34.6 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Cara Atasi Masalah SLIK OJK [2024 ]dengan Mudah

Cara atasi masalah SLIK OJK apakah sulit dan bagaimana panduannya? Apakah Anda sedang menghadapi kesulitan dalam mencari solusi untuk mengatasi masalah keuangan mendadak? 

Jika Anda berencana mengajukan pinjaman di bank tetapi tidak memiliki aset berharga sebagai jaminan, jangan khawatir. Saat ini, terdapat opsi pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang dikenal sebagai KTA atau kredit tanpa agunan.

Dengan KTA, Anda tidak perlu khawatir bahwa pengajuan pinjaman akan ditolak karena tidak ada aset yang dapat dijadikan jaminan. 

Selama Anda memenuhi persyaratan dokumen dan ketentuan lainnya, kemungkinan besar pengajuan KTA akan disetujui. Namun, dalam kenyataannya, masih ada beberapa orang yang mengalami penolakan.

Baca juga: SEOJK untuk Fintech Lending Diterbitkan OJK, Ini Isinya

Cara Atasi Masalah SLIK OJK

Salah satu alasan utamanya adalah catatan Informasi Debitur Individual atau SLIK OJK yang buruk. Jika memiliki riwayat SLIK OJK yang negatif, lembaga keuangan cenderung bersikap skeptis terhadap kemampuan atau kemauan Anda dalam melunasi pinjaman KTA di masa mendatang.

Khususnya karena KTA tidak memerlukan jaminan, produk ini memiliki risiko yang lebih tinggi bagi lembaga keuangan yang menyediakannya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki riwayat Informasi Debitur Individual atau IDI yang positif agar dapat mengajukan KTA. 

Jika Anda mengalami kendala pengajuan KTA karena riwayat SLIK OJK yang buruk, berikut beberapa cara atasi masalah SLIK OJK, seperti dinukil dari Cermati.com.

Cara Atasi Masalah SLIK OJK

Berikut ini beberapa cara atasi masalah SLIK OJK yang penting untuk diketahui.

1. Tunjukkan Catatan Rekening

Terkait cara atasi masalah SLIK OJK yang pertama, jika Anda memiliki sumber penghasilan tetap, dapatkan slip gaji sebagai bukti saat mengajukan KTA di bank atau lembaga fintech. Namun, perlu diingat bahwa hanya memiliki slip gaji tidak menjamin bahwa pengajuan KTA akan disetujui.

Untuk memvalidasi keabsahan slip gaji, bank atau lembaga fintech mungkin meminta Anda untuk menyertakan buku tabungan atau rekening koran. Umumnya, penyedia KTA akan meninjau aktivitas rekening bank Anda selama 3 hingga 6 bulan terakhir.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga catatan keuangan Anda. Jika gaji bulanan Anda diterima dalam bentuk tunai, upayakan untuk segera menyetorkannya ke rekening bank. Dengan cara ini, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam membuktikan keaslian slip gaji dan dapat memperlancar proses pengajuan KTA.

2. Jangan Pernah Terlambat Bayar Cicilan

Cara atasi masalah SLIK OJK selanjutnya ini penting diketahui. Anda tentu familiar dengan penurunan skor kredit yang disebabkan oleh seringnya keterlambatan atau bahkan kelalaian dalam membayar cicilan, terutama pada pinjaman dari bank. Kondisi ini ternyata berdampak signifikan pada catatan SLIK OJK. Setiap kegiatan kredit yang telah dilakukan sebelumnya akan tercatat secara rinci dalam SLIK OJK.

Dari informasi tersebut, penyedia KTA dapat menilai apakah Anda termasuk dalam kategori individu yang konsisten dalam melunasi cicilan kredit atau tidak. Jika terbukti sering mengalami keterlambatan, tidak heran jika pengajuan KTA selalu mengalami penolakan.

3. Masukkan Data Faktual pada Formulir Pengajuan KTA

Terkait cara atasi masalah SLIK OJK yang ketiga, salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan pengajuan KTA adalah mendapatkan kepercayaan dari pihak bank atau fintech. Oleh karena itu, penting untuk menyajikan data yang akurat dan sesuai dengan kenyataan ketika mengisi formulir pengajuan KTA.

Selain itu, disarankan untuk melengkapi formulir dengan berbagai dokumen pendukung yang dapat meningkatkan kemungkinan persetujuan pinjaman. Isi data pribadi dengan jujur, tanpa memberikan informasi yang berlebihan atau menyembunyikan fakta. Dengan cara ini, pihak bank akan merasa percaya dan lebih cenderung menyetujui pengajuan pinjaman Anda.

4. Cek Nominal Cicilan KTA

Cara cara atasi masalah SLIK OJK yang keempat ini perlu dipahami. Sebelum mengajukan KTA, disarankan untuk menghitung kembali jumlah cicilan yang akan dibayarkan. Pastikan bahwa total cicilan tersebut tidak melebihi 30 persen dari total penghasilan bulanan Anda.

Baca juga: Ini Kata AFPI dan OJK Terkait KPPU akan Panggil Empat Fintech

Cara Atasi Masalah SLIK OJK

Mengapa hal ini penting? Jika beban cicilan melebihi sepertiga dari penghasilan bulanan, hal tersebut menunjukkan adanya ketidakstabilan keuangan. Saat beban cicilan terlalu besar, Anda menjadi lebih rentan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan penting lainnya.

Menyadari hal ini, pihak bank kemungkinan besar akan enggan menyetujui pengajuan KTA. Dengan kata lain, jika penghasilan bulanan Anda saat ini adalah 3 juta, maka total cicilan yang dapat ditanggung sebaiknya tidak melebihi 1 juta agar peluang persetujuan pengajuan KTA lebih tinggi.

5. Kurangi Pemakaian Kartu Kredit

Terkait cara atasi masalah SLIK OJK berikutnya, bagi pengguna kartu kredit, disarankan untuk tidak menggunakan kartu tersebut hingga melebihi 80 persen dari limit kredit yang diberikan. Hal ini dikarenakan dapat berdampak negatif pada penilaian bank terkait kondisi keuangan.

Namun, apabila Anda konsisten dalam membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, skor kredit akan terus meningkat. Dengan demikian, pihak bank dapat mengamati komitmen dan kemampuan Anda dalam melunasi beban cicilan dengan kedisiplinan.

6. Usahakan Memiliki Nomor Telepon yang Mudah Dihubungi

Tips terakhir cara atasi masalah SLIK OJK ini mungkin kurang dikenal oleh sebagian masyarakat dan terlihat sepele. Namun, ketika Anda mengajukan KTA, pastikan untuk mencantumkan nomor telepon yang mudah dihubungi. Lebih baik lagi jika Anda menyertakan nomor telepon rumah yang masih aktif dibandingkan dengan nomor seluler.

Langkah ini memiliki pentingnya karena pihak bank seringkali melakukan kontak pertama dengan calon nasabah sebelum menyetujui aplikasi KTA. Jika dengan alasan tertentu Anda tidak menjawab panggilan dari pihak bank, pengajuan KTA dapat ditolak secara otomatis karena sulit dihubungi. Oleh karena itu, ketika mengisi formulir pengajuan KTA, pastikan untuk memasukkan nomor telepon yang aktif dan sering digunakan.

Cara Atasi Masalah SLIK OJK

Penutup

Sekian ulasan terkait cara atasi masalah SLIK OJK yang penting untuk diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Tahun Ini OJK akan Luncurkan Mesin Skor Kredit Terbaru

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU