26 C
Jakarta
Selasa, 28 Juni, 2022

PERTARUNGAN PEREBUTAN IBU KOTA FINTECH DUNIA

duniafintech.com – Berkembang pesatnya fintech kini menjadi sorotan utama oleh para pelaku ekonomi dunia. CEO dan salah satu pendiri TransferWise mengatakan bahwa kota-kota besar di seluruh dunia semakin kompetitif dalam upaya menarik perusahaan teknologi.

“Persaingan adalah tentang kota-kota. Kami benar-benar harus berbicara tentang 50 kota teratas di seluruh dunia. Inilah kota-kota yang bersaing untuk bisnis. Dunia, dalam hal ini, telah menjadi jauh lebih kompetitif daripada sebelumnya,” ujar Taavet Hinrikus pada saat konferensi MoneyConf, Selasa (6/6/2017).

Walaupun TransferWise berkantor pusat di London, sejak tahun lalu pihaknya tidak akan memilih Ibu kota Inggris tersebut sebagai basis Ibu kota fintech di dunia. Sebab hasil suara Brexit tahun lalu yang membuat pelayanan jasa pengiriman uang secara online internasional ini, tidak memilih London. Hinrikus menekankan kembali pandangan tersebut bahwa Brexit sebagian berada di belakang persaingan di antara kota-kota.

Kami telah membuka TransferWise di Australia, AS, Jepang, Singapura, dalam beberapa tahun terakhir dan yang telah kami lihat adalah ada pertarungan besar bagi ibu kota fintech dunia. Setiap kota – dari Sydney ke Singapura – mencoba menjadi ibukota fintech dunia,” jelasnya.

Gelagat ini jelas sudah terlihat ketika sedari awal tahun Luxembourg telah membentuk kemitraan antara pemegang kebiajakan dan swasta yang disebut “House of Fintech,” dengan tujuan menarik lebih banyak perusahaan untuk didirikan di negara tersebut. Begitupun Pelobi dari Paris telah melakukan beberapa perjalanan ke Inggris dalam beberapa bulan terakhir dalam upaya untuk menggoda layanan keuangan, termasuk fintech, untuk didirikan di ibukota Prancis setelah Brexit. Selain itu tak ketinggalan dengan Otoritas Moneter Singapura yang juga telah membuat “kotak pasir” peraturan, yang memungkinkan perusahaan inovatif untuk bereksperimen dengan produk baru di lingkungan yang aman.

Ini hanyalah beberapa contoh bagaimana regulator dan pejabat kota di seluruh dunia mencoba menggoda bakat teknologi ke kota mereka,” kata Hinrikus.

Hinrikus mengatakan bahwa London masih merupakan kota nomor satu untuk fintech secara global saat ini. Namun perebutan kota fintech saat ini masih terus berjalan.

Saya pikir tempat-tempat lain sedang mengejar ketinggalan. Mereka melihat apa yang telah dilakukan regulator Inggris, mereka menyalin langkah-langkah itu,” ujarnya.

Bagi kota-kota yang mengikuti langkah-langkah regulasi tersebut, dirasa pekerjaannya akan jauh lebih mudah. Inggris harus terus berinovasi atau negara lain akan mengejar ketertinggalannya.

“Jika Anda memikirkan Prancis, saya pikir Paris akan menjadi tempat yang jauh lebih menarik. Ya, akan tetapi butuh waktu bagi mereka untuk memikirkan hal ini, tapi kita akan melihat lebih banyak persaingan,” tegasnya.

Sumber : businessinsider.co.id

Written by : Andriani Supri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Biaya CT Scan di Rumah Sakit Terlengkap

JAKARTA, duniafintech.com – Besaran biaya CT scan di rumah sakit memang variatif bervariasi, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor itu terdiri dari rumah sakit,...

Nilai Syariah P2P Lending Syariah, Adil dan Transparan

JAKARTA, duniafintech.com – Nilai syariah dalam P2P lending syariah ada apa saja? Benarkah P2P lending syariah halal? Mari kita kupas tuntas nilai syariah yang...

Pengamat Prediksi Bitcoin Akan Kembali Sentuh Level Tertinggi, Tapi Butuh Waktu Lama

JAKARTA, duniafintech.com - Pembawa acara keuangan “Mad Money”, Jim Cramer dalam acaranya menjelaskan prediksi Bitcoin dapat mengalami reli selama beberapa bulan ke depan, meskipun...

Civic Turbo Baru dan Bekas 2022, Segini Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Civic Turbo adalah jenis mobil dengan performa “gahar” dan hal itu sekaligus menjadi pesona alias daya tariknya. Mobil ini memang menjadi incaran...

Afrika Tengah Adopsi Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi, Ternyata Ini yang Jadi Alasannya

JAKARTA, duniafintech.com - Adopsi Bitcoin oleh Republik Afrika Tengah (CAR) jadi mata uang resmi ukup mengejutkan dan membingungkan dunia kripto. Hal itu karena masih...
LANGUAGE