33.7 C
Jakarta
Minggu, 23 Juni, 2024

SELUK BELUK DUNIA ASURANSI KESEHATAN (1)

duniafintech.com – Ketika tubuh tak lagi bugar, maka gerak cepat untuk sembuhpun dilakukan. Namun, terkadang timbul pikiran, apakah biaya pengobatannya mahal? Di manakah tempat yang terjangkau untuk pengobatan? Hingga pertanyaan lain datang,  yaitu perlukah jaminan perlindungan di kala sakit? Untuk menjawabnya, mari simak ulasan berikut.

Kita harus cepat bertindak saat sakit mendera, misalnya dengan minum obat atau pergi memeriksakan diri ke dokter atau klinik, supaya penyakit tersebut tidak berkembang pesat. Sebabnya kegiatan seperti bekerja, sekolah, berniaga atau hal lain yang dilakukan ketika sakit, tidak akan optimal. Kondisi fisik yang kurang sehat tersebut seharusnya beristirahat agar cepat kembali bugar.

Perlindungan dalam bidang kesehatan, banyak ditawarkan dari berbagai pihak, salah satunya adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah lembaga sosial yang bergerak di bidang pengusahaan jaminan pelayanan kesehatan dan mengatur hak dan kewajiban peserta. Produk asuransi secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Jenis perusahaan yang menyelenggarakan produk asuransi kesehatan ialah :

  • Perusahaan asuransi sosial,
  • Perusahaan asuransi jiwa, dan
  • Perusahaan asuransi umum.

Jenis perawatan dari asuransi kesehatan yang ditawarkan untuk pengguna, yaitu :

  • rawat inap (in-patient treatment), dan
  • rawat jalan (out-patient treatment).

Jadi, asuransi kesehatan bisa berguna untuk kita dengan memanfaatkan layanan fasilitas rawat inap atau rawat jalan. Kita sebagai peserta, tentunya memiliki kewajiban untuk membayar premi, yaitu jumlah uang yang harus dibayarkan pada waktu tertentu kepada asuransi. Premi yang dikeluarkan adalah sesuai dengan polis, yaitu kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dan pihak yang dijamin yang memuat persyaratan dan ketentuan perjanjian, sehingga kita bisa menggunakan hak dan manfaat dari asuransi tersebut.

Dengan demikian di kala sakit mendera, kita tidak perlu lagi memusingkan diri di mana harus berobat atau bagaimana cara berobat. Sebab, antisipasi atau penjagaan telah dilakukan di saat tubuh masih sehat.

 

 

Written by Fenni Wardhiati

5 KOMENTAR

Iklan

ARTIKEL TERBARU