28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Pinjol Terbaik Berbasis Syariah, Inilah Rekomendasinya! 

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjaman online alias pinjol berbasis syariah merupakan salah satu solusi terbaik dalam situasi sulit. 

Terkadang, saat membutuhkan dana cepat, pinjol menjadi pilihan yang terbaik. Karena prosedur pencairannya lebih cepat dan sungkan, berbeda dengan skema pinjaman di bank. 

Pinjaman online berbasis syariah menjadi pilihan terbaik lantaran menerapkan sistem sesuai dengan ketentuan islam, salah satunya akad. 

Pinjol terbaik ini tentunya sangat sesuai untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang mayoritas merupakan pemeluk agama Islam.

Berikut ini ulasan mengenai pinjaman online syariah yang terbaik. Layanan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan mendesak maupun kebutuhan harian. 

Apa Itu Pinjol Syariah?

Produk perbankan dibagi menjadi 2 golongan besar, yaitu konvensional dan sistem syariah. Pinjaman syariah adalah kredit atau pinjaman yang disediakan oleh lembaga keuangan dengan sistem transaksi berlandaskan ketentuan syariat agama Islam.

Dalam sistem syariah ini, seluruh aktivitas keuangan mulai dari akad sampai imbal jasa disesuaikan dengan prinsip syariah.

Baca juga: Kepepet Butuh Uang, 5 Pinjol Bunga Rendah Ini Aman Terdaftar OJK

Perbedaan terbesar pinjaman konvensional dan syariah terletak pada sistem imbal jasanya tersebut. Pada sistem konvensional, imbal jasa menggunakan bunga. Sedangkan pada sistem syariah, imbal jasa menggunakan prinsip nisbah atau bagi hasil sesuai akad di awal.

Saat ini, pinjol syariah adalah salah satu alternatif produk perbankan selain pinjaman konvensional yang terbaik. Meskipun produk keuangan syariah ini sudah cukup lama hadir di tengah masyarakat, masih banyak orang belum kenal dengan pinjaman sistem syariah tersebut. 

Pinjol Terbaik

Situs Layanan Pinjol Syariah Terbaik

Belum lama ini, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah merilis sebuah daftar berisi sejumlah nama situs pinjaman online yang telah dinyatakan resmi alias legal. Beberapa situs pinjol terbaik tersebut di antaranya berbasis syariah, yaitu:

1. Pinjol Terbaik: Investree

Situs punya PT Investree Radhika Jaya ini menyediakan layanan pinjaman online baik syariah maupun non-syariah. Produk pinjaman syariah yang ditawarkan ada dua macam, yakni invoice financing dan online seller financing. 

Produk invoice financing syariah ditujukan untuk pembiayaan usaha yang berbasis syariah. Sementara itu, online seller financing syariah khusus untuk usaha online yang beroperasi di platform marketplace rekanan Investree.

2. Pinjol Terbaik: ALAMI

Hampir mirip seperti layanan Investree, ALAMI juga menawarkan produk invoice financing berbasis syariah untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Syaratnya, sektor UKM Anda tersebut (bisa berbentuk CV atau PT) halal dan sedikitnya sudah beroperasi selama satu tahun lamanya. 

3. Ammana.id

Situs yang satu ini khusus memberikan pinjaman untuk kepentingan haji dengan tenor atau jangka waktu pengembalian tiga tahun. 

Platform tersebut pastinya berjalan sesuai dengan ketentuan syariat islam. 

4. Dana Syariah

Hingga saat ini, situs pinjaman online Dana Syariah hanya berfokus pada pembiayaan atau pemberian pinjaman khusus untuk keperluan properti.

Baca juga: Gampang Cair, Inilah Daftar Pinjol Bunga Rendah Berizin OJK

Layanan ini juga menerapkan sistem syariah dalam skema pembiayaan tersebut. 

5. Duha Syariah

Situs pinjaman ini cocok untuk Anda yang hobi berbelanja online. Selain itu, Anda bisa juga memanfaatkannya untuk melakukan umroh atau perjalanan wisata halal lainnya. Mantap bukan? 

6. Pinjol Terbaik: Ethis

Situs ini menyediakan pinjaman untuk berbagai keperluan proyek pembangunan, contohnya perumahan, infrastruktur, atau UKM. Ethis menerapkan akad wakalah, musyarakah, dan wakalah bi al-ujrah dalam menjalankan usahanya tersebut. 

7. Papitupi Syariah

Situs milik PT Piranti Alphabet Perkasa ini menyediakan untuk karyawan yang telah bekerja di perusahaan rekanannya selama minimal 2 tahun. Limit yang ditawarkan mencapai Rp 50 juta dengan tenor maksimal 36 bulan. 

Sangatlah penting bagi Anda untuk memilih situs pinjaman online resmi yang telah terdaftar untuk meminimalkan resiko mengalami penipuan dalam layanan keuangan tersebit. 

Sekian, itulah beragam rekomendasi pinjol terbaik berbasis syariah. Namun perlu jadi catatan, jika anda meminjam uang baik langsung maupun lewat layanan pinjaman online, tanamkan pada diri bahwa komitmen untuk membayar dan menyelesaikan kewajiban tersebut dengan naik.  Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu ya.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: PPh Pinjol Mencapai Rp83 Miliar

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto hari ini di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE