29.6 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Rumah Sakit Sardjito — Fasilitas hingga Tarifnya

JAKARTA, duniafintech.com – Rumah Sakit Dr. Sardjito atau dikenal dengan Rumah Sakit Sardjito merupakan salah satu rumah sakit tipe B yang ada di Yogyakarta.

Rumah sakit tersebut didukung oleh tenaga medis yang profesional dan teknologi kesehatan yang canggih. Oleh sebab itu, rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit rujukan tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan.

Adapun nama Dr. Sardjito diambil dari nama salah satu dokter yang mengungkapkan gagasan untuk mendirikan rumah sakit umum dan pendidikan dalam satu lokasi yang sama untuk kepentingan pendidikan kesehatan para calon dokter.

Menjadi rumah sakit pendidikan tipe B, rumah sakit ini sejak dulu telah menyediakan fasilitas untuk para calon dokter dan dokter spesialis melakukan praktek pendidikan, baik dari institusi kesehatan maupun non kesehatan.

Jam Kunjung Pasien Rawat Inap di RS Sardjito Yogyakarta

  1. Senin—Jumat
  • Jam kunjungan: pukul 16.00 WIB—17.30 WIB
  1. Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional
  • Jam kunjungan pagi: pukul 11.00 WIB—12.00 WIB
  • Jam kunjungan sore: pukul 16.00 WIB—17.30 WIB

Sebagai informasi, peraturan kunjungan pasien di Rumah Sakit Sardjito sama dengan rumah sakit pada umumnya, yaitu pengunjung di bawah 12 tahun dilarang untuk masuk ruang perawatan.

Selain itu, maksimal hanya 2 orang yang diperbolehkan untuk masuk ke dalam ruang perawatan sehingga kamu diharuskan untuk masuk secara bergantian jika membawa lebih dari 2 orang.

Saat waktu kunjungan telah berakhir, pengunjung diharapkan untuk meninggalkan ruang perawatan.

Fasilitas dan Layanan Medis Rumah Sakit Dr. Sardjito

  1. Pelayanan rawat jalan

Poliklinik yang tersedia di RS Sardjito, di antaranya:

  • Poliklinik anak
  • Poliklinik penyakit dalam
  • Poliklinik mata
  • Poliklinik jantung
  • Poliklinik nyeri
  • Poliklinik akupuntur
  • Poliklinik THT-KL
  • Poliklinik bedah mulut
  • Poliklinik kulit dan kelamin
  • Poliklinik paru-paru pulmonologi
  • Poliklinik herbal
  • Poliklinik saraf
  • Poliklinik Kanker terpadu tulip
  • Poliklinik kebidanan dan kandungan
  • Poliklinik edelweis
  • Poliklinik konsulen perjanjian
  • Poliklinik geriatri
  • Poliklinik kesehatan jiwa
  • Poliklinik elektromedik
  • Poliklinik general check up
  1. Pelayanan rawat inap

Kamar rawat inap di Rumah Sakit Sardjito terbagi ke dalam 3 kelas dengan fasilitas yang berbeda-beda, antara lain:

  1. Rawat inap kelas I: dilengkapi dengan 1 tempat tidur, bed side table, matras dan bantal, sofa, kursi penunggu pasien, lampu tidur dan utama, outlet oksigen sentral, outlet suction pump sentral dan kamar mandi di dalam ruangan. Buat kamu yang enggan memiliki ruang rawat inap, bisa memilih ruang tidur non-AC dan sebagai gantinya akan diberikan pendingin udara lainnya.
  2. Rawat inap kelas II: sama halnya dengan rawat inap kelas I, jika kamu enggan berada di ruang rawat inap ber-AC maka kamu bisa memilih kamar non-AC dan sebagai gantinya akan diberikan pendingin udara lainnya.  Fasilitas lainnya yang akan diperoleh, yakni 1 ruang rawat inap terdiri dari 2 tempat tidur pasien, bed side table, matras bantal, kursi penunggu pasien, lampu tidur dan utama, outlet oksigen sentral, outlet suction pump sentral, dan kamar mandi di dalam ruangan.
  3. Rawat inap kelas III: fasilitas yang disediakan berupa 4 tempat tidur untuk 1 ruang rawat inap, bed side table, matras bantal, kursi penunggu pasien, lampu tidur dan utama, outlet oksigen sentral, outlet suction pump sentral dan kamar mandi di dalam ruangan, AC bagi yang memilih ruangan ber-AC. Bagi yang enggan berada di ruangan ber-AC, bisa memilih ruangan rawat inap non-AC dan diganti pendingin udara lainnya.
  4. Pelayanan instalasi gawat darurat

RS Sardjito juga menyediakan tenaga medis profesional di bangsal instalasi gawat darurat selama 24 jam non stop.  Khusus menangani pasien gawat darurat, instalasi gawat darurat di rumah sakit ini memberikan 5 unit pelayanan, yang terdiri dari kamar tindakan, intermediate care 1 dan 2, kamar operasi, dan klinik 24 jam.

Buat kamu yang mengalami kondisi kritis dan butuh penanganan tenaga medis secepatnya, bisa segera menghubungi layanan instalasi gawat darurat RS Sardjito di telepon (0274) 587333/631190 psw 1407, 1409, 1510, atau 1431 serta (0274) 583613.

  1. Pelayanan instalasi dialisis

Adapun pelayanan medis seputar hemodialisis bakal ditangani langsung oleh dokter ahli ginjal dan hipertensi serta perawat yang sudah bersertifikat mahir ginjal di instalasi dialisis.  Bekerja sama juga dengan ahli gizi, psikologi, ahli penyakit dalam, konsultan psikosomatik, dan disiplin ilmu yang mumpuni, sebanyak 225—240 pasien selama satu minggu rutin melakukan cuci darah di sini.

Pelayanan medis unggulan di instalasi dialisis ini meliputi transplantasi ginjal, continuous ambulatory peritoneal dialysis (CAPD) dan juga pelatihan dialisis yang dikhususkan untuk perawat dan tenaga medis atau dokter khusus spesialis penyakit dalam.

  1. Pelayanan unggulan

Dari semua fasilitas dan pelayanan medis yang disediakan RS Sardjito, beberapa di antaranya adalah layanan medis unggulan rumah sakit ini, yakni:

  • Kanker terpadu, dengan pelayanan medis berfokus pada oncology diagnostics, radioterapi one day care, kemoterapi & transfusi darah one day care, tumor boards meeting, dan poliklinik konsultan multidisiplin.
  • Cangkok ginjal, pelayanan medis unggulan pada bagian cangkok ginjal meliputi pelayanan MSCT angiography, pelayanan plasmapheresis, laparoscopic donor nephrectomy, pemeriksaan HLA typing, HLA antibody dan uji silang atau crossmatch serta poliklinik pre transplantasi ginjal.
  • Jantung terpadu, melayani perawatan pasien bedah jantung anak-anak dan dewasa, perawatan pasien dengan penyakit jantung koroner intensif, perawatan kegawatan jantung non koroner anak-anak dan dewasa, serta perawatan jantung intensif lengkap dengan monitor selama 24 jam.

Baca juga: Rumah Sakit Paru di Jakarta, Segini Biaya Pengobatannya

Bukan itu saja, pelayanan jantung terpadu di RS Sardjito juga melayani mulai dari kateterisasi jantung, echocardiografi, treadmill test, holter monitor, klinik perjanjian, pacu jantung temporer dan permanen, hingga penyuluhan dan rehabilitasi jantung.

  • Mata, pelayanan medis unggulan pada bagian mata meliputi vitreoretina; glaukoma; pediatrik oftalmologi dan strabismus; external eye disease; neurooftalmologi; refraksi, low vision, dan kontak lens; rekonstruksi, okuloplasti, dan onkologi; uvea, lensa, dan bedah refraktif.
  • Bayi tabung, pelayanan medis unggulan pada bagian bayi tabung seperti endoskopi dalam kedokteran reproduksi, in vitro fertilization (IVF) atau fertilisasi in vitro, inseminasi buatan, intracytoplasmic sperm injection (ICSI) atau penyuntikan sperma pada sel telur, assisted hatching, transfer embrio simpan beku atau frozen embrio transfer (FET), simpan beku embrio, sperma dan telur.
  1. Pelayanan penunjang kesehatan

RS Sardjito juga menyediakan pelayanan instalasi kedokteran forensik dan patologi anatomi. Di samping itu, juga ada radiologi, instalasi laboratorium klinik, instalasi farmasi, dan rehabilitasi medik.

  1. Pelayanan perpustakaan

Perpustakaan RS Sardjito diperuntukkan khusus bagi dokter, dokter residen, seluruh civitas hospitalia, karyawan, dan mahasiswa ko-as yang membutuhkan buku, majalah, dan jurnal ilmiah seputar kedokteran, kesehatan, dan sejenisnya. Dibuka mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB pada hari Senin—Jumat.

Sesuai dengan tujuan pendirian rumah sakit pertama kali yang dituangkan di dalam visi RS Sardjito, yaitu menjadi rumah sakit berbudaya yang unggul dalam pelayanan, pendidikan dan penelitian, rumah sakit ini bukan hanya memberikan pelayanan dan fasilitas medis, melainkan juga memberikan fasilitas seputar pendidikan kedokteran dan kesehatan.

Hal itu dibuktikan dengan didirikannya Pusat Pelatihan dan Pendidikan seputar kedokteran dan Kesehatan. Beberapa di antaranya, yakni pelatihan dialisis untuk perawat dan dokter umum yang dilakukan pada tahun 2020.

Sementara itu, pelayanan di bagian pendidikan dan penelitian (Diklit) telah bekerja sama dengan lebih dari 10 rumah sakit yang ada di dalam negeri. RS Sardjito juga melebarkan sayap dengan melakukan kerja sama secara Internasional di bidang kesehatan dengan Kyoto University Hospital, National Taiwan University Hospital, The Dutch School of Gynecology Oncology and Pelvic Surgery, The Netherlands, serta Central Chest Institute Thailand dalam projek pendidikan dan penelitian.

Apakah RS Sardjito Menerima BPJS?

Adapun kabar baiknya, RS Sardjito menerima pasien BPJS Kesehatan sebab rumah sakit ini termasuk ke dalam RS rujukan di daerah Yogyakarta yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Bahkan, pasien BPJS Kesehatan saat ini sudah tidak perlu mengantre lama untuk mendaftar di RS Sardjito. Pasalnya, di RS Sardjito sekarang ini telah tersedia layanan pendaftaran digital sehingga pasien BPJS Kesehatan yang akan berobat bisa mendaftar secara online tanpa perlu antre berjam-jam.

Caranya, kamu bisa mendaftar online melalui laman http://sardjitohospital.co.id/pendaftaran/. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan pesan pemberitahuan jadwal berobat sesuai dengan yang dipilih lalu mendapatkan nomor urut.

Kontak Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta

  • Alamat: Jalan Kesehatan No. 1 Sekip Sinduadi, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Telepon: (0274) 631190 atau (0274) 587333
  • Fax: (0274) 565639
  • Email: [email protected]
  • Situs resmi: https://sardjito.co.id/

Baca juga: Rumah Sakit Ciputra, Inilah Layanan & Fasilitasnya

rumah sakit sardjito

Tarif Kamar Rawat Inap Rumah Sakit Sardjito

Tarif kamar inap di RS Sardjito untuk ruang rawat inap umum, VIP, dan ruang perawatan intensif adalah sebagai berikut.

  1. Ruang rawat inap

Ruang Rawat Inap Umum:

  • Kelas III AC: Rp196 ribu
  • Kelas III Non AC: Rp172 ribu
  • Kelas II AC: Rp217 ribu
  • Kelas II Non AC: Rp191 ribu
  • Kelas I AC: Rp326 ribu
  • Kelas I Non AC: Rp287 ribu

Kelas VIP:

  • Ruang Cempaka Mulya, Kartika, dan Melati: Rp455 ribu
  • Ruang Ayodya, Indraprastha, cendrawasih, dan teratai: Rp706 ribu

Kelas VVIP:

  • Ruang Amartha: Rp900 ribu

Kelas Suite Room:

  • Ruang Suite Room Amartha: Rp1,2 juta
  1. Ruang rawat intensif

Ruang Intensif HCU dan PACU:

  • Kelas III: Rp200 ribu dan Rp354 ribu
  • Non Kelas III: Rp250 ribu dan Rp393 ribu
  • Kelas VIP: Rp375 ribu dan Rp786 ribu

Ruang Intensif ICCU, ICU, NICU, PICU Luka Bakar:

  • Kelas III: Rp323 ribu
  • Non Kelas III: Rp360 ribu
  • Kelas VIP: Rp720 ribu

Ruang Intensif Unit Stroke:

  • Kelas III: Rp154 ribu
  • Kelas II: Rp193 ribu
  • Kelas I Rp263 ribu
  • Kelas VIP B: Rp300 ribu
  • Kelas VIP A: Rp450 ribu

Ruang Intensif HCU Non AC:

  • Kelas III: Rp160 ribu
  • Non Kelas III: Rp200 ribu
  • Kelas VIP: Rp300 ribu

Baca juga: Rumah Sakit Pusat Pertamina: Fasilitas dan Harga Kamar

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE