26.3 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Penyaluran Donasi di JustGiving Meluas

duniafintech.comPlatform crowdfunding JustGiving terbentuk tahun 2001 silam. Sampai saat ini, penyaluran donasi di JustGiving merambah ke 164 negara dengan total dana lebih dari $4,5 miliar. Sebuah catatan yang fantastis.

Penyaluran donasi di JustGiving membebankan sedikit biaya untuk bertransaksi pada tiap donasi yang disalurkan. Namun, ini tak menyurutkan niat orang-orang untuk memberikan donasinya melalui JustGiving. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna layanan JustGiving yang mencapai lebih dari 18 juta jiwa. Sementara itu, jumlah kampanye atau project-nya telah mencapai di angka 25 ribu.

Beragam kegiatan amal bisa ditampilkan dan ditawarkan kepada masyarakat melalui JustGiving. Salah satu kampanye itu, misalnya, adalah pengobatan bagi Ollie, seorang remaja berusia 12 tahun asal Inggris. Dia didiagnosis menderita kanker otak dan tulang belakang pada Mei 2015 dan telah menjalani 10 siklus kemoterapi serta 34 sesi radioterapi. Biaya pengobatan Ollie untuk masa dua tahun diperkirakan mencapai £440.000. Keluarga Ollie telah berhasil mengumpulkan £405.000 sehingga memerlukan £35.000 lagi untuk pengobatan Ollie.

Di Indonesia, kampanye sosial melalui JustGiving antara lain digagas oleh Foundation for Mother and Child Health (FMCH) atau di Indonesia dikenal dengan nama Yayasan Balita Sehat. Lembaga ini memulai program pertamanya di Jakarta pada tahun 2001. Yayasan Balita Sehat didirikan sebagai reaksi terhadap krisis ekonomi yang memburuk di Indonesia ditambah ketidakstabilan politik. Kondisi ini turut mengakibatkan banyak balita menderita gizi buruk. FMCH bekerja untuk memperbaiki kehidupan ibu dan anak di masyarakat setempat dengan menyediakan program yang berfokus pada kesehatan, gizi, pendidikan, dan pelatihan keterampilan berkelanjutan. Selain Indonesia, FMCH saat ini juga memiliki program di India.

Jadi, Anda mulai tertarik berdonasi melalui JustGiving? Cara register di JustGiving sendiri cukup mudah, sama seperti cara mendaftar di website pada umumnya. Setelah Anda log in, maka Anda akan melihat daftar proyek penggalangan dana.

Proyek-proyek itu dapat Anda pilih mana yang sesuai untuk Anda. Penjelasan singkat mengenai proyek-proyek tersebut juga tersedia sebagai informasi kepada calon donatur. Selain itu, Anda juga dapat membuat penggalangan dana dengan meng-klik tombol ‘Start Fundraising’. Pilihan organisasi atau mendaftarkan organisasi juga tersedia di website JustGiving. Semua ini untuk memperluas sekaligus memudahkan masyarakat yang ingin menerbar kebaikan dan penyaluran donasi di JustGivig semakin meluas.

Source : justgiving.com

Written by : Sebastian Atmodjo

1 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU