26.2 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Produk Pinjaman Online tanpa Agunan untuk Kebutuhan Dadakan

JAKARTA, duniafintech.com – Tren masyarakat untuk mengajukan produk pinjaman online tanpa agunan kini semakin marak dan menjamur. Tingginya minat masyarakat tersebut karena proses pengajuan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online sangat mudah dan tidak ribet.

Serta proses pencairannya yang cepat bila dibandingkan dengan proses pengajuan pinjaman di perbankan.

Akan tetapi, karena tingginya minat masyarakat yang mengajukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online, banyak pula pihak-pihak tak bertanggung jawab tanpa pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kali ini, DuniaFintech.com akan menghadirkan beberapa pilihan layanan pinjaman online tanpa agunan yang menawarkan proses cepat dan memiliki persyaratan mudah (tanpa kartu kredit dan modal KTP saja).

Selain itu masing-masing perusahaan juga tentunya terdaftar di OJK. Simak sistem mana yang paling tepat untuk situasi Anda.

Baca jugaDampak Negatif Pinjaman Online: Risiko Kehilangan Aset

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaBahaya Pinjaman Online Ini Penting Diketahui Calon Peminjam, Waspadalah!

Produk Pinjaman Online tanpa Agunan

1. Singa Fintech

Produk aplikasi pinjaman online tanpa agunan yang pertama adalah Singa yang mematok suku bunga pinjaman mulai dari 0,5% per hari. Apabila debitur meminjam Rp1 juta selama 30 hari melalui aplikasi Singa, maka uang yang harus dikembalikan sejumlah Rp1,15 juta.

Selain jenis pinjaman tersebut, Singa juga memiliki produk pinjaman khusus karyawan dengan bunga mulai dari 3% per bulan. Apabila seorang karyawan mengajukan pinjaman sebesar Rp1 juta selama 1 bulan, maka jumlah pengembaliannya sebesar Rp1,13 juta, sedikit lebih rendah dari pinjaman kategori umum.

Singa memiliki kebijakan berupa denda keterlambatan sebesar 0,6% dengan biaya proses keterlambatan sebesar 0,4% dari pokok pinjaman yang dihitung sejak hari pertama keterlambatan. Oleh karena itu, upayakan untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu.

Persyaratan bagi debitur yang bisa mengajukan pinjaman melalui Singa adalah warga negara Indonesia berusia 21 hingga 65 tahun yang tinggal di Jabodetabek dengan minimum penghasilan Rp2,3 juta serta memiliki KTP dan rekening bank aktif.

2. Dana Fix

Dana Fix Adalah layanan pinjam meminjam berbasis teknologi digital yang menawarkan dua jenis pinjaman yakni jenis pinjaman pertama adalah layanan pinjaman dengan tenor 10-30 hari dengan jumlah plafon pinjaman sebesar Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta.

Untuk pinaman ini bisa langsung cair dalam 24 jam dan debitur tidak akan dikenakan bunga maupun biaya layanan. Biaya baru akan dibebankan kepada debitur apabila telat melakukan pembayaran pinjaman dengan biaya keterlambatan sebesar Rp100 ribu.

Kemudian jenis pinjaman kedua adalah layanan pinjaman dengan tenor 61-180 hari dengan plafon pinjaman hingga Rp 6 juta. Untuk jenis ini, kreditur akan dikenakan biaya platform sebesar 3 persen per bulan. Dan biaya pemberi pinjaman sebesar 12 persen per bulan.

Saat ini, pengajuan pinjaman Dana Fix hanya bisa dilakukan melalui situs resmi Dana Fix dengan persyaratan usia 22 hingga 60 tahun dan berpenghasilan minimum Rp2 juta serta berdomisili dan bekerja di Indonesia.

3. Dana Bagus

Dana Bagus adalah aplikasi pinjaman khusus untuk mahasiswa yang membutuhkan tambahan biaya kuliah ataupun biaya pendidikan dengan proses pengajuan yang cepat. Plafon pinjaman yang ditawarkan layanan ini mulai dari Rp100 ribu hingga Rp10 juta dengan tenor pinjaman hingga dua tahun. Setiap pinjaman dari layanan ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1% dari total pinjaman. Persyaratan untuk bisa mengajukan pinjaman di Dana Bagus adalah mahasiswa yang memiliki nomor induk mahasiswa (NIM). Serta terdaftar sebagai mahasiswa aktif dan telah menjadi mitra dari Dana Bagus.

Selain 3 aplikasi di atas, masih banyak lagi produk aplikasi lainnya yang bisa memberikan pinjaman online tanpa agunan dengan proses mudah. Namun, pertimbangkan dengan bijak sebelum mengajukan pinjaman online. Karena apabila salah perhitungan, justru akan bisa menimbulkan masalah keuangan yang lebih besar.

Selain itu, pastikan produk serta layanan pinjaman online tanpa agunan yang dipilih adalah yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Baca jugaRagam Produk Pinjaman Bank Syariah di Indonesia yang Halal dan Berkah

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE