29.5 C
Jakarta
Jumat, 21 Juni, 2024

PT BEST Eco Racing: Kontroversi MLM dan Dugaan Skema Ponzi

JAKARTA, duniafintech.com – BEST (PT Bandung Eco Sinergi Teknologi), dikenal sebagai perusahaan di balik produk Eco Racing, memang menjadi perbincangan hangat terkait skema pemasarannya.

PT BEST Bisnis MLM dengan Reputasi Kontroversial

PT BEST menjalankan skema Multi-Level Marketing (MLM) untuk memasarkan produknya, yang termasuk Eco Racing (tablet penghemat bahan bakar) dan produk lainnya seperti kosmetik dan pupuk pertanian.

Namun, skema MLM PT BEST menuai kontroversi.

pt best

Diduga Pernah Masuk Daftar Hitam

Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pernah memasukkan PT BEST ke dalam daftar entitas yang diwaspadai pada tahun 2018. Ini dikarenakan PT BEST saat itu belum mengantongi izin usaha pemasaran produk dan penawaran investasi.

Izin Usaha dan Pengawasan

Meskipun PT BEST kini sudah memiliki Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) dari Kementerian Perdagangan, mereka tetap menjadi subjek pengawasan.

Dugaan Skema Ponzi

Banyak pihak mempertanyakan praktik bisnis PT BEST. Para pengamat keuangan mencurigai fokus bisnis PT BEST lebih condong ke rekrutmen member baru ketimbang penjualan produk.

Ciri ini seringkali dikaitkan dengan skema Ponzi, di mana keuntungan member justru berasal dari rekrutmen anggota baru, bukan penjualan produk secara riil.

PT BEST Eco Racing: Kontroversi MLM dan Dugaan Skema Ponzi

Kesimpulan

  • Meskipun PT BEST saat ini memiliki izin usaha, kontroversi terkait skema MLM mereka dan dugaan ke arah ponzi masih mencuat.
  • Sebagai calon peserta MLM, penting untuk melakukan riset yang mendalam terhadap PT BEST. Pelajari produk, skema komisi, dan reputasi perusahaan sebelum bergabung.
  • Sumber terpercaya seperti Satgas Waspada Investasi (OJK) dan Lembaga Perlindungan Konsumen dapat menjadi acuan untuk mencari tahu kredibilitas PT BEST.
  • Waspadalah terhadap iming-iming keuntungan besar yang tidak realistis. Selalu utamakan kewaspadaan dan pertimbangan matang sebelum memutuskan bergabung dengan MLM apapun.

skema ponzi

Baca jugaCara Memilih Bisnis MLM yang Tepat: Panduan Lengkap untuk Pemula

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU