27 C
Jakarta
Rabu, 18 Mei, 2022

5 Platform Crowdfunding Indonesia untuk Penggalangan Dana

JAKARTA, duniafintech.com – Platform Crowdfunding Indonesia yang umum dikenal masyarakat adalah donation-based crowdfunding. Hal ini merupakan salah satu jenis urun dana yang paling populer belakangan ini. Crowdfunding yang berbasis donasi biasanya hanya meminta sedikit sumbangan uang tunai dari sejumlah besar orang untuk membangun sebuah proyek atau membantu sesama yang terkena musibah.

Tipe penggalang dana satu ini tidak akan menawarkan imbalan apapun kepada mereka yang sudah memberikan dana. Semua dana yang terkumpul nantinya akan langsung diberikan dalam bentuk donasi. Urun dana berbasis donasi paling baik tentu akan digunakan untuk mengumpulkan uang untuk kebutuhan pribadi serta proyek berbasis komunitas.

Contoh urun dana berbasis donasi yang termasuk juga mengumpulkan uang untuk menutupi biaya pengobatan atau bencana yang tidak terduga, atau mengumpulkan dana untuk sebuah proyek lokal seperti taman komunitas atau taman baru.

Berikut ini adalah beberapa situs crowdfunding yang terbukti aman dan terpercaya di Indonesia untuk menggalang dana dengan mudah dan nyaman.

Platform Crowdfunding Indonesia Terpercaya 2021

  • Kolase.com

Kolase.com merupakan salah situs crowdfunding paling aman pertama yang ada di Indonesia. Situs tersebut menyajikan beragam pilihan campaign bagi pelaku industri kreatif, baik itu musisi, pegiat event, penulis buku, maupun creative planner lainnya.

Kelebihan dari platform ini, antara lain: saling menguntungkan antara kedua belah pihak yakni, campaigner dan juga booster, yakni sebutan bagi pendukung creative planner yang membuat campaign. Adapun beberapa musisi yang sudah melakukan campaign-nya dan berhasil yaitu Tulus, Fourtwnty, Elephant Kind, Mocca, Dekat, dan beberapa musisi Tanah Air lainnya.

  • Akseleran

Akseleran adalah perusahaan P2P lending di Indonesia yang menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman tunai untuk mengembangkan usaha mereka dengan cara mengumpulkan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.

Akseleran juga menyediakan akses permodalan kepada mereka, para pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. Platform ini juga telah membuka alternatif peluang pemberian pinjaman kepada masyarakat Indonesia untuk memperoleh imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada.

  • Ayopeduli.id

Ayopeduli.id merupakan salah satu situs crowdfunding Indonesia yang bertujuan untuk mempertemukan masalah sosial dan pemberi solusi. Situs crowdfunding satu ini nantinya akan mempertemukan masalah sosial dan pemberi solusi (penggerak sosial, sponsor maupun donatur).

Dengan bergabungnya menjadi anggota Ayopeduli, maka anggotanya diharapkan dapat menyelesaikan masalah sosial seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan,dll dengan lebih efektif dan efisien. Situs urun dana satu ini hanya akan memberikan bantuan untuk masalah sosial seperti Bantuan bencana dan banjir, bakti sosial, khitanan massal, dan lain sebagainya.

Untuk proses pengumpulan dana melalui situs ini, bisa dengan cara memberikan dana dengan sistem GoPay dan Bank BRI yang secara langsung tertera di website dalam menu Donasi.

  • Kitabisa.com

Platform Crowdfunding Indonesia selanjutnya adalah kitabisa.com yang memang sudah dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia. Dikutip dari halaman kitabisa.com, yakni website tersebut merupakan situs urun dana yang mewadahi siapa saja untuk berdonasi maupun menggalang dana.

Kitabisa.com merupakan situs crowdfunding yang bisa menjadi tempat bagi penyalur dana bagi orang-orang yang ingin menggalang dana. Bukan hanya itu saja, melainkan situs ini juga menjadi wadah penyalur dalam pengumpulan dana untuk berbagai macam keperluan donasi lainnya seperti edukasi, bantuan kesehatan, kemanusiaan, dan juga proyek-proyek lainnya.

Namun, platform urun dana ini tidak bisa memberikan janji investasi kepada para penyetor dana, artinya Kitabisa akan lebih berfokus kepada pencarian dana amal dan sukarela dengan tujuan kemanusiaan dan pendidikan dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya.

Untuk jenis modal usaha kitabisa.com, diketahui bahwa situs ini tidak berdiri sendiri dan melakukan kerja sama dengan lembaga crowdfunding lainnya yang dibantu dengan anggota dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Hingga sampai pada saat ini, situs urun dana ini berhasil memiliki member lebih dari satu juta orang yang ada di seluruh Indonesia dan telah menyalurkan dana kurang lebih sebanyak Rp450 miliar dalam bentuk berbagai donasi dan zakat.

  • GandengTangan

GandengTangan pertama kali hadir pada tahun 2015 lalu, situs ini memiliki tujuan untuk memfasilitasi kebutuhan finansial usaha mikro. Situs ini hadir untuk mempermudah para pelaku usaha mikro untuk mendapatkan tambahan modal usaha sebagai cara UMKM mendapatkan modal usaha.

Dengan adanya teknologi sekarang ini, mereka ingin mewujudkan perubahan bagi masa depan usaha mikro di Indonesia. Hal tersebut didasari oleh konektivitas, mereka ingin menghubungkan para pemberi dana untuk dapat memberikan dampak sosial bagi perubahan usaha mikro sebagai bentuk kontribusi yang dihasilkan.

Untuk dapat mewujudkan keterhubungan antara pendana dengan usaha mikro tersebut, mereka juga menggagas GT-Trust sebagai mitra mereka untuk mengawasi sistem pendanaan agar transaksi yang dilakukan aman dan transparan.

Sampai saat ini platform crowdfunding Indonesia ini sudah menyalurkan dana kurang lebih sebanyak Rp5,4 miliar kepada lebih dari 1.400 pengusaha mikro yang ada di seluruh Indonesia, serta telah memiliki lebih dari 11 ribu member yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Lagi Cari Cara Investasi Emas dengan Mudah? Simak Ulasannya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas dengan mudah, apakah ada? Tentu saja. Ada banyak cara berinvestasi emas yang tersedia saat ini dan Anda bisa...

Ekuitas Pemegang Saham: Klasifikasi hingga Komponennya

JAKARTA, duniafintech.com – Secara umum, pengertian ekuitas pemegang saham adalah nilai aset atau sejumlah uang yang akan diberikan oleh perusahaan kepada pemilik saham ketika...

Mudah! Begini Cara Blokir ATM BCA yang Hilang atau Tertelan

JAKARTA, duniafintech.com – Cara blokir ATM BCA berikut ini penting diketahui oleh Anda yang kebetulan kartu ATM-nya hilang atau tertelan ketika melakukan transaksi. Adapun...

Pasti Laris Manis! Yuk Ikuti Cara Posting Jualan di Facebook Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara posting jualan di Facebook memang banyak dicari oleh para penjual di lapak-lapak online yang tersedia di salah satu platform media...

Tanpa Ngutang, Begini Cara Beli Mobil Cash dengan Mudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli mobil cash atau kredit sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, memiliki kendaraan sendiri memang menjadi impian banyak orang.  Sejatinya, impian itu...
LANGUAGE