26.2 C
Jakarta
Kamis, 18 April, 2024

Pinjol tanpa BI Checking Terbaik 2024, Ini 7 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol tanpa BI Checking merupakan bagian dari aplikasi yang menawarkan pinjaman uang tanpa melakukan pemeriksaan riwayat kredit nasabah. Pinjaman online tanpa BI checking memang memberikan kecepatan pencairan dan lebih kemudahan, hanya dengan persyaratan KTP untuk mengajukan KTA tanpa BI checking dan kartu kredit.

Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat 7 Pinjol tanpa BI checking pada tahun 2024. Meskipun aplikasi ini menawarkan pencairan langsung tanpa BI checking, penting diingat bahwa jenis pinjaman seperti ini cenderung berbahaya karena dapat dianggap ilegal.

Sebagai informasi, BI Checking merupakan proses pemeriksaan data kredit debitur yang dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan resmi sebelum memberikan pinjaman. Tujuan dari BI Checking adalah untuk mengetahui riwayat kredit debitur, termasuk jumlah pinjaman, jenis pinjaman, jatuh tempo, cicilan, bunga, denda, dan status pembayaran.

Sekarang, BI Checking disebut SLIK OJK, yang merupakan singkatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan. SLIK OJK adalah sistem informasi kredit yang terintegrasi dengan OJK sebagai lembaga pengawas sektor jasa keuangan di Indonesia.

Namun, apakah ada 7 pinjol tanpa SLIK OJK 2024 yang legal? Berikut ini adalah daftar aplikasi penyedia pinjol tanpa BI Checking yang legal dan memberikan pencairan langsung ke DANA pada tahun 2024 hingga selesai ya.

Baca juga: 3 Risiko Hukum Galbay Pinjol yang Wajib Diketahui Debitur

Pinjol tanpa BI Checking

Apa Itu BI Checking?

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai pinjol tanpa BI Checking dengan jaminan sertifikat, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan BI checking. BI checking, atau Informasi Debitur Individual (IDI), mencatat tingkat kelancaran atau ketidaklancaran pembayaran kredit (kolektibilitas). Dahulu, BI checking merupakan salah satu layanan informasi riwayat kredit di dalam Sistem Informasi Debitur (SID).

Kini, sistem tersebut telah dialihkan dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dikenal sebagai Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Mungkin beberapa dari Anda sudah familiar dengan istilah ini.

Isi dari SLIK mencakup informasi pencarian, data pokok debitur, kolom pemilik atau pengurus (untuk badan usaha), fasilitas beserta ringkasan kredit dan garansi yang diberikan, serta kolom kredit atau pembiayaan.

Data-data tersebut umumnya digunakan oleh lembaga keuangan, baik bank maupun non-bank, dalam mengambil keputusan apakah akan melanjutkan proses peminjaman kepada debitur atau tidak.

Namun, apakah pinjol termasuk dalam BI checking? Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa beberapa lembaga pinjol masih perlu melihat riwayat kredit ini. Meskipun demikian, sistem tersebut kini telah digantikan oleh SLIK OJK.

Pihak pinjaman online 24 jam yang langsung cair tanpa BI checking kemungkinan akan melakukan pengecekan kelayakan bagi calon peminjamnya. Namun, calon peminjam juga dapat melakukan pengecekan SLIK secara mandiri melalui smartphone untuk memperoleh gambaran apakah pengajuan dana mereka dapat diterima atau tidak.

Cara Cek BI Checking Sendiri

Sebelum masuk ke pembahasan pinjol tanpa BI Checking, kenali terlebih dahulu cara cek BI Checking sendiri. Untuk melakukan pengecekan BI Checking secara mandiri, Anda dapat menggunakan layanan pinjaman online KTP melalui browser dengan mengikuti langkah-langkah berikut melalui situs atau aplikasi iDebku OJK:

  • Buka browser pada perangkat HP atau PC, kemudian ketik https://idebku.ojk.go.id di kolom alamat.
  • Pilih menu Pendaftaran.
  • Pilih opsi Cek Ketersediaan Layanan.
  • Masukkan data diri untuk memulai pendaftaran, termasuk jenis debitur, jenis identitas debitur, nomor identitas yang dipilih, kewarganegaraan, dan kode captcha.
  • Klik Selanjutnya.
  • Jika kuota antrian masih tersedia, menu untuk mengisi Data Registrasi akan muncul.
  • Isi data diri secara lengkap, seperti nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, alamat email, dan nomor HP.
  • Pilih tujuan permohonan informasi BI Checking.
  • Masukkan nama ibu kandung.
  • Setelah mengisi formulir, klik tombol Selanjutnya.
  • Unggah foto kartu identitas sesuai petunjuk, dengan ukuran maksimal 4 MB.
  • Setelah mengunggah foto identitas, klik tombol Selanjutnya.
  • Pahami syarat dan ketentuan permohonan.
  • Setelah melengkapi data, klik tombol Ajukan Permohonan.
  • Selesai.

Jika pendaftaran untuk pinjol tanpa skor kredit berhasil, nomor pendaftaran akan muncul dan dapat dicek melalui menu Status Layanan pada halaman awal situs iDebku. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh informasi mengenai Informasi Debitur Individual (IDI) historis yang mencatat riwayat pembayaran kredit Anda selama ini.

Daftar Pinjol tanpa BI Checking Terbaik di Indonesia 2024

Berikut ini daftar terbaik pinjol tanpa BI Checking yang direkomendasikan tahun 2024.

1. Julo

Julo merupakan platform pinjaman online yang sah dan terpercaya di Indonesia, termasuk pinjol tanpa BI Checking. Mereka menyediakan kredit tanpa agunan (KTA) dengan proses pengajuan yang sederhana, cepat, dan aman melalui perangkat Android. Julo menetapkan rentang bunga mulai dari 4% hingga 9% per bulan.

Untuk mengajukan pinjaman, pengguna perlu mengunduh aplikasi Julo dan memenuhi beberapa persyaratan, seperti menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 21-60 tahun, tinggal di wilayah layanan Julo, memiliki pekerjaan dengan penghasilan minimal Rp 2.500.000 per bulan, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), memiliki rekening bank pribadi yang aktif, dan mengisi formulir pinjaman secara akurat melalui aplikasi Julo.

Apabila semua syarat terpenuhi, pengguna dapat memperoleh batas pinjaman maksimal sebesar Rp15.000.000 dengan tenor paling lama 9 bulan.

2. Tunaiku

Menjadi pinjol tanpa BI Checking, Tunaiku merupakan opsi pinjaman dana dengan tingkat suku bunga yang relatif rendah, yaitu sekitar 2-4 persen per bulan, tanpa dikenakan biaya provisi. Selain itu, Tunaiku menawarkan beragam jumlah pinjaman, mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta.

3. AdaKami

AdaKami adalah platform pinjol tanpa BI Checking yang telah resmi mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi ini menyediakan layanan pinjaman dengan proses yang sederhana, dengan kisaran nominal pinjaman mulai dari Rp400 ribu hingga Rp10 juta.

Pengguna dapat memilih dari berbagai opsi tenor, yang berkisar antara 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Biaya layanan yang dikenakan sebesar 2,42%.

Untuk mengajukan pinjaman, syaratnya cukup mudah dengan hanya menggunakan KTP, nomor ponsel aktif, dan nomor rekening bank yang masih aktif.

Baca juga: Pinjol Tenor Panjang Limit Besar: Ini 7 Rekomendasi Terbaik

Pinjol tanpa BI Checking

4. SPinjam

Spinjam adalah layanan pinjol tanpa BI Checking langsung cair dari platform Shopee yang tidak memerlukan jaminan atau agunan, serta tidak melakukan pemeriksaan data kredit oleh Bank Indonesia atau OJK. Pengajuan pinjaman bank tanpa BI checking pada tahun 2024 ini dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee dengan proses yang cepat dan mudah.

Spinjam juga memberikan opsi limit pinjaman yang bervariasi, hingga mencapai Rp12.000.000, tergantung pada profil dan skor kredit pengguna di Shopee. Pengguna dapat memilih tenor pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan. Tingkat bunga pinjaman di Spinjam juga bersaing, dimulai dari 1,95% per bulan.

5. KrediFazz

KrediFazz menyediakan pinjol tanpa BI Checking dan layanan KTA tanpa BI checking dan kartu kredit yang memberikan pinjaman dana tunai tanpa memerlukan agunan, dengan tingkat bunga yang rendah, proses cepat, dan syarat mudah.

Pengguna hanya perlu menyiapkan KTP dan melakukan selfie untuk pendaftaran, dan persetujuan pinjaman akan diberikan dalam beberapa jam. Setelah mendapat persetujuan, dana pinjaman akan segera ditransfer ke rekening bank pengguna dalam hitungan menit.

6. UangMe

UangMe dapat menjadi solusi yang tepat untuk pinjol tanpa BI Checking. Ini merupakan layanan P2P lending yang menawarkan batas pinjaman mulai dari Rp400 ribu hingga Rp20 juta dengan tenor 91 hingga 120 hari. Tingkat bunga yang ditawarkan sebesar 21,9% per tahun.

Selain menyediakan layanan pinjaman dana, UangMe juga menawarkan layanan PayLater. Selain itu, sebagai pinjol tanpa BI checking dengan tenor yang panjang, platform ini juga memberikan opsi bagi mereka yang ingin menjadi pemberi pinjaman untuk mengembangkan dana mereka.

7. Kredit Pintar

Kredit Pintar menawarkan produk pinjol tanpa BI Checking dengan tenor yang bervariasi, mulai dari 91 hari hingga 360 hari, dengan plafon pinjaman dana tunai hingga Rp20.000.000,-. Untuk mengajukan pinjaman secara online di Kredit Pintar, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Kredit Pintar melalui Google Play Store dan login menggunakan nomor ponsel aktif.

Proses pengajuan memerlukan pengguna untuk mengunggah informasi diri secara akurat, seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan dokumen lainnya. Setelah itu, pengguna dapat memilih jumlah pinjaman online dan periode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pinjol tanpa BI Checking

Penutup

Demikianlah ulasan terkait pinjol tanpa BI Checking yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Pinjol 500 Ribu Langsung Cair, Cek Daftarnya di Sini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE