25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Rekening Ponsel, Mudahnya Bertransaksi dalam Hitungan Menit

Rekening ponsel adalah salah satu fitur dari perbankan yang sangat berguna dan telah dimanfaatkan oleh banyak orang di Indonesia. Kehadiran rekening gawai ini ada sejak ponsel cerdas bisa mengakses internet, yang memudahkan pengguna menyelesaikan berbagai transaksi perbankan dalam hitungan menit.

Apa itu Rekening Ponsel?

Rekening ponsel adalah layanan perbankan yang hadir di smartphone yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna yang telah mengaktifkannya.

Layanan dari perbankan ini membuat nasabah lebih efektif melakukan berbagai kegiatan keuangan. Siapa pun bisa melakukan transaksi di mana saja dengan catatan koneksi jaringan internet yang dimiliki memadai.

Dengan kata lain, pengguna rekening ponsel CIMB, misalnya, tak perlu mengunjungi bank yang bersangkutan atau ATM terdekat untuk melakukan transaksi.

Untuk mendapatkan layanan rekening ponsel ini, nasabah bank tertentu harus mendatangi customer service bank tersebut. Proses pengaktifan rekening ini, sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan waktu lama.

Adapun persyaratan yang diperlukan untuk mengaktifkannya, nasabah hanye perlu membawa buku tabungan dan KTP asli saja. Dengan demikian, barulah nasabah bisa menikmati layanan perbankan ini.

Berbagai Fitur Rekening Ponsel

Ada berbagai macam fitur rekening di smartphone yang bisa kamu aktifkan untuk mempermudah segala urusanmu. Inilah fitur-fitur perbankan yang ada di ponsel.

1. SMS Banking

SMS banking adalah fasilitas yang paling pertama muncul di ponsel. Sudah hadir sebelum teknologi internet secanggih sekarang.

Dengan SMS banking, nasabah bisa melakukan transfer, mengecek mutasi, mengecek kurs mata uang dunia, dan manfaat lainnya. Caranya adalah dengan mengirimkan SMS berisi kode tertentu ke nomor tujuan yang dimiliki oleh bank yang kamu pilih.

Penggunaannya sangat praktis karena dengan mengirim SMS saja bisa melakukan berbagai keperluan perbankan. Namun, yang perlu digarisbawahi, ada biaya yang akan dikenakan setiap transaksi dilakukan.

2. Mobile Banking

Tidak hanya SMS banking, mobile banking pun bisa diandalkan untuk keperluan sehari-hari. Sejauh ini, penggunaan mobile banking paling banyak dimanfaatkan oleh nasabah bank karena lebih mudah pengaplikasiannya. Cara mengaktifkan mobile banking pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi mobile banking di ponsel dan mengaktifkannya melalui bank. Tips agar aman menggunakan mbanking ini, pastikan ganti pasword secara berkala.

Manfaatnya untuk Pengguna

Ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika mengaktifkan rekening ini. Berikut di antaranya:

1. Transfer uang

Transfer uang sekarang sangat mudah dengan kehadiran rekening di ponsel. Untuk hal ini, pengguna hanya perlu menyiapkan nomor rekening tujuan. Kemudahan yang lain, pengguna tidak perlu repot menghafal kode bank karena di dalam layanan ini sudah otomatis tersedia.

Uang transfer juga biasanya akan diterima dalam beberapa menit saja. Jadi sangat cepat dan praktis.

2. Cek Mutasi

Kehadiran fitur ini juga mempermudah nasabah untuk melakukan pemeriksaan berkala. Nasabah bisa tahu dari mana saja uang masuk ke rekening dan ke mana saja uang ditransferkan.

3. Bayar Tagihan

Tidak dapat dipungkiri jika kehadiran rekening di ponsel membuat segala aktivitas perbankan jadi terbantu. Untuk membayar tagihan bulanan bisa menggunakan rekening ponsel dan fitur yang ada di dalamnya.

Khusus di mobile banking, nasabah bisa mengatur debit. Tagihan akan secara otomatis didebit dari rekening tanpa harus login terlebih dahulu. Untuk itulah penggunaan rekening di ponsel ini sangat penting karena membuat hidupmu jadi lebih berkualitas.

4. Fitur Menarik

Fitur tambahan menarik lain yang ada di rekening koran contohnya ada pada mobile banking. Tidak hanya membayar tagihan, tapi juga bisa digunakan untuk membayar belanja dilakukan di toko online manapun.

Lalu, ada juga mobile banking yang membuka layanan QRIS. Nasabah dapat membayar makanan di sebuah merchant, membayar belanjaan di  minimarket, dan sebagainya.

Itu tadi informasi tentang rekening ponsel yang bisa dimanfaatkan di era sekarang ini. Nah, agar aman menggunakan rekening ini, jangan pernah memberikan password dan kode OTP pada siapa pun.

 

Penulis: Anju Mahendra

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE