28.3 C
Jakarta
Jumat, 19 Juli, 2024

Platform E-Wallet DANA Raih Pertumbuhan Terpesat di Kuartal III-2021

Layanan dompet digital atau e-wallet DANA disebut menjadi platform dengan pertumbuhan terpesat pada kuartal III-2021 dengan pertumbuhan mencapai 43%. Hasil itu berdasarkan pada survei yang dilakukan oleh lembaga riset dan konsultasi pasar YouGov.

Survei tersebut melibatkan lebih dari 4.000 responden secara nasional. Pertumbuhan ini pun disebut melanjutkan tren pertumbuhan di dua kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan ini dipicu oleh bertambahnya pengguna baru dari kalangan usia 25-34 tahun atau 32% dari jumlah pengguna DANA, dan kalangan usia di atas 35 tahun atau 34%, yang di antaranya termasuk pengguna pemula.

Chief Marketing Officer DANA Monita Moerdani mengatakan, hasil survei ini menunjukkan semakin banyak masyarakat yang percaya terhadap kemudahan, keamanan, dan kenyamanan yang dihadirkan DANA sebagai solusi terintegrasi dalam memenuhi berbagai kebutuhan transaksi.

“Kami percaya, adanya percepatan adopsi digital keuangan ini kelak berimbas positif terhadap pemulihan ekonomi nasional dari tantangan pandemi,” kata Monita sebagaimana dikutip, Selasa (16/11).

Menunjukkan Kesiapan Keuangan Digital Masyarakat

Menurutnya, bertambahnya pengguna DANA juga merefleksikan tumbuhnya kesiapan keuangan digital masyarakat. Dengan begitu juga menegaskan posisinya sebagai dompet digital pilihan masyarakat untuk melakukan transfer uang di kuartal III-2021.

“Survei YouGov juga menunjukkan keberhasilan DANA memperkuat posisinya sebagai dompet digital yang paling digemari untuk transaksi pengiriman uang,” ujarnya.

Dari survei yang sama digambarkan bahwa DANA banyak dipilih untuk melakukan transfer uang yaitu sebanyak 29% responden, setelah mobile banking sebesar 42% responden, dan transfer melalui ATM sebanyak 38%.

Selain pengiriman uang, pertumbuhan jumlah pengguna DANA juga didukung penggunaan fitur-fitur DANA yang meningkat dibandingkan kuartal II-2021, di antaranya isi ulang pulsa ponsel sebesar 26% dan pembayaran e-commerce sebesar 17%.

Pertumbuhan Juga Diikuti Peningkatan Persepsi User

Persepsi pengguna terhadap DANA juga kian membaik di kuartal ketiga 2021 khususnya pengguna di usia 18 hingga 24 tahun yang menilai DANA dari segi kualitas layanan yang ditawarkan.

Masyarakat menilai DANA aman, proses pembayaran online yang mudah, terkoneksi dengan beragam aplikasi dan diterima di mana-mana, user-friendly, dan bebas biaya administrasi.

“Kepercayaan pengguna akan kami jadikan acuan untuk terus melakukan inovasi serta mengkomunikasikan manfaat dan nilai lebih yang dapat mereka rasakan saat bertransaksi digital menggunakan DANA,” ucap Monita.

Tumbuh Tinggi di Tengah Pandemi

Selain itu, survei YouGov ini juga menunjukkan bahwa jumlah pengguna DANA bertambah signifikan justru di bulan Juli, di tengah pengetatan yang dilakukan oleh pemerintah karena adanya gelombang varian Covid-19 delta.

Melonjaknya kasus Covid-19 di awal kuartal ketiga 2021 telah menghambat aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan ekonomi, namun sejumlah bisnis masih bisa membukukan pertumbuhan positif, terutama di industri ekonomi digital.

Berdasarkan survei YouGov, tingkat kekhawatiran masyarakat terhadap pandemi lagi tinggi-tingginya pada saat itu, yaitu menyentuh 77% di bulan Juli 2021. Akan tetapi, penggunaan alat pembayaran digital justru semakin masif dan diminati masyarakat.

 

Penulis: Nanda Aria

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU