26.2 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Saham Top Gainer Hari Ini: Simak Ulasan Cara Pantau Sahamnya

Jakarta, duniaFintech.com – Saham yang mengalami kenaikan harga atau performa tertinggi dalam suatu periode di pasar saham disebut sebagai saham top gainer. Biasanya, saham-saham ini mencerminkan pertumbuhan harga yang signifikan dalam waktu singkat.

Kenaikan harga ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti berita positif tentang perusahaan, kinerja keuangan yang kuat, sentimen pasar yang positif, atau perkembangan industri yang mendukung. Berikut adalah ulasan tentang saham top gainer hari ini:

Cara Memantau Saham Top Gainer:

1. Situs Web Berita Keuangan

Banyak situs web berita keuangan seperti Yahoo Finance, Bloomberg, CNBC, dan Reuters menyediakan informasi tentang saham top gainer harian. Anda dapat mengakses laman khusus yang menampilkan daftar saham dengan kenaikan harga tertinggi.

2. Aplikasi Perdagangan Saham

Jika Anda menggunakan aplikasi perdagangan saham, biasanya aplikasi tersebut memiliki fitur untuk memantau saham top gainer. Anda dapat melihat daftar saham dengan kenaikan harga tertinggi dan mendapatkan informasi tambahan seperti persentase kenaikan dan volume perdagangan.

Baca juga: Cara Beli Saham Online, Simak Panduannya Yuk di Sini!

3. Platform Perdagangan Online

Jika Anda memiliki akun di platform perdagangan online, biasanya platform tersebut menyediakan alat atau fitur yang memungkinkan Anda memantau saham top gainer secara real-time. Anda dapat menggunakan filter atau kriteria tertentu untuk menemukan saham-saham yang relevan.

4. Papan Informasi Bursa

Bursa saham sering memiliki papan informasi yang menampilkan pergerakan saham-saham secara real-time. Anda dapat melihat saham top gainer di papan informasi ini, terutama jika Anda mengunjungi bursa saham secara fisik.

5. Berlangganan Layanan Berita Keuangan

Beberapa layanan berita keuangan yang lebih canggih menawarkan berlangganan untuk menerima pembaruan dan pemberitahuan tentang pergerakan saham top gainer langsung melalui email atau aplikasi mobile.

6. Media Sosial dan Grup Diskusi

Ada grup media sosial dan forum online yang didedikasikan untuk pembahasan pasar saham. Anda mungkin dapat memantau saham top gainer melalui postingan dan diskusi di tempat-tempat seperti ini.

7. Berita Keuangan di Media Massa

Beberapa media massa juga memberikan informasi tentang saham-saham top gainer dalam laporan berita keuangan.

Baca juga: Cara Investasi Saham, Calon Investor Wajib Simak Nih!

Indikator Saham Top Gainer:

1. Persentase Kenaikan Harga (% Gain)

Indikator yang paling sederhana adalah persentase kenaikan harga dari harga pembukaan atau harga penutupan sebelumnya. Saham dengan persentase kenaikan harga tertinggi dalam periode tertentu akan dianggap sebagai saham top gainer.

2. Volume Perdagangan Tinggi

Saham top gainer sering disertai dengan peningkatan volume perdagangan yang signifikan. Volume perdagangan tinggi menunjukkan minat yang lebih besar dari investor dan pedagang terhadap saham tersebut.

3. Indeks Kekuatan Relatif (Relative Strength Index/RSI)

RSI adalah indikator momentum yang mengukur kecepatan dan perubahan kenaikan harga saham dalam suatu periode tertentu. RSI di atas 70 dapat menunjukkan bahwa saham telah mengalami kenaikan harga yang signifikan dan mungkin menjadi kandidat top gainer.

4. Moving Averages

Moving averages, seperti moving average berperiode pendek yang melintasi moving average berperiode panjang, dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren pergerakan harga. Jika moving average pendek melintasi moving average panjang dari bawah ke atas, ini bisa menjadi sinyal bahwa saham tersebut memiliki potensi menjadi top gainer.

Baca juga: Saham Top Gainer Hari Ini: Kenali Resiko dan Cuannya, Intip Yuk!

5. Bollinger Bands

Bollinger Bands adalah indikator volatilitas yang dapat membantu mengidentifikasi apakah saham sedang mengalami kenaikan harga yang signifikan. Ketika harga saham bergerak di atas band atas Bollinger Bands, ini dapat menunjukkan tren kenaikan yang kuat.

6. Indikator Momentum

Indikator momentum seperti MACD (Moving Average Convergence Divergence) atau Stochastic Oscillator juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi saham top gainer dengan melihat perubahan momentum harga.

7. Breaking News dan Sentimen Pasar

Berita positif tentang perusahaan atau perkembangan industri dapat menyebabkan saham mengalami kenaikan harga. Memantau berita terkini dan sentimen pasar juga dapat membantu Anda mengidentifikasi saham-saham top gainer.

8. Kinerja Relatif terhadap Indeks

Membandingkan kinerja saham dengan indeks pasar tertentu juga dapat membantu mengidentifikasi saham top gainer. Jika saham memiliki performa yang jauh lebih baik daripada indeks, ini bisa menjadi tanda bahwa saham tersebut menunjukkan kenaikan harga yang signifikan.

Rekomendasi Saham Top Gainer

1. PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) naik 16 persen menjadi Rp116 per lembar saham

2. PT Arsy Buana Travelindo Tbk (HAJJ) naik 9,64 persen menjadi Rp182 per lembar saham

3. PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) naik 7,63 persen menjadi Rp282 per lembar saham

4. PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk (OLIV) naik 7,14 persen menjadi Rp15 per lembar saham

Baca juga: Cara Membeli Saham Online: Kenali Ciri-Ciri Saham Blue Chip

5. PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) naik 6,45 persen menjadi Rp99 per lembar saham

6. PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) naik 6,34 persen menjadi Rp31050 per lembar saham

7. PT Techno9 Indonesia Tbk (NINE) naik 5,88 persen menjadi Rp18 per lembar saham

8. PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) naik 5,66 persen menjadi Rp220 per lembar saham

9. PT Sekar Laut Tbk (SKLT) naik 5,58 persen menjadi Rp2650 per lembar saham

10. PT Yanaprima Hastapersada Tbk naik (YPAS) naik 5,45 persen menjadi Rp580 per lembar saham.

Iklan

ARTIKEL TERBARU