31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Repeat Order: Ketahui Manfaat & 6 Tips Membuatnya

Repeat order adalah salah satu istilah dalam dunia bisnis yang penting untuk diketahui. Ketika mengelola bisnis, baik secara online maupun offline, tujuan utama para pelaku bisnis adalah membangun kelompok pelanggan setia. 

Pelanggan yang setia memiliki kecenderungan untuk melakukan pembelian berulang, mengurangi kebutuhan untuk terus-menerus mencari pelanggan baru guna memasarkan produk atau layanan. 

Repeat order, yang merujuk pada pembelian berulang oleh konsumen yang sama, memiliki dampak positif pada efisiensi penjualan. Selain itu, fenomena repeat order juga mencerminkan keberhasilan dalam meyakinkan konsumen bahwa produk atau layanan yang ditawarkan merupakan pilihan terbaik. 

Hal ini menciptakan keyakinan konsumen dan mendorong mereka untuk kembali membeli produk atau layanan yang telah dijual, memperkuat hubungan bisnis yang berkelanjutan. Berikut ini ulasan selengkapnya terkait repeat order yang perlu diketahui, seperti dinukil dari gramedia.com.

Apa Itu Repeat Order? 

Repeat order adalah tindakan pelanggan memesan kembali barang atau jasa yang sama setelah sebelumnya melakukan pembelian. Hal ini umumnya terjadi ketika pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa sebelumnya yang telah diterimanya. 

Baca juga: Strategi Pemasaran Konten yang Efektif untuk Bisnis [2024]

Repeat Order

Fenomena repeat order tidak hanya mencerminkan kepuasan tinggi pelanggan, tetapi juga berpotensi meningkatkan pendapatan perusahaan. Adanya repeat order dihargai oleh pelaku bisnis atas beberapa alasan, antara lain:

  • Repeat order dapat mengurangi biaya pemasaran karena pelanggan yang sudah berpengalaman lebih cenderung untuk membeli lagi tanpa memerlukan upaya pemasaran yang intensif.
  • Pelanggan yang melakukan repeat order menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap produk atau jasa perusahaan, menciptakan fondasi hubungan yang kokoh.
  • Adanya repeat order dapat memberikan kestabilan pendapatan karena pelanggan yang setia memiliki kecenderungan untuk terus bertransaksi dengan perusahaan.
  • Pelanggan yang melakukan repeat order cenderung menjadi pelanggan yang setia dan loyal, yang dapat membantu meningkatkan reputasi dan kredibilitas perusahaan di mata konsumen.
  • Repeat order dapat mengurangi biaya operasional karena perusahaan tidak perlu mengalokasikan dana besar untuk mencari pelanggan baru secara terus-menerus.

Manfaat dari Repeat Order

Pebisnis tentu berupaya menjadikan produknya yang dijual sebagai produk terbaik agar memikat hati pelanggan dan mendorong terjadinya repeat order. Produk yang unggul dapat menciptakan kepuasan konsumen, mendorong mereka untuk melakukan pemesanan kembali. 

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, repeat order menjadi prioritas para pebisnis karena memberikan sejumlah manfaat penting untuk kelangsungan bisnis.

1. Mempertahankan Konsumen

Jumlah pelanggan yang melakukan repeat order menunjukkan tingkat kepuasan mereka terhadap produk dan layanan yang diterima. Kepuasan konsumen menjadi landasan strategis jangka panjang bagi perusahaan, karena semakin baik pengalaman pelanggan dengan produk yang dibeli, semakin kecil kemungkinan mereka meninggalkan bisnis tersebut.

2. Meningkatkan Pangsa Pasar

Sebelum melibatkan diri dalam transaksi, pelanggan cenderung membuat keputusan pembelian berdasarkan pengalaman dan persepsi mereka terhadap produk dan penyedia jasa. Proses ini tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan dipengaruhi oleh interaksi pelanggan dengan perusahaan.

Jika pelanggan memiliki pengalaman positif dengan kamu, kemungkinan besar mereka akan kembali memilih produk dari perusahaan tersebut. Pelanggan yang setia cenderung memberikan rekomendasi bisnis kamu secara sukarela kepada rekan, keluarga, atau orang lain.

Dengan pelanggan loyal kamu yang berhasil membawa orang lain untuk bertransaksi dengan perusahaan, hal ini menunjukkan kemampuan pelanggan setia untuk memperluas pasar yang sebelumnya mungkin sulit dijangkau oleh perusahaan.

3. Menekan Biaya Pemasaran

Biaya pemasaran mencakup semua pengeluaran yang terkait dengan promosi produk, seperti biaya iklan dan promosi. Meskipun keberhasilan hasil dari upaya pemasaran tidak selalu dapat dijamin, memiliki pelanggan setia yang secara konsisten melakukan repeat order dapat mengurangi ketergantungan pada biaya promosi.

4. Mengurangi Biaya Operasional

Sama seperti biaya pemasaran, biaya operasional per transaksi dapat ditekan dengan adanya repeat order dari pelanggan. Hal ini memungkinkan pengalokasian dana yang sebelumnya digunakan untuk biaya operasional ke aspek lain seperti perawatan atau pemberian bonus kepada pelanggan.

Untuk membangun pelanggan setia, perusahaan perlu memastikan bahwa pengalaman pelanggan sejak awal transaksi memberikan kesan yang positif. Kesan pertama pelanggan memiliki peran kunci dalam menentukan apakah mereka akan kembali atau tidak. 

Jika pelanggan merasa nyaman dan puas dengan produk atau layanan sejak awal, kemungkinan besar mereka akan melakukan transaksi kembali di tempat yang sama.

5. Membangun Pelanggan yang Setia

Membina loyalitas pelanggan merupakan strategi yang efektif untuk mencapai target penjualan yang lebih tinggi. Hubungan yang terjalin antara pelanggan setia dan perusahaan dapat berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

Pelanggan yang melakukan repeat order menjadi indikator keberhasilan implementasi customer experience, di mana mereka mengalami pengalaman positif dengan produk dan layanan yang diberikan.

Pengalaman positif ini berkontribusi pada keputusan pelanggan untuk terus melakukan transaksi dengan perusahaan secara berulang.

6. Perputaran Modal yang Cepat

Pelanggan yang melakukan repeat order secara tidak langsung membantu perputaran modal perusahaan dengan lebih cepat, sehingga modal dapat digunakan secara efisien untuk menghasilkan keuntungan lebih cepat.

7. Peningkatan Keuntungan

Pelanggan yang setia dan melakukan repeat order memberikan manfaat finansial langsung bagi pengusaha. Keuntungan ini tidak hanya mendukung kelangsungan bisnis dalam jangka panjang tetapi juga membantu pengembalian modal serta menutupi berbagai biaya operasional.

8. Pertumbuhan Usia Bisnis yang Berkelanjutan

Pelanggan yang secara konsisten melakukan pembelian ulang memiliki dampak positif terhadap kelangsungan usia bisnis. Dengan memberikan pendapatan yang stabil secara terus-menerus, pelanggan yang setia membantu memperpanjang eksistensi bisnis.

Dengan tidak perlu terus-menerus mencari pelanggan baru, repeat order dari pelanggan yang sudah ada menjadi penopang finansial yang penting untuk menjaga keberlanjutan bisnis.

Tidak hanya itu, pelanggan yang melakukan pembelian ulang juga menunjukkan kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang diterima. Hal ini memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produk atau layanannya guna mempertahankan kepuasan pelanggan dan meraih pelanggan baru.

9. Indikator Kualitas Produk dan Layanan

Pelanggan yang secara reguler melakukan pembelian ulang biasanya memiliki alasan yang kuat mengapa mereka memilih untuk setia bertransaksi di tempat tertentu. Mereka bisa menjadi tolak ukur untuk kualitas produk atau layanan yang diberikan. 

Informasi ini menjadi sangat berharga karena memberikan pandangan langsung tentang preferensi pelanggan, memungkinkan perusahaan untuk terus meningkatkan produk atau layanannya. 

Dengan demikian, pemilik bisnis dapat mengidentifikasi produk yang paling disukai pelanggan dan mengarahkan usaha mereka ke arah yang dapat meningkatkan penjualan.

Tips Membuat Konsumen Repeat Order

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Untuk meraih repeat order, langkah awal yang krusial adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kamu. Perlakukan pelanggan seolah-olah mereka adalah pelanggan lama atau teman lama. 

Penciptaan suasana yang nyaman pada kunjungan pertama pelanggan ke toko atau tempat bisnis kamu sangat penting. Mengapa? Karena kesan pertama dapat menjadi penentu apakah pelanggan akan kembali atau tidak.

Jika kamu mampu menciptakan lingkungan belanja yang menyenangkan, pelanggan cenderung akan memilih untuk kembali berbelanja di toko kamu di waktu mendatang. Sebaliknya, jika kesan pertama tidak positif, pelanggan mungkin enggan untuk kembali bertransaksi di toko kamu.

Oleh karena itu, berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah kunci utama untuk menciptakan kesan positif yang dapat mendorong repeat order.

2. Menawarkan Promosi yang Menarik

Beberapa dari pelanggan kamu mungkin mengalami kendala dalam membangun kedekatan atau keakraban dengan bisnis kamu. Walaupun begitu, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa metode yang dapat diterapkan oleh kamu untuk memberikan kesan positif kepada pelanggan. 

Salah satunya adalah dengan menawarkan penawaran atau promosi yang menarik. Dengan memberikan penawaran yang menguntungkan, kamu dapat meningkatkan minat pelanggan untuk bertransaksi kembali. 

Misalnya, diskon khusus, potongan harga, atau paket promo yang menarik perhatian pelanggan. Strategi ini dapat menciptakan daya tarik ekstra bagi pelanggan, mendorong mereka untuk melakukan repeat order, dan pada gilirannya, memperkuat hubungan dengan bisnis kamu.

– Memberikan Diskon Khusus untuk Pelanggan Setia

Kamu dapat mengimplementasikan kebijakan memberikan diskon khusus kepada pelanggan setia. Diskon tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah poin yang mereka kumpulkan, tingkat keanggotaan, atau total belanja yang telah mereka lakukan. Kenyataannya, pelanggan cenderung sangat responsif terhadap penawaran diskon.

Baca juga: Cara Menggunakan TikTok untuk Memasarkan Bisnis Terbaik 2024

Repeat Order

– Menerapkan Program Buy 1 Get 1

Program Buy 1 Get 1 adalah metode promosi di mana pelanggan memiliki kesempatan untuk mendapatkan satu produk secara gratis jika mereka membeli produk tertentu. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan produk dan mendorong pelanggan untuk melakukan repeat order.

Penerapan metode ini dapat meningkatkan volume penjualan karena pelanggan merasa memperoleh nilai tambah dari pembelian mereka. Ini memberikan keyakinan kepada pelanggan bahwa mereka mendapatkan keuntungan dengan pembelian produk, yaitu mendapatkan satu produk tambahan secara gratis.

Lebih dari itu, program Buy 1 Get 1 juga berpotensi memperkuat loyalitas pelanggan karena pelanggan akan merasa dihargai dan mendapatkan keuntungan tambahan dengan setiap pembelian, mendorong mereka untuk kembali berbelanja di kamu.

– Menerapkan Program Free Ongkir

Program Free Ongkir merupakan inisiatif di mana pelanggan tidak dikenakan biaya pengiriman saat melakukan pembelian. Program ini dapat dijalankan dengan memberikan gratis ongkir untuk pembelian tertentu atau memberikan layanan gratis ongkir untuk pembelian yang mencapai jumlah tertentu.

Penerapan Free Ongkir dapat menjadi daya tarik bagi pelanggan loyal yang melakukan repeat order. Program ini bertujuan untuk mengurangi beban biaya pengiriman yang biasanya ditanggung oleh pelanggan, memberikan nilai tambah pada setiap pembelian.

Beberapa konsumen mungkin merasa terhambat untuk melakukan pembelian online karena biaya pengiriman yang cukup signifikan. Melalui program Free Ongkir, kamu dapat mengurangi hambatan tersebut, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap layanan toko online, dan menciptakan pengalaman belanja yang positif.

Lebih dari itu, program ini juga dapat memperkuat loyalitas pelanggan, karena pelanggan akan merasa mendapatkan keuntungan ekstra setiap kali mereka berbelanja di kamu. Keuntungan ini mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang secara berkelanjutan, menjadikan mereka pelanggan setia.

3. Membuat Media Interaksi Pelanggan

Terdapat beberapa langkah yang dapat kamu lakukan dalam menciptakan media interaksi dengan pelanggan, mendorong mereka untuk melakukan repeat order:

– Membuat Akun Media Sosial

Membuat akun di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter memungkinkan kamu berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Di sini, kamu dapat merespons pertanyaan pelanggan, memberikan update produk terbaru, serta mengundang partisipasi pelanggan dalam kontes atau promosi.

– Penyediaan Laman Kontak

Menyediakan laman kontak di situs web bisnis kamu mempermudah pelanggan dalam menghubungi kamu, baik untuk pertanyaan maupun penyelesaian masalah. Informasi kontak seperti nomor telepon atau alamat email dapat ditampilkan untuk memberikan kemudahan akses bagi pelanggan.

– Pembuatan Email Newsletter

Pembuatan email newsletter menjadi sarana efektif bagi kamu untuk tetap berinteraksi dengan pelanggan. Dengan mengirimkan informasi terkini mengenai produk, penawaran diskon, atau promosi khusus, kamu dapat mempertahankan keterlibatan pelanggan dan memotivasi mereka untuk melakukan repeat order.

– Gunakan Layanan Live Chat

Menyediakan layanan live chat menjadi langkah efektif dalam berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Ini memungkinkan kamu untuk memberikan dukungan secara real-time dan menyelesaikan masalah yang mungkin dihadapi oleh pelanggan.

– Buat Program Loyalitas

Pembuatan program loyalitas dapat menjadi strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. kamu dapat memberikan insentif, seperti diskon khusus atau reward points, kepada pelanggan yang secara rutin melakukan pembelian ulang.

Semua langkah ini tidak hanya memberikan apresiasi kepada pelanggan, tetapi juga memperkuat ikatan emosional mereka dengan kamu. Dengan demikian, meningkatkan rasa kepercayaan dan kemungkinan pelanggan untuk menjadi setia terhadap bisnis atau toko kamu. Jangan ragu untuk memanfaatkan media interaktif guna meningkatkan keterlibatan pelanggan.

4. Memberikan Kemasan atau Packaging yang Menarik dan Aman

Kemasan atau packaging memegang peranan penting dalam memberikan kesan positif kepada konsumen. Jika kamu tidak menyediakan kemasan yang baik, konsumen mungkin akan meragukan komitmen kamu sebagai penjual.

Untuk itu, jika kamu memiliki toko, langkah pertama adalah memberikan kemasan yang estetis dan teratur agar produk kamu tampak menarik bagi konsumen.

Praktik ini tidak hanya dapat mengurangi biaya promosi, karena konsumen cenderung membagikan produk kamu di media sosial jika pengemasannya menarik, tetapi juga memberikan kesan eksklusif dan personal. Selain itu, memberikan pesan ucapan terima kasih atau selamat kepada konsumen dapat meningkatkan rasa dihargai dan terhubung secara emosional.

5. Memaksimalkan Penggunaan User Generated Content (UGC)

User Generated Content (UGC) adalah konten atau unggahan yang dibuat oleh pelanggan kamu, menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memberikan mereka rasa dihargai.

Kamu dapat memanfaatkan UGC dengan mengajak pelanggan untuk memberikan komentar di situs web kamu atau mengundang mereka untuk membagikan foto atau video produk yang sudah dibeli di media sosial, sambil menyertakan testimoni tentang pengalaman mereka dengan produk yang dijual oleh kamu. 

Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan dan memperluas kesadaran merek.

6. Memanfaatkan Pemasaran Personalisasi (Personalized Marketing)

Pemasaran personalisasi merupakan strategi pemasaran yang menekankan pada pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan individu pelanggan. Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan data yang diperoleh dari pelanggan, seperti preferensi, pola pembelian, interaksi online, dan lainnya.

Pemasaran personalisasi dapat dilaksanakan melalui berbagai metode, termasuk pengiriman email yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan, menampilkan produk yang direkomendasikan di situs web, atau menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pelanggan.

Dengan menerapkan pemasaran personalisasi, kamu dapat memberikan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Pelanggan akan merasa dihargai dan diakui sebagai individu yang unik dengan kebutuhan dan preferensi yang berbeda. 

Adanya pengalaman yang disesuaikan ini membuat pelanggan merasa lebih nyaman dan percaya, sehingga memperkuat hubungan dengan merek dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan repeat order.

Repeat Order

Penutup

Demikianlah ulasan terkait repeat order yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Krisis dalam Bisnis: Jenis dan 9 Cara Mengatasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE