28.4 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Duet Gopay dan BI Menyasar Investor Milenial Lewat Program FinanSiap

Program FinanSiap – Layanan dompet digital GoPay di bawah ekosistem GoTo Financial bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berkolaborasi memberikan edukasi keuangan sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik serta cerdas untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Edukasi yang merupakan bagian dari perluasan program FinanSiap ini menyasar masyarakat kelompok usia muda yang sekarang menjadi kelompok investor retail terbesar di pasar modal Indonesia.

Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria menjelaskan, GoPay terus memperluas fungsi dan perannya untuk membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.

“Melalui program edukasi FinanSiap yang telah kami mulai sejak Juli lalu, kami telah menjangkau 56 ribu penonton melalui diskusi virtual yang dengan para pakar keuangan dan investasi,” katanya di Jakarta, Senin (25/10).

Dia pun meneruskan, dengan melihat antusiasme anak muda yang sangat tinggi, kali ini, pihaknya memperluas cakupan materi edukasi FinanSiap termasuk tentang investasi saham di pasar modal.

“Materi edukasi ini juga akan kami perluas kepada para pengguna dan mitra usaha (merchant) GoPay, Gojek, Tokopedia. Harapannya bersama BEI kami dapat mengedukasi calon investor pasar modal agar dapat berinvestasi sesuai dengan profil risiko masing-masing,” ujarnya.

Menyasar Investor Milenial

Adapun, kolaborasi ini diselenggarakan sebagai bagian dari menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan (BIK). Sekaligus, sambungnya, mempertegas komitmen GoPay, Gojek dan Tokopedia mewujudkan layanan jasa keuangan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya milenial.

“Program FinanSiap didesain untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi,” ujarnya.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terjadi kenaikan jumlah investor pasar modal dari 2.484.354 pada tahun 2019 menjadi 3.880.753 pada akhir tahun 2020, dan bahkan mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021 lalu.

Data per September 2021, tercatat 59,23% dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda di bawah usia 31 tahun.

Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat

Akan tetapi, peningkatan jumlah investor ritel tersebut belum diikuti oleh peningkatan literasi keuangan masyarakat. Berdasarkan hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan OJK pada 2019 indeks literasi keuangan hanya berada di level 38%.

Dalam rangka meningkatkan literasi keuangan itulah program FinanSiap diinisiasi oleh GoTo. Program ini terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga dapat mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula.

Konten edukasi tersebut dikemas dalam bentuk website, artikel, video, webinar, infografis, serta podcast. Program ini melibatkan berbagai pakar dan ahli pasar modal sebagai pemateri serta narasumber.

Adapun materi edukasi FinanSiap yang tersedia di gopay.co.id/finansiap disusun ke dalam tiga modul yang mencakup: perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pengenalan jenis investasi.

Mencetak Investor Ritel yang Cerdas

Sementara itu, Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menuturkan, Gopay, Gojek, dan Tokopedia sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat, yang tidak hanya memiliki keterlibatan serta basis konsumen yang luas, tetapi juga ekosistem layanan yang lengkap.

Program edukasi FinanSiap ini, tambahnya, sangat positif dan sejalan dengan target edukasi pasar modal yang selama ini dilakukan oleh BEI.

Untuk itu, pihaknya menyambut baik kolaborasi ini untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal, sembari memastikan pesan BEI untuk mencetak investor ritel pemula yang cerdas tersampaikan.

“Kami berharap bahwa sinergi BEI dengan GoTo bersama kekuatan ekosistemnya dapat membawa tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi di kalangan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

 

Penulis: Nanda Aria

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...
LANGUAGE