juga mengalami kerugian besar, dengan Cardano, Polkadot, dan Dogecoin semuanya turun lebih dari 10%.

Para ahli memperkirakan bahwa Bitcoin dapat terus turun dalam waktu dekat. “Kami memperkirakan Bitcoin akan turun lebih jauh ke $40.000-$50.000,” kata analis di Glassnode. “Pasar kripto kemungkinan akan tetap bergejolak sampai ada kejelasan lebih lanjut tentang prospek ekonomi global.”

Dampak Penurunan Harga Bitcoin dan Pasar Kripto

Penurunan harga Bitcoin dan pasar kripto yang signifikan ini dapat memiliki beberapa dampak, antara lain:

  • Kepercayaan Investor: Penurunan harga yang tajam dapat merusak kepercayaan investor terhadap aset kripto, yang dapat menyebabkan lebih banyak aksi jual dan volatilitas pasar.
  • Adopsi Kripto: Penurunan ini dapat memperlambat adopsi cryptocurrency oleh bisnis dan individu.
  • Ekonomi Global: Pasar kripto masih relatif kecil dibandingkan dengan pasar keuangan tradisional, namun penurunannya dapat berdampak negatif pada ekonomi global secara keseluruhan, terutama jika terjadi bersamaan dengan resesi.

Masa Depan Bitcoin dan Pasar Kripto

Meskipun terjadi penurunan saat ini, masih ada banyak analis yang optimis tentang masa depan Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan. Mereka percaya bahwa teknologi blockchain yang mendasarinya memiliki potensi untuk merevolusi berbagai industri, dan bahwa pasar kripto akan terus tumbuh dalam jangka panjang.

Namun, penting untuk diingat bahwa pasar kripto sangat spekulatif dan volatil, dan ada risiko tinggi kehilangan uang. Investor harus melakukan riset mereka sendiri sebelum berinvestasi dalam cryptocurrency dan hanya menginvestasikan uang yang mereka rela kehilangan.

Apa yang Harus Dilakukan Investor?

Investor yang saat ini memegang cryptocurrency harus mempertimbangkan toleransi risiko mereka dan strategi investasi mereka secara keseluruhan. Jika mereka merasa tidak nyaman dengan volatilitas pasar saat ini, mereka mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjual beberapa aset mereka.

Namun, investor yang memiliki pandangan jangka panjang terhadap cryptocurrency mungkin ingin menggunakan penurunan harga ini sebagai kesempatan untuk membeli lebih banyak dengan harga yang lebih rendah.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada jawaban yang tepat untuk semua orang, dan setiap investor harus membuat keputusan sendiri berdasarkan keadaan mereka sendiri.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Harga Bitcoin dan Pasar Kripto

Selain kenaikan suku bunga The Fed dan potensi resesi global, beberapa faktor lain yang mungkin berkontribusi terhadap penurunan harga Bitcoin dan pasar kripto baru-baru ini:

  • Penjualan Besar oleh Investor Institusi: Beberapa investor institusi, seperti hedge fund, telah menjual Bitcoin dan cryptocurrency lainnya dalam beberapa minggu terakhir. Hal ini kemungkinan karena mereka mencari untuk mengurangi risiko portofolio mereka dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi.
  • Regulasi Kripto yang Meningkat: Pemerintah di seluruh dunia sedang mempertimbangkan atau menerapkan peraturan baru untuk cryptocurrency. Ketidakpastian tentang peraturan ini dapat membuat investor enggan untuk berinvestasi di pasar kripto.
  • Keamanan Siber: Pasar kripto masih rentan terhadap peretasan dan pencurian. Peristiwa keamanan siber yang besar dapat merusak kepercayaan investor dan menyebabkan aksi jual.

Apa yang Harus Diperhatikan Selanjutnya?

Investor yang tertarik dengan cryptocurrency harus memperhatikan beberapa faktor utama dalam beberapa bulan mendatang:

  • Keputusan Suku Bunga The Fed: Keputusan The Fed tentang suku bunga pada bulan Juni 2024 akan menjadi indikator penting tentang prospek ekonomi global dan dapat berdampak signifikan pada harga Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.
  • Adopsi Kripto oleh Institusi: Penting untuk memantau apakah lebih banyak investor institusi mulai berinvestasi di cryptocurrency. Hal ini dapat memberikan dorongan besar bagi pasar kripto.
  • Regulasi Kripto: Investor harus mengikuti perkembangan peraturan kripto di seluruh dunia. Peraturan yang lebih ketat dapat berdampak negatif pada pasar kripto, namun juga dapat memberikan kejelasan dan stabilitas yang dibutuhkan pasar untuk berkembang.
  • Keamanan Siber: Penting untuk memilih platform pertukaran cryptocurrency yang memiliki reputasi baik dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi aset Anda.

Penurunan harga Bitcoin dan pasar kripto baru-baru ini merupakan kemunduran yang signifikan, namun penting untuk diingat bahwa pasar ini masih muda dan sangat fluktuatif. Masih ada banyak potensi untuk pertumbuhan jangka panjang, namun investor harus berhati-hati dan hanya berinvestasi dengan uang yang mereka rela kehilangan.

Sumber :

https://www.coindesk.com/markets/2024/05/01/bitcoin-sinks-below-58k-crypto-market-drops-9-in-run-up-to-fed-decision/

Iklan

ARTIKEL TERBARU