27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Produk Fintech di Indonesia yang Berkembang Pesat

JAKARTA, duniafintech.com – Bisa dikatakan pertumbuhan layanan produk financial technology (fintech) sangat pesat di Indonesia, dimana lembaga keuangan baru didirikan setiap tahunnya untuk membantu memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat.

Alhasil, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang akhirnya tertarik untuk mencoba layanan atau produk tekfin, terutama generasi milenial yang melek finansial. Berbicara mengenai produk fintech yang sedang berkembang di Indonesia, rasanya kurang lengkap jika belum menjelaskan keunggulan dari layanan ini.

Ya, meskipun masih ada orang yang ragu dengan layanan fintech karena takut ditipu. Jika memiliki izin OJK dan informasi yang akurat tentang lembaga dan biaya layanan, tidak ada salahnya menggunakan produk fintech untuk mendapatkan pembiayaan baru.

Keunggulan utama produk fintech di Indonesia adalah perannya dalam mendorong inklusi keuangan. Diharapkan kehadiran produk fintech jenis ini di Indonesia dapat mendukung inklusi keuangan nasional sehingga dapat mencapai target 75 persen yang ditetapkan oleh Dewan Inklusi Keuangan Nasional.

Berdasarkan tujuan tersebut, diharapkan layanan fintech dapat berkembang pesat dan mencapai tujuannya, karena basis layanan lembaga keuangan ini adalah online. Kemudian, layanan keuangan online dinilai jauh lebih efisien dan mudah diakses oleh hampir semua orang, terutama generasi milenial. Tidak perlu repot lagi ke bank, masyarakat bisa mengirim uang atau bahkan menerima uang dari perusahaan fintech.

Selain itu, kehadiran produk fintech di Indonesia dapat membantu masyarakat mendapatkan pinjaman yang terjangkau. Jenis produk fintech dapat dibedakan berdasarkan proses dan tujuan transaksi keuangan pengguna atau nasabah. Kegiatan masyarakat yang menggunakan fintech antara lain belanja online, investasi online, pinjaman online, pembayaran online, dll.

Baca jugaTutorial Investasi Bitcoin dan Keuntungannya, Simak di Sini

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaApa Perbedaan Bitcoin dan Bitcoin Cash? ini Dia!

Produk Fintech di Indonesia

Berikut beberapa produk fintech yang saat ini berkembang pesat di Tanah Air:

  1. Pinjaman peer-to-peer (P2P)

P2P (peer to peer lending) adalah salah satu jenis layanan fintech yang mempertemukan pemberi pinjaman dan peminjam secara langsung. Singkatnya, P2P lending adalah marketplace untuk pinjam meminjam uang. Pengoperasian fintech jenis ini mirip dengan asosiasi simpan pinjam, di mana pinjaman P2P dilakukan melalui platform dalam hal ini.

Beberapa perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman peer-to-peer yakni:

  • Amartha
  • KoinWorks
  • Klik ACC
  • DanaKita
  1. Pinjaman online

Pinjaman online atau pinjol adalah salah satu jenis fintech yang menawarkan layanan pengelolaan kredit atau pinjaman uang yang dapat diproses secara online. Dari segi prosedur, pengajuan pinjaman tunai online jauh lebih mudah dibandingkan dengan pengajuan pinjaman tanpa agunan (KTA) atau pinjaman pribadi yang ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan lain. Hal ini membuat produk fintech berupa pinjaman online berkembang sangat pesat di Indonesia. Beberapa fintech pinjaman online populer antara lain:

  • Kredit pintar
  • Uang Teman
  • Tokopedia
  • ShopeePinjam
  1. Crowdfunding

Crowdfunding adalah praktik mengumpulkan uang dari banyak orang secara online untuk membiayai proyek atau bisnis. Jenis produk fintech ini sangat populer di Indonesia karena mirip dengan pasar. Beberapa contoh perusahaan crowdfunding meliputi:

  • Kitabisa.com
  • Kolase.com
  • Gandengtangan.co.id
  • Indiegogo.com
  • Kickstarter.com

Baca jugaHati-Hati Penipuan Bitcoin! Ini Tips untuk Menghindarinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE