27.7 C
Jakarta
Kamis, 2 Juli, 2020

Pertumbuhan Startup Asuransi Digital Stabil Selama COVID-19

DuniaFintech.com – Asuransi digital disebut sebagai industri yang memiliki tren kenaikan makro yang tidak berubah meski adanya pandemi COVID-19. Meski pun wabah dinilai menghambat sektor permodalan, namun terdapat beberapa alasan yang membuat jenis layanan keuangan ini stabil.

John G Bruno, COO perusahaan penanggulangan resiko dan asuransi, AON mengakui adanya penurunan jangka pendek oleh para pendana kepada startup asuransi digital selama COVID-19. Meski demikian, disaat yang bersamaan, pendana ingin memastikan bahwa startup yang mereka tetap berinovasi di tengah gejolak ekonomi.

Selain itu, beberapa pendapat justru mengatakan pemain di sektor asuransi digital memandang kondisi krisis di masa COVID-19 sebagai tantangan. Krisis memberikan rangsangan untuk berinovasi serta bangkit dan bertahan di situasi tersebut.

Di periode tahun 2014 dan 2018, pendanaan startup asuransi digital di Amerika Serikat telah bertumbuh, dari USD 400 juta hingga USD 2,5 milyar. Sementara, dalam skala global startup dengan sebutan Insurtech ini telah mengucurkan dana dengan volume transaksi USD 1,1 miliar hingga mendekati USD 4 miliar dalam periode yang sama.

Baca juga:

Laju Pertumbuhan Asuransi Digital Selama COVID-19

Bruno cukup percaya diri laju pertumbuhan asuransi digital akan kembali ke semula, meski pendanaan sempat terhenti lantaran pandemi. Ia meyakini bahwa setelah berakhirnya COVID-19, akan banyak bisnis komersil yang kembali melakukan penataan ulang.

Selanjutnya, Bruno juga melihat sektor pasokan pangan sebagai kunci utama peluang bisnis Insurtech paska pandemi COVID-19. Lebih lanjut ia juga melihat adanya tantangan yang menjanjikan di sektor medis, pasar ekonomi dan kebutuhan rantai pasok yang lebih fleksibel.

“Pandemi dunia melahirkan krisis yang memantik perputaran poros digital lainnya. Bagi yang melihat insurtech sebagai sektor yang menarik perusahaan modal ventura akan memperbarui alur investasinya,”

“Solusi yang dimiliki insurtech akan membenahi permasalahan yang diciptakan COVID-19. Selain itu, insurtech akan memberikan gambaran  lain tentang konsumen dan bisnis yang harus berhadapan dengan solusi manajemen resiko,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Raih Segudang Keuntungan di Masa Pandemi dengan Ide Bisnis Ini

DuniaFintech.com - Wabah corona berdampak cukup besar bagi kalangan masyarakat, terutama dari segi ekonomi. Perubahan tren dan kebutuhan prioritas konsumen pun mempengaruhi...

Influencer Diadu di PUBG Mobile Global Ultimate Team Selection

DuniaFintech.com - Penggemar game berbasis mobile, Players Unknown Battle Ground (PUBG) menghelat PUBG Mobile Global Ultimate Team Selection per tanggal 23 Juni...

Pintek Bersama Sevima Bantu Berikan Solusi Managemen Akademik

DuniaFintech.com - Perusahaan fintech P2P lending yang fokus kepada sektor pendidikan, Pintek bersama Sevima, perusahaan konsultan dan pengembangan teknologi informasi untuk berikan...

BIDR Resmi Diperdagangkan di Binance dan Tokocrypto

DuniaFintech.com - Binance, Perusahaan Blockchain global dibelakang pertukaran aset digital terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan dan pengguna bersama Tokocrypto, pedagang aset...

Pinjaman Dana Cepat untuk Laptop Agar WFH Lebih Produktif

DuniaFintech.com - Laptop menjadi salah satu kebutuhan untuk menunjang masa work from home (WFH). Tanpa barang ini, pekerjaan yang dilakukan tentu menjadi...
LANGUAGE