25 C
Jakarta
Sabtu, 21 Mei, 2022

Yuk, Cari Tahu Jumlah Saldo Minimal BCA ketika Buka Rekening

JAKARTA, duniafintech.com – Saldo minimal BCA adalah saldo atau uang yang mengendap dalam rekening nasabah dari PT Bank Central Asia Tbk. Biasanya, setiap bank punya kebijakan tersendiri soal saldo minimal yang mesti ada di rekening nasabahnya.

Jumlah itu pun bervariasi, mulai dari Rp0, Rp20 ribu, Rp50 ribu, dan lain-lain. Artinya, saldo minimal dari Bank Central Asia ini akan berbeda dengan saldo minimal dari Bank Mandiri atau bank lainnya.

Di samping bisa disebut sebagai saldo mengendap, saldo minimal pun biasanya disebut juga sebagai setoran awal dalam pembukaan rekening tabungan. Di lain sisi, Bank BCA pun memberlakukan saldo minimal yang berbeda untuk setiap jenis tabungan yang dipilih.

Baca juga: Tentang HSB Investasi, dari Cara Trading, Kelebihan, hingga Cara Download

Lalu, berapa saja ya saldo minimal dari Bank Central Asia untuk sederet produk tabungannya? Yuk, cari tahu di sini.

  1. Saldo Minimal BCA Tahapan

Tahapan BCA adalah jenis tabungan BCA yang paling banyak dipakai oleh nasabah BCA di Indonesia. Fasilitas dari tabungan ini berupa buku tabungan dan kartu debit Paspor BCA yang dapat dipakai untuk transaksi di mesin ATM dan juga EDC.

Jenis tabungan ini menawarkan beberapa keunggulan, di antaranya dapat digunakan untuk melakukan segala jenis transaksi pembayaran, mulai dari tagihan kartu kredit, tagihan telepon, membayar tagihan listrik, dan tagihan lainnya.

Baca juga: Inilah Sederet Hoax Soal Pengalokasian Dana dan Investasi yang Perlu Dihindari

Di samping itu, nasabah pun diberikan fasilitas lain berupa mobile banking, internet banking dan juga phone banking. Untuk saldo minimalnya adalah sebagai berikut:

  • Setoran awal untuk pembukaan rekening sebesar Rp500 ribu
  • Setoran minimal selanjutnya Rp50 ribu
  • Saldo minimal mengendap Rp50 ribu
  • Saldo rata-rata minimal per bulan Rp100 ribu
  1. Saldo Minimal BCA Xpresi

Ini adalah produk tabungan dari bank BCA dengan keunikan tersendiri, yakni nasabah bisa membuat desain kartu ATM-nya sendiri sesuai keinginan. Total desain yang bisa dipilih oleh nasabah ada lebih dari 50 desain kartu ATM. 

Ditinjau dari sisi fasilitas dan keunggulan, sejatinya BCA Xpresi tidak jauh berbeda dengan BCA Tahapan. Pasalnya, BCA Xpresi pun menawarkan fitur mobile banking dan internet banking yang dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, misalnya PIN dan KeyBCA.

Untuk saldo minimal agar tidak terpotong, BCA Xpresi menawarkan nilai yang lebih ringan ketimbang BCA Tahapan. Berikut ini rinciannya:

  • Setoran awal pembukaan rekening Rp50 ribu
  • Setoran minimal selanjutnya Rp50 ribu
  • Saldo minimal Tabungan Xpresi Rp10 ribu
  1. Setoran Minimal Tahapan Berjangka

Adapun Tahapan Berjangka adalah jenis tabungan BCA yang punya jumlah dan jangka waktu tertentu. Terkait itu, Anda dapat memilih dan merencanakan sendiri penyetoran rutin setiap bulannya sekaligus bisa autodebet dari tabungan BCA jenis lainnya, seperti Tahapan, Tahapan Xpresi, Tahapan Gold, dan Tapres.

Dalam hal ini, nasabah Tahapan Berjangka dapat memilih waktu penyetoran mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun. Untuk setoran awal bulanan minimal tabungan jenis ini adalah Rp500 ribu, sedangkan untuk saldo minimal prioritas tidak ada.

  1. Saldo Minimal TabunganKu

Salah satu produk tabungan dari BCA ini punya persyaratan cukup mudah dan ringan. TabunganKu tidak hanya dikeluarkan oleh BCA,tetapi juga oleh beberapa bank lainnya di Indonesia.

Baca juga: Lengkap! Inilah 15 Aplikasi Jual Beli Saham Online Terbaik di Indonesia

Bagi nasabah yang membuka BCA TabunganKu maka ia bakal memperoleh beberapa fasilitas, seperti buku tabungan dan kartu ATM. Keunggulan tabungan jenis ini, yaitu setoran awal yang ringan dan tidak membebankan biaya administrasi. Untuk saldo minimalnya adalah sebagai berikut:

  • Setoran awal pembukaan rekening Rp20 ribu
  • Setoran minimal selanjutnya Rp10 ribu
  • Saldo minimal mengendap Rp20 ribu
  1. Saldo Minimal Tahapan Gold

Tabungan yang satu ini menjadi jenis tabungan yang dikhususkan untuk nasabah yang memiliki bisnis atau usaha. Tahapan Gold diketahui akan menawarkan banyak keunggulan ketimbang jenis tabungan BCA lainnya, di antaranya pebisnis dapat melakukan transaksi selama 24 jam nonstop kapan dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan.

Bukan itu saja, tabungan ini pun menawarkan layanan automatic transfer system dan self service passbook printer. Untuk saldo minimalnya pastinya lebih besar dari saldo minimal Xpresi, dengan rincian sebagai berikut:

  • Setoran awal pembukaan rekening Rp10 juta
  • Setoran minimal selanjutnya Rp50 ribu
  • Saldo minimal mengendap Rp50 ribu
  • Saldo rata-rata minimal per bulan Rp10 juta
  1. Saldo Minimal Simpanan Pelajar

BCA pun menyediakan fasilitas tabungan yang dikhususkan untuk pelajar atau yang dikenal dengan BCA Simpanan Pelajar. Tabungan jenis ini dikhususkan untuk pelajar dari jenjang PAUD. TK, SD, SMP, hingga SMA.

Tujuan dari dikeluarkannya produk ini, yakni untuk mengajarkan nasabah pelajar supaya bisa mengelola keuangan dan mempersiapkan untuk masa depan mereka. Keunggulannya, antara lain, yakni menawarkan setoran awal yang ringan.

Bukan itu saja, tabungan jenis ini pun bebas biaya administrasi bulanan. Pelajar juga akan mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan dan kartu ATM. Untuk rincian saldo minimalnya adalah sebagai berikut:

  • Setoran awal pembukaan rekening Rp5.000
  • Setoran minimal selanjutnya Rp1.000
  • Saldo minimal mengendap Rp5.000
  1. Saldo Minimal Tapres

Tapres adalah salah satu jenis tabungan BCA yang menawarkan keuntungan bunga cukup menarik, akan hanya Tabungan Berjangka. Tabungan yang satu ini menawarkan bunga yang akan meningkat kalau saldo rata-rata juga tinggi.

Bunga yang ditawarkannya bisa mencapai 0,5 persen. Untuk saldo minimalnya tentu saja akan berbeda dengan saldo minimal Tahapan Gold, dengan rincian:

  • Setoran awal pembukaan rekening Rp5 juta
  • Setoran minimal selanjutnya Rp50 ribu
  • Saldo minimal mengendap Rp0
  1. Saldo Minimal Tabungan Bank Central Asia Dollar

Sejalan dengan namanya, tabungan jenis ini dikhususkan bagi nasabah yang ingin menabung dalam mata uang dollar. Terdapat beragam jenis dollar yang ditawarkan, misalnya dollar Singapura dan dollar AS.

Tabungan ini pun menawarkan berbagai fasilitas untuk nasabah, antara lain, kartu ATM, mobile banking BCA, internet banking, dan SMS banking. Untuk saldo minimalnya adalah:

  • Setoran awal pembukaan rekening dollar AS US$100 atau dollar Singapura S$200
  1. Saldo Minimum Tabungan LAKU

Ini adalah jenis tabungan BCA yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan tanpa harus datang ke bank. Pasalnya, untuk transaksi jenis tabungan ini dapat dilakukan di agen LAKU terdekat.

Kendati dilakukan di agen, nasabah akan tetap memperoleh PIN dan password untuk keamanan transaksinya. Untuk saldo minimal tabungan ini juga akan lebih ringan ketimbang minimal saldo Tahapan, dengan rincian:

  • Setoran awal pembukaan rekening Rp0
  • Setoran minimal selanjutnya Rp0
  • Saldo minimal mengendap Rp0

Demikianlah penjelasan mengenai saldo minimal BCA yang perlu diketahui. Seperti diterangkan dalam artikel di atas, setiap jenis tabungan BCA akan memiliki saldo minimal yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membuka tabungan, pastikan pilih jenis tabungan yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk dengan mempertimbangkan saldo minimal dan juga biaya adminnya.

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Sri Mulyani Untuk Pengusaha Supaya Ekspor Dijamin Makin Lancar

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan para pelaku ekspor atau eksportir di Tanah Air, Indonesia, harus bisa mengembangkan produk sesuai dengan...

Negara Paling Bangkrut di Dunia, Indonesia Termasuk? Cek ini Faktanya..

JAKARTA, duniafintech.com - Ini dia negara paling bangkrut di dunia. Ada beberapa negara yang bangkrut akibat utang dan mengalami krisis ekonomi yang menyengsarakan. Saat Indonesia...

Aturan Terbaru Mendag Lutfi Setelah Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mencabut larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku turunannya, dan selanjutnya untuk menindaklanjuti hal ini,...

Miskin Sawah Ekspor Beras 19 Ton Arab Saudi, Anies: Ini Bersejarah

JAKARTA, duniafintech.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin pelepasan ekspor 1 kontainer produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi. Ekspor 19 ton...

Viral Penolakan UAS, Ternyata Singapura Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Hubungan baik Indonesia dengan Singapura nampaknya perlu dijaga. Bukan sekadar kerukunan bertetangga namun juga ketergantungan finansial Indonesia yang cukup besar terhadap...
LANGUAGE