25.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Serunya Perayaan Hari Kemerdekaan di Zaman Teknologi

duniafintech.com – Dalam perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya kita akan menemukan permainan-permainan lama. Lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang hingga panjat pinang menghiasi kampung hingga perkotaan.

Meski ada yang tak berubah di perayaan tahunan ini, kita tetap bisa merasakan perbedaannya di era teknologi ini. Apa saja yang menjadi bukti bahwa perayaan hari kemerdekaan di era digital ini semakin semarak?

Baca juga: Layanan E-Money untuk Semua Lapisan Masyarakat

Ucapan Selamat Datang dengan Menggunakan Beragam Media

Jika dulu kita hanya akan merayakan semarak perayaan hari kemerdekaan saat keluar rumah dengan menyaksikan bendera dan umbul-umbul aneka warna, sekarang tidak hanya itu saja. Layar LED yang berdiri kokoh di kota-kota menyajikan gambar bergerak. Papan-papan iklan ukuran raksasa yang dulu sulit kita temukan, ramai-ramai menunjukkan suka cita bangsa dengan ucapan selamat yang semakin kreatif.

Yang lebih mudah kita temukan tanpa harus keluar rumah ungkapan kebahagiaan melalui media sosial. Mulai dari membuat trending topic di Twitter hingga berbagi foto-foto seru perayaan lomba tujuhbelasan bisa kita lakukan di media sosial. Euforia ini bisa dirasakan semua orang di seluruh dunia, tanpa harus keluar rumah.

Cabang Lomba yang Semakin Beragam dan Melibatkan Teknologi

Jika perlombaan tradisional hanya bisa diikuti oleh warga setempat, zaman teknologi ini membuat cakupannya menjadi lebih luas. Semenjak internet semakin mainstream digunakan dan semakin banyak orang yang melek akan teknologi ini, berbagai perlombaan online untuk merayakan tujuhbelasan juga bisa kita temukan dengan mudah internet.

Sebut saja lomba fotografi bertema kemerdekaan via Instagram atau lomba menulis essay dan puisi di blog pribadi. Banyak panitia lomba memanfaatkan teknologi kekinian untuk menjangkau semakin banyak peserta dan tentu saja membuat sebanyak mungkin orang ikut merasakan euforia kemerdekaan ini.

Baca juga: Pendekatan Teknologi Membangun Startup Cover

Teknologi memang sudah mengubah banyak hal dari hidup kita. Keberadaannya patut membuat kita merasa bersyukur. Bayangkan saja kalau seandainya di era kemerdekaan dulu sudah ada Facebook atau Twitter, propaganda dan penyebaran berita kemerdekaan tentu akan semakin mudah.

Dengan melihat kembali apa yang belum kita miliki dulu dan apa yang sudah kita punya sekarang, kita bisa menjadi bangsa yang lebih bersyukur. Mari kita isi kemerdekaan kita dengan menggunakan teknologi secara maksimal namun bertanggung jawab!

Written by: Dita Safitri

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE