26.6 C
Jakarta
Kamis, 2 Juli, 2020

Jangan Sampai Salah! Ini Dia Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

DuniaFintech.com – Memilih perusahaan sekuritas terbaik bisa menjadi perkara yang sulit, tapi dengan memperhatikan hal-hal berikut bisa memudahkan dalam menentukan yang tepat. Bagi Anda yang baru mulai tertarik dengan dunia investasi saham pastinya tengah mempertimbangkan perusahaan sekuritas mana yang terbaik dan dapat dipercaya untuk menempatkan dana investasi.

Perusahaan sekuritas adalah bagian dari Bursa Efek Indonesia, bergerak pada bidang transaksi sekuritas yaitu jual-beli efek. Memilih perusahaan sekuritas sangatlah penting, karena mereka merupakan perantara Anda dengan pasar modal. 

Perusahaan Sekuritas atau biasa disebut dengan broker merupakan mitra dalam berinvestasi, jadi sudah sepatutnya dipilih dengan benar dan teliti. Investasi saham bisa jadi gagal hanya karena keliru memilih perusahaan sekuritas. Maka dari itu pilihlah perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia.

Nah, untuk mendapatkan perusahaan sekuritas terbaik perhatikan beberapa hal berikut ini: 

1. Reputasi dan Pengalaman Perusahaan Sekuritas

Ketahui reputasi dan pengalaman perusahaan sekuritas yang akan menjadi mitra dalam berinvestasi. Jika perusahaan tersebut memiliki izin resmi dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK), Indonesia Stock Exchange (IDX), Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) maka bisa dikatakan perusahaan sekuritas atau broker tersebut memiliki reputasi yang positif.

Lalu broker itu juga harus bersih dari sanksi pelanggaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jika reputasinya baik dan sesuai dengan izin yang berlaku, tentu hal ini bisa menjadi acuan bahwa perusahaan tersebut memiliki pengalaman mumpuni dalam menangani klien secara profesional, dan mereka biasanya sudah ahli dalam membaca pergerakan pasar modal.

Perusahaan sekuritas seperti ini biasanya masuk dalam daftar perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia dan direkomendasikan oleh banyak investor.

2. Kompetensi Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas yang baik harus memberikan rekomendasi dan analisa terbaik untuk kliennya terkait pergerakan pasar modal. Mereka biasanya memiliki analis-analis handal yang sudah memiliki jam terbang tinggi di pasar modal. Untuk itulah kemampuan para analis pada perusahaan sekuritas yang akan dipilih menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihan.

Lihatlah seberapa hebat tim riset atau analis yang mereka miliki, seberapa bagus tim tersebut menganalisa saham secara fundamental maupun teknikal, karena ini akan menjadi cerminan kualitas dari perusahaan sekuritas.

Bahkan demi memperbanyak informasi dan memberikan analisa yang berkualitas beberapa perusahaan sekuritas ada yang bekerjasama dengan pihak ketiga.

Baca Juga:

3. Modal dan Likuiditas Perusahaan Sekuritas

Modal dan likuiditas perusahaan sekuritas juga akan menjadi faktor penting dalam menentukan pilihan. Jika perusahaan sekuritas yang dipilih memiliki modal besar tentunya ketahanan bisnisnya cukup mumpuni. 

Perusahaan sekuritas terbaik akan memiliki aktivitas bisnis yang beragam dan melakukan banyak transaksi. Jika perusahaan sekuritas tersebut memiliki MKBD (Modal Kerja Bersih) minimal Rp100 miliar, maka layak untuk dimasukkan dalam daftar pilihan.

Tetapi tidak hanya modal yang besar saja yang menjadi pertimbangan, kondisi keuangan dari perusahaan sekuritas juga dilihat dari likuiditasnya yang dipengaruhi oleh aset lancar dan aset tetap. Biasanya perusahaan sekuritas yang kurang baik dalam hal keuangan, memiliki aset tetap yang besar, contoh dari aset tetap adalah tanah, bangunan, gedung, mesin, kendaraan, dsb.

Sebaliknya jika mereka memiliki aset lancar yang besar, kondisi keuangan akan bagus, karena aset tersebut paling cepat dan mudah untuk dikonversi menjadi uang tunai (likuid). Contoh dari aset lancar seperti kas, piutang usaha, wesel tagih, persediaan, perlengkapan, investasi jangka pendek, beban dibayar di muka, penghasilan yang masih akan diterima, dsb.

4. Memiliki Fasilitas berupa Transaksi Online

Ini merupakan era digital, jadi segala sesuatunya dapat dilakukan secara online, termasuk transaksi saham. Fasilitas transaksi online akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi saham. Untuk menunjang mobilitas, perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia biasanya tidak hanya menyediakan layanannya melalui website, tetapi juga melalui aplikasi. 

Pilihlah perusahaan sekuritas yang memiliki aplikasi dengan berbagai fitur yang lengkap dan canggih seperti adanya berita terkini tentang ekonomi, grafik saham, dan indikator-indikator yang memperlihatkan perkembangan saham. 

Dengan adanya aplikasi trading saham online, Anda tidak harus selalu berada di layar monitor komputer atau laptop untuk mengetahui pergerakkan harga atau berita pada pasar modal. Semua bisa dengan mudah di akses dengan ponsel pintar. 

Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

Banyak perusahaan sekuritas di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk dijadikan mitra dalam berinvestasi saham, namun hanya beberapa saja yang memiliki kriteria perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia seperti yang telah dijabarkan sebelumnya. 

Salah satu sekuritas yang masuk dalam kategori terbaik yang bisa dipilih adalah Ajaib Sekuritas. Ajaib Sekuritas merupakan hasil sinergi antara Primasia Sekuritas dan Ajaib Group. Sinergi ini diyakini akan menghasilkan layanan terbaik untuk para investor yang bergabung di Ajaib Sekuritas. 

Pengalaman Primasia Sekuritas yang lebih dari 30 tahun, dan beberapa kali mendapat penghargaan, salah satunya adalah Infobank Securities Awards, disinergikan dengan kemampuan yang cukup mumpuni Ajaib Group di ranah digital dipercaya mampu menciptakan solusi investasi aman, terjangkau, dan terpercaya bagi investor. Sinergi itu yang membuat Ajaib Sekuritas diyakini akan menjadi perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia. 

Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan Ajaib Sekuritas. Perusahaan sekuritas yang berada di bawah naungan Ajaib Group ini telah terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-17/PM.21/2018.

Selain faktor keamanan, kemudahan dalam bertransaksi merupakan layanan andalan. Mulai dari membuka rekening dana nasabah, transaksi jual-beli, hingga penarikan dana bisa dilakukan secara online, tanpa mengisi dokumen fisik apapun. Jadi ini akan sangat membantu untuk yang memiliki mobilitas tinggi.

Jadi, jangan sampai salah! Saat memilih perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia, Ajaib Sekuritas dengan segala pengalamannya di dunia investasi dan kemampuanya di dunia digital, layak untuk menjadi pilihan utama dalam berinvestasi saham.

(DuniaFintech/ Ajaib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pintek Bersama Sevima Bantu Berikan Solusi Managemen Akademik

DuniaFintech.com - Perusahaan fintech P2P lending yang fokus kepada sektor pendidikan, Pintek bersama Sevima, perusahaan konsultan dan pengembangan teknologi informasi untuk berikan...

BIDR Resmi Diperdagangkan di Binance dan Tokocrypto

DuniaFintech.com - Binance, Perusahaan Blockchain global dibelakang pertukaran aset digital terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan dan pengguna bersama Tokocrypto, pedagang aset...

Pinjaman Dana Cepat untuk Laptop Agar WFH Lebih Produktif

DuniaFintech.com - Laptop menjadi salah satu kebutuhan untuk menunjang masa work from home (WFH). Tanpa barang ini, pekerjaan yang dilakukan tentu menjadi...

Spotify Kembali Tampilkan Lirik! Siap Karaoke #DiRumahAja

DuniaFintech.com - Platform hiburan asal Swedia, Spotify kembali menampilkan fitur lirik pada pemutar lagunya. Dengan memilih 'Lyric' pada saat tampilan lagu dimainkan,...

Uji Coba Nearby Share, Google Siap Saingi Fitur AirDrop

DuniaFintech.com - Google menjawab kabar yang beredar terkait rencananya merilis fitur pengiriman data antar sesama sistem operasi gawai. Bernama Nearby Share, Google...
LANGUAGE