31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Ini 4 Alasan Rumah Subsidi Cocok untuk Milenial

Ternyata ada beberapa alasan rumah subsidi cocok untuk milenial. Seperti yang diketahui, rumah subsidi adalah solusi untuk masyarakat yang mempunyai pendapatan rendah, tapi ingin mempunyai rumah. Alhasil, program satu ini terbilang cocok untuk kaum milenial di masa sekarang.

Rumah subsidi biasanya dijual dengan harga murah dan khusus MBR. Adanya inisiatif tersebut menawarkan pembeli untuk mengajukan KPR dengan bunga flat. Alhasil, jumlah pembayaran pokok dan bunganya sama besaran di setiap bulannya. Wajar saja jika semakin banyak yang memilih rumah subsidi.

Alasan Rumah Subsidi Cocok untuk Milenial

Tentunya rumah subsidi mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski begitu, rumah subsidi sangat cocok untuk pilihan kaum milenial, lho. Apa saja alasannya?

1. Mendapat Dukungan dari Pemerintah

Salah satu alasan kenapa rumah subsidi cocok untuk dihuni karena mendapat dukungan dari pemerintah. Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, ada program yang ditujukan kepada milenial agar bisa membeli rumah. Program ini menggunakan skema FLPP atau fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan.

Kaum milenial yang mempunyai rencana untuk membeli rumah akan mendapat subsidi dari pemerintah. Terdapat beberapa kemudahan yang bisa dirasakan oleh kaum milenial, yakni pemberian bunga rendah, tidak mempunyai batasan uang muka, dan bebas memilih tipe rumah. Selain itu, kamu juga bisa menentukan uang muka dengan besaran yang juga relatif rendah.

2. DP dan Cicilan yang Ringan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor satu, rumah subsidi mempunyai DP dan cicilan yang ringan. Tentunya hal ini menjadi kelebihan dan kekurangan rumah subsidi. Setiap wilayah tentunya akan menawarkan harga yang berbeda sesuai dengan lokasi dan kondisi perumahan. Namun, secara umumnya DP yang akan dibebankan adalah 10jutaan. Ada pula developer yang akan menawarkan uang muka 1%.

Sementara cicilan rumahnya pun tergolong ringan, apalagi jika suku bunga yang ditawarkan adalah suku bunga tetap. Secara umum, pembeli akan membayar cicilan 1jutaan untuk setiap bulannya. Jika suku bunga yang digunakan adalah bunga fixed, maka masa tenornya maksimal 20 tahun. Tentunya hal ini sangat cocok untuk kaum milenial, mengingat kebutuhan primer terus bertambah dan harga properti pun akan terus mengalami peningkatan.

3. Rumah Sudah Siap Dihuni

Alasan rumah subsidi cocok untuk kaum milenial karena rumah sudah siap dihuni. Jadi, calon pembeli hanya perlu menemukan developer terpercaya dan mencari rumah yang akan dihuni. Tentunya sebelum menentukan rumah mana, ada baiknya untuk melakukan beberapa survei. Hal ini sangat penting agar nantinya kamu tidak menyesal saat membeli rumah subsidi.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat survei adalah memperhatikan berapa harga yang ditawarkan, berapa cicilan yang harus dibayar, bagaimana kondisi rumah, apakah fasilitasnya memenuhi standar atau tidak, dan lain sebagainya. Setelah menentukan rumah yang akan dihuni, kamu tinggal membayar DP saja. Setelah itu, rumah siap untuk dihuni bersama keluarga. Kamu hanya perlu membayar cicilan sampai lunas.

4. Rumah yang Kecil dan Minimalis

Salah satu alasan kenapa banyak yang membeli rumah subsidi adalah rumahnya kecil dan minimalis. Tentunya sangat identik dengan era sekarang. Hal ini karena banyak kaum milenial yang lebih menyukai hunian yang minimalis dan kecil. Akan tetapi, cukup untuk digunakan dalam aktivitas dan tidak menganggu.

Keuntungan rumah minimalis adalah tidak membutuhkan banyak waktu untuk membersihkan rumah. Selain itu, rumah minimalis mempunyai kesan tersendiri jika ditata dengan baik. Namun, tentunya rumah jenis ini tidak akan cocok untuk kamu yang suka rumah besar atau membutuhkan lahan lebih untuk membuat sesuatu.

Kesimpulan

Bagi beberapa orang, rumah subsidi memang solusi untuk kaum milenial. Pasalnya, kebutuhan yang sudah berubah membuat perkembangannya pun ikut berubah. Namun, ada juga yang lebih memilih membangun rumah sendiri atau memilih rumah konvesnional. Tentunya setiap pilihan mempunyai kelebihan dan kerugian.

Nah, kalau kamu sendiri mau rumah yang mana? Jika pendapatanmu masih tergolong kecil, tapi ingin segera punya rumah, alasan rumah subsidi cocok untuk milenial jadi solusi tepat. Namun, jangan sampai salah pilih rumah juga, ya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...
LANGUAGE