27.5 C
Jakarta
Jumat, 29 Mei, 2020

Prediksi Pasar Fintech 2019, Ini Dia!

duniafintech.com – Tahun 2018 adalah tahun yang penuh dengan berbagai inovasi dari dunia fintech. Bagaimana dengan tahun 2019 ini? Apa saja hal baru yang mungkin terjadi di dalam industri ini? Berikut ini prediksi pasar fintech 2019.

Zach Perret, co-founder serta CEO Plaid yang kini berhasil terhubung dengan 20 juta pelanggan bank dengan aplikasi teknologi finansial seperti Robinhood, Venmo dan Conbase menyebutkan beberapa prediksi pasar fintech tahun ini!

Baca juga: MIT Technology Review Tentang Blockchain 2019

  1. Debit Card dari Perusahaan Fintech akan Semakin Populer

Amandemen Durbin adalah bagian dari reformasi keuangan Dodd-Frank 2010 yang memotong biaya yang harus dibayar pedagang ke bank ketika pelanggan menggunakan kartu debit. Perusahaan-perusahaan yang dikecualikan bersama-sama dengan afiliasinya, perusahaan dengan aset kurang dari $ 10 miliar dibebaskan dari standar biaya pertukaran, menurut Federal Reserve.

“Pertukaran debit Durbin telah terbukti menjadi model pendapatan yang layak. Kita bisa berharap semakin banyak aplikasi yang mengeluarkan kartu debit. Demikian juga, akan ada lebih banyak uang tunai instan,” kata Perret.

2. Banyak Perusahaan Akan Meninggalkan Iklan untuk Mendapatkan Pelanggan

Akuisisi berbasis iklan tidak lagi menguntungkan, kata Perret. Sebaliknya, perusahaan akan beralih ke referensi, merek, produk, dan diferensiasi harga.

3. Eropa akan Jadi Pusat Kekuatan Fintech

Perusahaan fintech Eropa akan berhasil pindah ke AS, mengambil bagian dari pemain lama. Perusahaan pemberi pinjaman akan berjuang untuk melebarkan sayap secara internasional.

4. Penggunaan Kartu Kredit Akan Berkurang

Sistem pembayaran yang maju pesat mungkin akan mengancam perusahaan penyedia layanan kartu kredit. Tingkat pemrosesan kartu kredit di Amerika Serikat akan mengalami tekanan yang meningkat karena cara pembayaran lainnya membaik (mis: RTP) dan cara pembayaran baru diluncurkan (mungkin termasuk penggunaan cryptocurrency). Dorongan debet akan terus tumbuh dan mengancam jaringan ACH.

Baca juga: Asuransi On-Demand dari Startup Slice Labs

5. Pasar Fintech akan Semakin Meluas

Semakin banyaknya orang yang tidak bisa dipisahkan dari ponsel mereka membuat industri fintech akan semakin meluas penggunaannya.

“Ketika fungsi menjadi lebih luas, fintech akan tertanam di mana-mana,” kata Perret. “Memindahkan uang, menyimpan dana, meminjamkan, dll. Fintech akan menjadi fitur penting untuk berbagai produk.”

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indofund.id

Tentang Indofund.id Indofund.id adalah perusahaan P2P (Peer to Peer) lending yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)....

TaniFund

Tentang TaniFund TaniFund merupakan anak perusahaan dari TaniHub (Marketplace Produk Pertanian). TaniHub menghubungkan para petani dari berbagai daerah di Indonesia...

Pinjam Gampang

Tentang Pinjam Gampang Pinjam Gampang adalah PT Kredit Plus Teknologi yang didirikan pada November 2017. Perusahaan ini merupakan...

Crowde

Tentang Crowde Crowde adalah platform investasi yang bergerak khusus di agrikultur, didirikan sejak September 2015. Platform ini berupaya...

Kredito

Tentang Kredito Kredito bukan hanya sekedar penyedia layanan peminjaman berbasis teknologi namun lebih dari itu, perusahaan ini mempunyai...
LANGUAGE