31 C
Jakarta
Sabtu, 20 Agustus, 2022

Tokopedia dan Modalku Menelurkan Produk Fintech Teranyar, Modal Toko

duniafintech.com – Tokopedia dan Modalku telah menjalin kerjasama untuk menelurkan produk Financial Technology (Fintech) teranyar, Modal Toko, yang didesain untuk mempermudah merchant online memperoleh pinjaman modal usaha dalam waktu yang singkat dan memiliki fleksibilitas tinggi.

Pengumuman ini sekaligus melengkapi rangkaian produk Fintech yang sudah diluncurkan perusahaan, yaitu Pinjaman Modal dan tentunya Modal Toko. Modalku termasuk salah satu Fintech yang berpartisipasi di dalam produk tersebut.

Pada awal pekan ini, AVP Fintech Tokopedia, Samuel Sentana, mengatakan:

“Di Tokopedia ada enam juta merchant, 70% di antaranya adalah first time entrepreneur. Artinya, mereka tidak punya latar belakang finansial yang cukup dan tidak banyak institusi yang bisa bantu mereka.”

Baca juga: OVO Bangun Vending Machine SmartCube : Adopsi Pembayaran Cashless

Bantu Merchant Potensial yang Tak Bisa Akses Bank

Co-Founder dan CEO Modalku, Reynold Wijaya mengatakan bahwa kemitraan dengan Tokopedia adalah cara untuk memperluas akses ke pinjaman usaha yang terjangkau bagi mereka yang tidak bisa mengakses perbankan dengan berbagai faktor.

Reynold pun berharap agar usaha-usaha kecil dalam Merchant Online potensial, layak, serta bertanggung jawab, dapat mengembangkan kapasitasnya dan berekspansi.

Modal Toko pun telah diapresiasi oleh Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Hendrikus Passagi. Ia berpendapat bahwa secara statistik, usaha mikro dan kredit butuh banyak institusi yang bisa membantu OJK menyalurkan pinjaman modal.

Hendrikus menjelaskan, ada 60 juta usaha kecil dan mikro yang beroperasi di Indonesia. Kontribusinya terhadap GDP sangat besar yakni mencapai 70%. Penyerapan tenaga kerja aktif juga tergolong besar, hingga 95% dari seluruh usaha. Ia pun mengatakan:

“Tetapi mirisnya, hanya ada 16 juta rekening usaha kecil dan menengah yang ada di bank. Yang lainnya kemana? Artinya butuh banyak institusi yang bisa menyalurkan pinjaman ke mereka.”

Baca Juga: Selain Sektor Pertanian, DanaRupiah Juga Sentuh Sektor Pendidikan

Fitur dari Modal Toko

Perihal fitur dari Modal Toko, Samuel pun menjelaskan bahwa produk ini akan menyediakan pinjaman modal hingga Rp300 Juta yang dapat ditarik kapan saja dan berapa saja sesuai kebutuhan, sampai batas kredit limit tercepat. Pengajuannya pun cukup mudah hanya dengan mencantumkan KTP tanpa agunan.

Merchant yang ingin mengajukan pinjaman melalui Modal Toko pun melingkupi semuanya, baik yang baru bergabung ataupun yang sudah lama memanfaatkan Tokopedia. Perbedaannya terletak di sisi penawaran, jika sudah lama tentu akan lebih menarik penawarannya.

Dari sisi proses persetujuan pinjaman, Samuel pun menerangkan bahwa itu akan memakan waktu rata-rata satu hari. Jika sudah disetujui, pinjaman modal akan masuk ke Saldo Tokopedia secara real time dan bisa langsung ditarik tunai. Tenor pinjaman yang diberikan mulai dari 3 sampai 12 bulan dengan bunga yang diklaimnya rendah dan juga tetap (flat), tanpa ada biaya admin atau provisi lainnya.

Image by Preben Gammelmark from Pixabay

-Syofri Ardiyanto-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Harga Anjlok Jangan Risau! Ini Strategi Trading Kripto yang Top

JAKARTA, duniafintech.com - Saat harga aset kripto sedang anjlok/mengalami penurunan, janganlah risau. Ada strategi trading kripto yang mesti Anda terapkan.  Trading kripto saat menjadi salah...

Harga BBM Pertalite Akan Naik, Dampaknya Mengerikan!

JAKARTA, duniafintech.com – Harga BBM Pertalite dan solar yang merupakan bahan bakar subsidi pemerintah akan dinaikkan pada minggu depan. Hal itu dilakukan karena subsidi yang...

Rekomended! Ini Aplikasi Faucet Bitcoin yang Terpercaya di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Pemain industri kripto tentu gak asing lagi dengan istilah faucet. Ada rekomendasi aplikasi faucet Bitcoin terpercaya dan bisa dicoba.  Faucet kripto atau...

Project NFT Asal Indonesia Terpopuler, Bukan Cuma Ghozali Lho!

JAKARTA, duniafintech.com - Masih ingat dengan Ghozali? Karyanya merupakan salah satu project NFT asal Indonesia yang populer dan mendunia.  Tapi siapa sangka, bukan cuma Ghozali...

Mengenal Koisan, Game NFT Indonesia yang Pantas Diperhitungkan

JAKARTA, duniafintech.com - Game NFT Koisan yang merupakan produk asli dalam negeri telah hadir meramaikan jagat industri non-fungible token.  Dalam perkembangan teknologi NFT yang kian...
LANGUAGE